6 Cara Mengatasi Android Error dan Melambat

Cara Mengatasi Android Error – HP android merupakan salah satu produk elektronik yang paling banyak diminati saat ini. Terbukti, semakin banyaknya ditemukan para pengguna HP andrlid disekitar kita. Bahkan, tidak hanya kalangan menengah keatas saja yang menggunakan HP android untuk alat komunikasi dan hiburannya, melainkan juga segmen menengah juga sudah banyak yang memiliki HP android canggih ini. Hal ini dikarenakan sudah banyak sekali vendor HP android yang menghadirkan HP android low-end yang memang dikhususkan untuk kalangan ini.

Namun, dibalik kecanggihan yang dimilikinya, HP android juga memiliki satu kekurangan yakni sering terjadinya error. HP android yang mengalami error ini biasanya juga disertai dengan melambatnya performa kinerja HP saat menjalankan aktifitas. Hal tersebut tentu sering membuat kita para pengguna kesal. Untuk itu, lewat artikel ini akan kami bagikan cara mengatasi android error dan melambat yang bisa anda terapkan. Dengan cara yang kami berikan ini, dipastikan HP android anda akan membaik dan bisa kembali normal seperti sedia kala.

Cara Mengatasi Android Error dan Melambat

Cara Mengatasi Android Error

Untuk penyebab dari masalah HP android Error dan melambat ini sebenarnya cukup beragam. Bisa karena terlalu banyaknya aplikasi sehingga HP android tidak mampu menopangnya, terjadinya corrupt pada aplikasi dan sistem, atau yang lain sebagainya. Untuk itu, penting sekali menerapkan car mengatasi android error yang akan kami bahas dibawah ini.

1. Hindari menjalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan

Cara mengatasi android yang error dan melambat yang pertama adalah dengan tidak menjalankan banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Menjalankan berbagai aplikasi dalam waktu bersamaan memang sering membuat kinerja HP menjadi lambat dan bahkan tak jarang terjadi error. Ini karena kapasitas processor pada HP android tidak mampu menampung aktifitas berat tersebut, sehingga akan menjadikan HP error dan nge-lag.

2. Hapus cache

Memori cache sendiri merupakan tempat penyimpanan sementara aktifitas aplikasi yang sedang dijalankan. Hal ini biasanya akan memakan ruang memori internal HP. Dan yang demikian jika ruang memori internal penuh, maka yang terjadi adalah error pada HP android dan kinerjanya juga akan melambat. Untuk itu, penting sekali menghapus cache aplikasi ini secara rutin.

3. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Kebanyakan pengguna biasanya akan langsung keluar dari suatu aplikasi dengan cara menekan tombol Home. Ini mereka lakukan untuk mempercepat keluar dari aplikasi tersebut. Namun, pada kenyataannya aplikasi tersebut tidak sepenuhnya keluar, melainkan masih berjalan di latar belakang. Untuk itu, anda bisa menghentikan aplikasi ini agar HP android error dan kinerja melambat tidak anda alami.

4. Restart HP android anda

Salah satu cara mengatasi android yang error paling muda bisa anda lakukan adalah merestartnya. Cara ini memang terbilang simple, namun untuk efeknya sangat bisa dirasakan saat HP android kembali dijalankan.

5. Update sistem Firmware secara rutin

Sistem operasi khususnya Android memang sudah biasa mengalami error, ini dikarenakan memang tidak ada yang namanya sistem operasi yang sempurna di dunia ini. Hal tersebut memang wajar terjadi. Nah, untuk cara mengatasi android error ini, anda bisa melakukan update firmware ke versi yang terbaru. Untuk cara melakukannya, anda bisa masuk ke menu Pengaturan >> pilih tentang ponsel >> perbarui sistem >> Instal update firmwarw terbaru.

6. Melakukan reset ulang smartphone android

Cara mengatasi android error dan melambat yang terakhir adalah dengan melakukan yang namanya reset ulang smartphone android. Disini anda bisa langsung masuk ke Pengaturan >> kemudian pilih Buat cadangan & setel ulang >> lalu pilih kembalikan ke setelan pabrik. Dengan begitu, maka HP android anda akan kembali seperti baru pertama kali membelinya.

Demikian tadi cara mengatasi android error dan melambat yang bisa anda terapkan pada HP android anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Cara Mengatasi Android Enkripsi Gagal

Cara Mengatasi Android Enkripsi Gagal – Sebagai salah satu produk teknologi, smartphone saat ini memang sangat mendominasi jika dibanding dengan produk teknologi lainnya. Keberadaan smartphone saat ini memang sangat memermudah manusia, mulai dari untuk komunikasi, mencari informasi dengan cepat di internet, hingga smartphone sebagai sarana bisnis. Banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan adanya smartphone ini. Namun, ditangan orang yang tak bijak, smartphone bisa saja digunakan untuk hal-hal yang negatif, seperti penipuan, alat komunikasi untuk kebutuhan terorisme, dan lain sebagainya.

Smartphone saat ini memang tak hanya bisa dimiliki oleh kalangan menengah keatas saja, masyarakat kecil sekalipun sudah bisa mendapatkan yang namanya smartphone ini. Ini karena sudah banyak smartphone yang menghadirkan HP murah dengan spesifikasi dan performa yang tak kalah handalnya. Namun, tak bisa dipungkiri juga smartphone murah ini kerap mendatangkan berbagai masalah, salah satunya adalah munculnya pesan Enkripsi gagal ini. Bagi anda yang juga mengalaminya pada smartphone android, berikut ini kami punya cara penanganannya untuk anda. Dibawah sudah kami rangkumkan cara mengatasi android enkripsi gagal yang bisa anda terapkan.

Cara Mengatasi Android Enkripsi Gagal

Cara Mengatasi Android Enkripsi Gagal

Bagi beberapa orang yang masih terbilang awam atau lebih tepatnya gaptek, masalah android enkripsi gagal ini pasti akan dianggap sebagai masalah yang serius dan sulit diperbaiki sendiri. Namun pada kenyataanya, masalah tersebut bukanlah hal yang serius. Anda yang masih awam pun bisa mengatasinya sendiri dengan menerapkan cara mengatasi android enkripsi gagal yang akan kami bahas berikut ini.

1. Merestart ulang smartphone

Cara mengatasi android enkripsi gagal yang pertama adalah dengan melakukan restart ulang pada smartphone anda. Dengan restart maka smartphone akan mencoba ulang mengenkripsi smasrtphone anda. Timbulnya masalah satu ini pada smartphone adalah karena sistem tidak bisa meng-enkripsi smartphone sehingga tidak dapat mengakses data yang ada pada smartphone.

2. Reset phone

Jika memang cara restart ulang smartphone tidak cukup ampuh untuk mengatasi masalah enkripsi gagal ini, langkah selanjutnya yang bisa anda terapkan adalah dengan mereset data smartphone kita atau lebih tepatnya menghapus cache smartphone. Untuk cara melakukannya adalah dengan terlebih dahulu masuk ke menu recovery mode. Sementara untuk cara masuk kerecovery mode adalah matikan terlebih dahulu smartphone android, lalu tekan secara bersamaan tombol Power, tombol Home, dan volume Up (setiap tipe smartphone biasanya berbeda-beda). Tekan ketiga tombol tersebut selama beberapa detik sampai menghasilkan getar.

Setelah masuk ke recovery mode, langkah selanjutnya adalah dengan mengarahkan ke pilihan “Wipe Data Cache”, lalu Ok/Yes. Tunggu sampai prosesnya selesai dan lakukan reboot smartphone android.

3. Factory reset

Apa cara hapus cache masih belum berhasil? Jika iya, maka langkah lain untuk mengatasi android enkripsi gagal ini adalah dengan melakukan factory reset. Untuk caranya masih sama dengan diatas yaitu pertama-tama masuk ke menu recovery mode. Setelah itu, arahkan ke pilihan “Wipe Data Factory Reset” dan tunggulah sampai prosesnya selsai. Selanjutnya lakukan reboot smartphone android.

4. Hard Reset Phone (Flashing)

Telah melakukan kesemua cara diatas, namun tetap saja muncul pesan enkripsi gagal. Langkah terakhir yang bisa anda lakukan untuk cara mengatasi android enkripsi gagal ini adalah dengan melakukan Hard Reset Phone atau yang biasa disebut dengan flashing smartphone. Dengan melakukan flashing, itu artinya anda mengembalikan smartphone android ke settingan semula pabrik. Dan ini akan membuat data pada smartphone terhapus secara total, termasuk aplikasi dan game yang sudah terinstall.

Demikian tadi cara mengatasi android enkripsi gagal yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Cara Mengatasi Android Encryption Unsuccesfull

Cara Mengatasi Android Encryption Unsuccesfull – Kesal memang jika HP android kesayangan mengalami masalah. Ditambah lagi jika kita tidak tahu bagaimana cara untuk memperbaikinya. Selain memiliki banyak kecanggihan yang bisa kita niktmati pada smartphone android, namun tak bisa dipungkiri bahwa terdapat banyak masalah juga yang sering kita dapati pada smartphone android kita. Dan salah satu masalah pada smartphone android yang sering dialami pengguna, khususnya pengguna android Entry-Level adalah Encryption Unsuccesfull atau Enkripsi gagal ini.

Pesan error ini biasanya muncul beberapa saat ketika kita akan menghidupkan HP android kita. Pesan tersebut muncul karena sistem android tidak dapat mengekripsi telephone android kita, sehingga tidak bisa mengakses data yang ada pada smartphone. Nah, apakah saat ini anda juga mengalami hal yang demikian? Jika memang iya, anda tak perlu khawatir karena dibawah ini kami sudah punya cara memperbaikinya untuk anda. Berikut cara mengatasi android Encryption Unsuccesfull yang bisa anda terapkan.

Cara Mengatasi Android Encryption Unsuccesfull

Cara Mengatasi Android Encryption Unsuccesfull

Bagi orang awam mungkin untuk mengatasi masalah ini cukup sulit, bahkan ada yang menyangka kalau HP androidnya tersebut sudah rusak. Jika smartphone android mengalami masalah ini, anda tak perlu terburu-buru untuk membawanya ke tukang sercie HP. Karena selain akan menambah biaya, juga cara untuk mengatasi android Encryption Unsuccesfull ini cukup mudah dilakukan bahkan untuk anda yang masih awam sekalipun. Berikut langkah-langkahnya :

1. Melakukan Restart Ulang

Cara mengatasi android Encryption Unsuccesfull atau Enkripsi gagal yang pertama, anda bisa melakukan restar ulang pada HP adroid anda. Dengan restart, maka HP android akan kembali mencoba untuk mengenkripsi ulang smartphone android.

2. Melakukan Reset Phone

Jika memang restart tidak cukup ampuh untuk mengatasi android Encryption Unsuccesfull pada HP anda, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan reset phone. Untuk melakukanya caranya sangat mudah. Silahkan anda matikan HP android anda, lalu masuk ke menu recovery mode dengan cara menekan tombol Power, tombol Home, dan Volume Up secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah masuk ke menu recovery mode, silahkan anda pilih saja “Wipe data cache”. Tunggu sampai prosesnya selesai, setelah itu smartphone akan melakukan reeboot secara otomatis.

3. Melakukan Factory Reset

Cara mengatasi android Encryption Unsuccesfull selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan factoru reset. Untuk caranya sangat gampang sekali. Silahkan anda masuk ke menu recovery mode seperti cara yang kami sebutkan sebelumnya. Setelah itu, anda pilih “Wipe data factory reset” dan tunggu prosesnya sampai selesai.

4. Melakukan Flashing Total Firmware

Jika memang cara mengatasi android Encryption Unsuccesfull diatas masih belum ampuh mengatasi masalah pada HP android anda tersebut, maka langkah terkahir adalah dengan melakukan flashing total pada Firmware smartphone anda. Dengan cara ini bisa dipastikan masalah Encryption Unsuccesfull atau enkripsi gagal pada HP android anda akan segera teratasi. Untuk cara flashing smartphone, anda bisa mencarinya di page sebelumnya pada halaman Website kami ini. Silahkan ketik keyword “Flash HP Android” di kotak pencarian pada Sidebar Website ini.

Demikian tadi cara mengatasi android Encryption Unsuccesfull yang coba anda terapkan pada HP android anda yang mengalami error. Dengan begitu, maka HP android akan kembali normal dan bisa digunakan seperti sedia kala. Semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk anda semua.

Cara Mengatasi Android eMMC yang Rusak

Cara Mengatasi Android eMMC – Saat ini perkembangan teknologi terbilang berjalan sangat cepat. Sudah banyak sekali ditemukan smartphone canggih di pasaran mobile, mulai dari yang harganya murah hingga yang mahal sekalipun. Smartphone android memang selalu memberikan kemudahan bagi setiap penggunanya dalam melakukan sesuatu. Namun, dibalik semua keunggulan tersebut ternyata masih saja ada beberapa masalah yang kerap didalami oleh sebuah smartphone. Salah satunya adalah terjadinhya kerusakan pada eMMC-nya.

Jika berbicara tentang eMMC, ini adalah salah satu komponen dalam smartphone yang paling mudah mengalami kerusakan. Selain itu, untuk masalah kerusakan yang terjadi pada eMMC ini terbilang paling sulit untuk diatasi. Masalah kerusakan pada eMMC ini memang disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah saat kita sering melakukan pengisian dan penghapusan file, video, dan gambar pada smartphone.

Jika memang saat ini anda mengalami masalah kerusakan eMMC pada smartphone, anda jangan bingung dulu karena dibawah ini kami punya solusinya untuk anda. Berikut kami bagikan cara mengatasi android eMMC yang rusak kepada anda.

Cara Mengtasi Android eMMC yang Rusak

Cara Mengatasi Android eMMC

Sebelum kita melanjutkan ke informasi cara mengatasi android eMMC yang rusak, alangkah lebih baiknya kita mengetahui ciri – ciri yang memang menandakan eMMC smartphone anda mengalami kerusakan. Berikut beberapa cirinya yang perlu anda tahu :

  • Gagal saat akan melakukan Upgrade
  • Sering muncul pesan error “Sayangnya Aplikasi Berhenti” saat sedang menjalankan aktifitas tertentu
  • BROM ERROR : S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE (5069)
  • Terjadi kegagalan saat melakukan Wipe atau Factory reset
  • Gagal saat melakukan Flashing HP
  • Selalu mengalami kegagalan saat menginstall aplikasi
  • Sering terjadi Hang meskipun menggunakan OS Official

Jika memang smartphone anda mengalami dan muncul ciri-ciri diatas, maka bisa dipastikan eMMC smartphone android anda mengalami kerusakan. Biasanya untuk lebih efektif cara mengatasi masalah ini dan terbilang cukup mudah serta tidak ribet adalah dengan melakukan penggantian pada eMMC nya. Namun, sebelum melakukan langkah tersebut, sebaiknya melakukan langkah – langkah ringan saja untuk mengatasi hal ersebut. Berikut langkah – langkah yang perlu anda lakukan :

  1. Bukalah casing dari smartphone secara total
  2. Lakukan dan analisa secara kasar pada eMMC smartphone anda. Carilah apakah ada kerusakan atau tidak.
  3. Jika memang tidak ditemukan, silahkan anda menganalisanya dengan yang lebih detail menggunakan power supplay untuk memeriksa pemakaian arus listrik.
  4. Lihat juga apakah smartphone yang mengalami kerusakan pada eMMC tersebut mempunyai PIN OUTPUT atau tidak.
  5. Jika memang smartphone tersebut memiliki PIN OUTPUT, maka anda bisa melakukan JTAG untuk menghapus dan mengisi ulang OS smartphone.
  6. Namun, jika smartphone tidak memiliki PIN OUTPUT, maka cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi android eMMC rusak ini adalah dengan langsung melakukan DIRECT eMMC.

Setelah melakukan cara diatas, kebanyakan HP yang mengalami kerusakan pada eMMC-nya akan bisa normal kembali. Namun, jika setelah melakukan cara mengatasi android eMMC rusak yang kami bagikan diatas, tapi tetap saja tidak cukup ampuh memperbaikinya, maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan mengganti eMMC-nya.

Jika anda memiliki keahlian untuk melakukan penggantian eMMC ini, maka perbaikilah sendiri. Namun, yang perlu dirhatikan saat penggantian eMMC ini adalah kehati-hatian dalam melakukannya. Karena jika tidak, bukan HP kembali normal yang anda dapatkan, melainkan malah sebaliknya.

Kami sarankan anda membawanya saja ke Service Center untuk melakukan penggantian eMMC ini. Agar kerusakan pada HP android anda bisa segera teratasi.

Demikian tadi cara mengatasi android eMMC yang rusak, bisa anda terapkan sendiri. Semoga informasi yang kami bagikan diatas bermanfaat.

Cara Mengatasi Android Download Aplikasi Sendiri

Cara Mengatasi Android Download App Sendiri – Sebagian besar dari anda pengguna smartphone android pasti pernah mengalami yang namanya smartphone yang download aplikasi sendiri. Lantas, bagaimana cara mengatasi android download apk sendiri ini?

Bagi anda yang mengalami masalah diatas, anda tak perlu terlalu bingung untuk mencari cara mengatasinya. Karena dibawah ini kami sudah merangkumkan untuk anda cara mengatasi android download aplikasi sendiri ini. Perlu anda tahu terlebih dahulu, bahawasannya masalah android download otomatis aplikasi yang ada pada Google Play Store ini bisa saja terjadi pada semua jenis dan mrek smartphone. Jadi, HP dari brand besar sekalipun layaknya Samsung pernah juga mengalami masalah satu ini. Hal ini terbukti sudah ada pengguna smartphone dari brand besar yang mengeluhkan smartphonenya download aplikasi sendiri. Untuk cara mengatasinya, silahkan anda simak tips selengkapnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Android Download Aplikasi Sendiri

Cara Mengatasi Android Download Aplikasi Sendiri

Untuk cara mengatasi android download sendiri aplikasi ini, sangat mudah untuk anda terapkan, meskipun anda memang masih awam dalam hal teknologi. Namun, sebelum kita membahas lebih lanjut mengerai cara mengatasi android download otomatis aplikasi Play Sotre, alangkah lebih baiknya anda mengetahui terlebih dahulu beberpa penyebab masalah ini. Berikut beberapa penyebabnya :

  • Virus. Bisa dipastikan android yang sering download aplikasi sendiri ini telah terinfeksi sebuah virus. Biasanya, aplikasi yang download dan install secara otomatis ini akan tersimpan di folder SNOWFOXCR, yang mana folder tersebut dapat anda akses di Eksternal Storage >> Android >> Data >> Snowfoxcr.
  • Sering Install Aplikasi di luar Playstore. Aktifitas ini sangat memungkinkan menyebabkan masalah android sering download dan install aplikasi sendiri. Ini karena, aplikasi yang didapat dari luar Playstore akan membawa sebuah malware, dan malware tersebutlah yang menyebabkan masalah ini.
  • Tidak terinstal aplikasi Antivirus. Ini sangat penting sekali, usahakan ada tersinstall aplikasi antivirus di HP android anda.

Sebagian besar masalah ini menimpa pada smartphone yang menggunakan processor MediaTek.

Setelah mengetahui beberapa penyebab diatas, sekarang tentunya anda sudah tahu apa saja aktifitas yang harus dihindari jika masalah android download aplikasi sendiri ini tidak terulang kembali. Selanjutnya kembali kemasalah inti yakni cara mengatasi android download aplikasi sendiri, berikut ulasannya :

  1. Langkah pertama yaitu dengan cara menghapus folder SNOWFOXCR di smartphone anda. Masuk ke Eksternal Storage >> Android >> Data >> Snowfoxcr.
  2. Setelah itu, lakukan penginstalan aplikasi Antivirus dari Google Playstore. Aplikasi Antivirus yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah ini adalah Malwarebite Anti Virus and Malware. Selai aplikasi tersebut, anda juga bisa menggunakan aplikasi Kaspersky Internet Security.
  3. Jalankan saja aplikasi antivirus tadi, maka aplikasi tersebut akan menandai aplikasi malware yang menyebabkan masalah ini. Silahkan anda hapus saja beberapa aplikasi makware yang sudah ditandai tersebut.

Selain itu, ada aplikasi tangguh lainnya yang kami rekomendasikan untuk bisa mengatasi masalah android download apk sendiri ini yakni aplikasi No Root Firewall. Instal saja aplikasi tersebut di Google Play Store lalu segera jalankan. Setelah itu, silahkan anda pilih aplikasi yang akan anda filter untuk mengakses internet. Setelah ditemukan, silahkan langsung anda blok aplikasi tersebut.

Selain cara diatas, sangat penting sekali untuk anda menginstal apapun baik aplikasi atau game hanya dari sumber terpercaya saja yakni Google Playstore. Demikian tadi cara mengatasi android download aplikasi sendiri yang bisa kami bagikan. Semoga informasinya bermanfaat untuk anda semua.

Cara Mengatasi Android Dead Boot Paling Jitu

Cara Mengatasi Android Dead Boot – Semakin hari perkembangan android semakin pesat saja. Saat ini sudah semakin banyak HP android yang beredar di pasaran dan masyarakat. Kalau dulunya HP android hanya dimiliki oleh kalangan menengah keatas saja, namun tidak untuk saat ini. Untuk segmen menengah kebawah juga sudah bisa memiliki yang namanya HP pintar ini. Hal tersebut dikarenakan sudah banyak para vendor HP yang menawarkan HP android canggih dengan harga yang cukup murah.

Namun, memang tidak bisa dipungkiri, HP android dengan harga murah pasti akan mengalami banyak masalah. Ini dikarenakan spesifikasi yang dibawanya memang cukup rendah dan tidak seperti HP yang dibanderol dengan harga mahal. Salah satu masalah yang sering dialami oleh sebagian besar pengguna android murah ini yaitu Dead Boot. Apa arti istilah Dead Boot ini? Dan bagaimana cara mengatasi android Dead Boot tersebut?

Cara Mengatasi Android Dead Boot

Cara Mengatasi Android Dead Boot

Dead Boot adalah suatu keadaan dimana HP android tidak ditemukan tanda-tanda akan hidup atau bisa diartikan mati total. Dead Boot tentu berbeda dengan Bootloop. Kalu bootloop sendiri biasanya HP tidak bisa loading sempurna dan hanya berhenti di Logo brand saja. Namun, untuk Dead Boot ini tidak meuncul apapun dilayar.

Banyak yang mempertanyakan bagaimana cara mengatasi android Dead Boot ini. Bahkan ada yang mengira bahwa masalah ini tidak akan bisa diatasi. Namun anda jangan khawatir, masih ada kok cara untuk mengatasi masalah Dead Boot pada android ini.

Tetapi, sebelum lanjut ke cara mengatasi android Dead Boot ini, ada beberapa penyebab android Dead Boot yang perlu anda tahu terlebih dahulu. Berikut penyebabnya :

  • Kesalahan saat Flash ROM
  • Disebabkan karena adanya virus
  • IC EMMC yang mengalami error
  • Kesalahan saat Rooting smartphone

Keempat penyebab diatas sebagian dilakukan oleh para pengguna android sendiri, sehingga tak heran jika masalah Dead Boot ini akan sering dialami. Untuk cara mengatasinya, silahkan lihat beberapa langkah dibawah ini :

1. Lakukan reparasi atau perbaikan IC EMMC dengan JTAG

Untuk langkah pertama ini, anda bisa terlebih dahulu melakukan identifikasi pada IC EMMC-nya, apakah terjadi kerusakan yang cukup para atau tidak. Jika memang hanya terjadi data yang corrupt atau sebagian data hilang, maka langkah yang harus ditempuh selanjutnya adalah flashing HP. Untuk identifikasi ini sendiri anda bisa menggunakan Bax Flash Premium.

Karena HP android yang mengalami Dead Boot ini tidak memunculkan kehidupan sama sekali, pastinya sangat tidak mungkin untuk melakukan flashing HP. Namun, untuk sekarang sudah ada cara lebih modern lagi untuk melakukan flashing tanpa menghubungkan HP dengan laptop menggunakan kabel USB yaitu dengan memanfaatkan boc flash JTAG. Flasing akan bekerja dengan menghubungkan kabel flash dengan titik PIN Flash yang ada pada mesin HP android. Ini artinya kita harus membongkar HP android secara keseluruhan.

2. Mengganti IC EMMC

Jika, kerusakan IC EMMC terlalu parah dan tidak bisa diperbaiki dengan cara flashing tadi, maka langkah yang harus ditempuh selanjutnya adalah dengan cara mengganti IC EMMC-nya. Hal ini haruslah dilakukan oleh tenaga yang sudah profesional. Silahkan anda cari saja IC EMMC yang sesuai dengan tipe HP android anda dan lakukan pemasangan.

Dengan melakukan beberapa cara mengatasi android Dead Boot diatas, diharapkan HP android anda akan mampi hidup kembali dan bisa digunakan seperti sedia kala. Semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk anda semua.

Cara Mengatasi Android Brick Paling Ampuh dan Mudah

Cara Mengatasi Android Brick – Dijaman yang serba modern ini, perkembangan didunia teknologi terjadi begitu pesatnya, khususnya smartphone android. Smartphone android saat ini cukup mendominasi pasar teknologi, hal ini tak terlepas dari kenyataan semakin besarnya kebutuhan seseorang akan smartphone ini. Sudah banyak sekali beredar smartphone android, mulai dari yang harganya murah hingga yang terbilang mahal sekalipun. Namun, kebanyakan dari mereka khususnya orang Indonesia lebih memilih HP android yang dibanderol dengan harga cukup murah. Padahal yang demikian ini semakin memperbesar peluang terjadinya masalah pada HP android tersebut. Salah satunya adalah Brick ini.

Masalah HP android Brick ini memang paling sering dialami oleh para pengguna HP android murah, meski tak menutup kemungkinan HP android mahal juga mengalaminya. Kebanyak dari mereka mengeluhkan masalah ini, dan bahkan menjadi masalah yang sulit untuk diatasi. Mengatasi HP android terkena Brick ini memang tak mudah bagi anda yang masih awam. Namun, anda tak perlu khawatir, karena kami akan memberi cara termudahnya untuk anda.

Android Brick sendiri merupakan keadaan dimana HP android tidak berhasil masuk ke sistem atau mati total. Keadaan ini memang cukup meresahkan dan penyebabnya juga sangat beragam. Beikut beberapa penyebab HP andrid Brick yang perlu anda tahu terlebih dahulu.

  • Kegagalan saat melakukan Flashing HP android
  • Over Clicking yang sangat berlebihan dilakukan
  • Terlalu sering ganti settingan CPU
  • Pengeditan Build Prof yang salah
  • Dll.

Sedangkan untuk cara mengatasi android Brick, anda bisa menyimak langkah-lagkahnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Android Brick

Cara Mengatasi Android Brick

Untuk menerapkan cara mengatasi android Brick ini cukup mudah dilakukan, bahkan untuk anda yang masih sangat awam dalam hal ini. Berikut caranya yang sudah tim TrenAndroid rangkumkan :

  1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan dalam cara mengatasi android Brick ini yaitu dengan memastikan PC atau komputer anda sudah terinstal JAVA. Kalu belum unduh DISINI.
  2. Selain Java, anda juga diharuskan mengunduh OneClick Unbrick.
  3. Selanjutnya, anda sambungkan smartphone android anda dengan komputer atau PC menggunakan kabel USB. Diharap terlebih dahulu anda memastikan sudah memasang Driver sesuai merk perangkat anda.
  4. Jalankan OnClick Unbrick.jar yang sudah anda unduh sebelumnya, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Kemudian klik saja “sunsoft brick”.
  5. Selanjutnya akan muncul tampilan pesan error seperti pada gambar dibawah ini. Klik saja “Resolution Center”.
  6. Ketika sudah muncul tampilan baru pada layar komputer atau PC anda, klik saja “Extract to current folder” dan tunggu beberapa saat. Kemudian klik “Run the file” tunggu sampai muncul jendela Command prompt. Jendela tersebut biasanya akan hilang secara sendirinya dalam beberapa detik. Jika kurang paham, anda bisa contojh gambar dibawah ini.
  7. Langkah selanjutnya, salin file OneClick Unbrick ke dalam folder Heimdall. Kemudian klik kanan pada file dan pilih “Run asAdministrator”.
  8. Lakukan klik pada Unsoft brick kembali, jika masih muncul error seperti pada langkah pertama tadi, jangan hiraukan. Lanjutkan saja prosesnya.
  9. Selanjutnya anda cabut sambungan smartphone dan matikan komputer atau PC anda, kemudian lepaskan semua komponen HP android, seperti baterai, SIM Card, dan Memori. Diamkan HP dalam keadaan tersebut hingga beberapa waktu.
  10. Setelah itu, pasang baterai smartphone dan hubungkan kembali ke komputer atau PC anda.
  11. Selanjutnya masuk cobalah masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol Home, Volume dan Power secara bersamaan. Jika berhasil masuk, maka segeralah anda melakukan flashing pada HP android anda tersebut.

Dengan melakukan cara mengatasi android brick diatas, tentu harapan kami HP android anda yang bermasalah tersebut bisa hidup kembali. Lakukan langkah-langkahnya secara benar dan teliti, supaya cara tersebut bisa berhasil.

Demikian tadi cara mengatasi android brick yang bisa kami tim TrenAndroid.com berikan kepada anda semua. Semoga informasi ini bermanfaat.

Cara Mengatasi Android Cepat Panas Paling Jitu

Cara Mengatasi Android Cepat Panas – Kebutuhan akan smartphone android, rasanya sangat penting dan tak bisa ditinggalkan oleh sebagian besar orang saat ini. Banyak dari pengguna yang mulai kecanduan dengan aktifitas bermain HP android, mulai dari digunakan untuk berinternetan, bermain game, bersosial media, dan lain sebagainya. Disetiap harinya mereka bahkan tidak bisa lepas dari yang namanya HP android. Hal ini tentu tak hanya berdampak pada diri sendiri, namun juga pada HP yang anda gunaka tersebut.

HP android yang terlalu sering digunakan, akan mengalami beberapa masalah, salah satunya adalah cepat panas ini. Kita tentu mengalami kajadian dimana HP adroid yang kita gunakan menjadi panas hanya dengan waktu yang tidak terlalu lama. Hal tersebut tentunya bisa disebabkan oleh banyak faktor. Lanstas, bagaimana cara mengatasi android cepat panas ini? Berikut kami bagikan cara mengatasi android cepat panas paling jitu yang bisa anda terapkan.

Cara Mengatasi Android Cepat panas Paling jitu

Cara Mengatasi Android Cepat Panas Paling Jitu

Untuk cara mengatasi android cepat panas ini sangatlah mudah, anda hanya perlu melalukan beberapa tindakan ringan, maka HP android anda sudah bisa kembali ke suhu normal. Berikut langkah-langkahnya :

1. Uninstal Aplikasi atau Game yang Tidak Diperlukan

HP android pastinya hadir dengan spesifikasi yang berbeda-beda, mulai dari yang berspesifikasi rendah hingga yang berspesifikasi gahar. HP yang berspesifikasi rendah jika di install berbagai macam aplikasi dan game yang berlebihan, tentu akan membuat kinerja smartphone lebih keras lagi. Dan inilah yang menjadi penyebab utama HP android cepat panas. Untuk itu, uninstal saja aplikasi dan game yang dirasa kurang diperlukan. Selain itu, install aplikasi atau game yang ringan-ringan saja, dan sesuaikan dengan kemampuan spesifikasi HP anda.

2. Periksa Baterai

Selain hal diatas, cara mengatasi android cepat panas selanjutnya yaitu dengan melakukan identifikasi pada baterai. Baterai sendiri merukan komponen penting yang berfungsi sebagai penyuplai daya. Baterai yang mengalami kerusakan, seperti daya cepat habis, pengisian tidak stabil dll, ini tentu akan menyebabkan kinerja HP android juga tidak stabil, sehingga menjadi penyebab HP android cepat panas. Untuk itu, gunakan baterai yang berkualitas bagus.

3. Matikan Sinyal

Cara mengatasi HP android cepat panas selanjutnya adalah dengan mematikan sinyal pada daerah-daerah yang sinyal jaringannya lemah atau kurang baik. Ketika anda berada di tempat atau daerah yang sinyalnya lemah atau tidak baik, maka kinerja HP akan lebih keras dalam mencari sinyal. Inilah yang akhirnya akan membuat HP android menjadi cepat panas.

4. Jangan Memainkan HP Sambil di Charge

Kebanyakan dari pengguna HP android memang memiliki kebiasaan untuk memainkan HP android sambil di charge. Hal ini dilakukan karena mereka sudah alami kecanduan smartphone android. Hal ini tentu akan membuat HP lebih cepat panas. Bahkan tidak hanya itu saja, seringkali hal tersebu membuat minerja HP android lemot atau bahkan hang. Untuk itu, taruhlah saja HP android anda ketika sedang di charge.

5. Hindari Penggunaan di Bawah Terik Matahari

Dan cara mengatasi android cepat panas yang terakhir yaitu denga menghindari penggunaan HP android saat berada dibawah terik matahari. Cahaya terik matahari ini tentu akan menjadikan suhu HP android anda menjadi lebih cepat panas. Selain menjadi cepat panas, penggunaan HP dibawah terik matahari ini juga sering menyebabkan HP lebih cepat rusak.

Dengan mengetahui beberapa cara mengatasi android cepat panas diatas, tentu sekarang anda sudah bisa mendapatkan suhu HP anda kembali menjadi normal kembali. Lakukan beberapa hal diatas dengan tepat supaya HP android anda tidak cepat panas lagi. Semoga informasi yang tim TrenAndroid.com bagikan ini bermanfaat ya!

Cara Mengatasi Android Cepat Habis Batre

Cara Mengatasi Android Cepat Habis Batre – Sebagian besar dari anda para pengguna HP android pastinya pernah mengalami salah satu masalah ini yakni batre smartphone yang cepat habis. Hal ini sering terjadi pada para pengguna peminat HP android mid range, karena memang pada dasarnya HP di segmen ini mengusung spesifikasi yang tidak segahar HP flagship. Meskipun sudah ada beberapa HP android murah yang diusung dengan kapasitas batre besar, namun tak menutup kemungkinan spesifikasi lainnya terbilang rendah. Seperti halnya, RAM yang lebih kecil, kamera dengan lensa lebih kecil, atau yang lain sebagainya. Ini biasanya akan timbul masalah lain, jika memang tak ada masalah pada batrenya tersebut.

Bagi anda yang saat ini mengalami kejadian HP android cepat habis batre, anda tak perlu khawatir karena disini kami punya rangkumannya mengenai cara mengatasi android cepat habis batre ini. Berikut cara mengatasi android cepat habis batre yang bisa anda terapkan pada HP android anda.

Cara Mengatasi Android Cepat Habis Batre

Cara Mengatasi Android Cepat Habis Batre

Untuk cara mengatasi android cepat habis batre ini sangat mudah untuk diterapkan, bahkan bagi anda yang masih terbilang pemula dalam hal ini. Berikut kami rangkumkan untuk anda.

1. Matikan Wifi, GPS dan Bluetooth

Cara mengatasi android cepat habis batre yang pertama bisa anda lakukan adalah dengan mematikan beberapa fitur yang berhubungan erat dengan jaringan, seperti Wifi, GPS dan Sinkronisasi. Anda bisa mematikan beberapa fitur tersebut pada pengaturan, karena memang beberapa fitur ini akan membutuhkan banyak daya dalam prosesnya.

2. Mengaktifkan power saving mode

Langkah terbaik untuk bisa menghemat batre smartphone selanjutnya yaitu dengan mengaktifkan option power saving mode. Dengan mengaktifkan mode ini, maka akan membantu menyimpan daya batre smartphone dan juga memberikan rekomendasi dari segi kecerahan, tampilan gambar, dan hal yang berhubungan dengan tampilan di layar smartphone.

3. Menjaga suhu smartphoentetap stabil

Selanjutnya yang bisa anda lakukan agar HP android tidak boros batre adalah dengan menjaga agar suhu smartphone dalam keadaan stabil. Suhu batre yang berlebihan atau panas, akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih berat dan biasanya ditandai dengan kinerja yang melambat. Untuk mengatasi ini, anda bisa menyimak beberapa cara mengatasi android cepat panas yang sudah kami bahas sebelumnya.

4. Mengatur tingkat kecerahan layar

Kecerahan layar yang sesuai memang akan lebih memudahkan kita saat melakukan aktifitas di HP android, seperti membaca berita, bermain game, atau juga menjalankan aplikasi. Namun, semakin tinggi tingkat kecerahan layar, ini akan membuat batre HP android jadi lebih boros atau cepat habis. Untuk itu, aturlah kecerahan layar serendah mungkin, namun tetap membuat anda nyaman saat menggunakannya.

5. Mempercepat screen time out

Cara mengatasi HP android cepat habis batre selanjutnya yaitu dengan mempercepat waktu time out pada layar. Mengatur waktu redup otomatis layar menjadi lebih singkat adalah pilihan yang cerdas, sehingga dengan demikian smartphone akan bertahan lebih lama.

6. Memanfaatkan apikasi penghemat batre

Dan Cara mengatasi android boros batre yang terakhir adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, yang mana saat ini sudah banyak kita temukan di Goole Play Store. Kita bisa dengan bebasnya memilih dan memginstallnya di smartphone anda tanpa harus mengeluarkan biaya alias gratis.

Demikian tadi cara mengatasi android cepat habis batre yang bisa anda coba terapkan sendiri pada HP anda. Degan cara ini tentu akan membuat daya tahan batre smartphone anda menjadi lebih lama. Semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat.

Cara Mengatasi Android Bootloop Tanpa Flash

Cara Mengatasi Android Bootloop – Smartphone android saat ini memang sangat mendominasi pasar teknologi. Apalagi kebutuhan seseorang akan smartphone android ini seakan menjadi kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Melihat peluang yang cukup besar ini, sudah banyak vendor HP yang berlomba-lomba meluncurkan poduk HP canggih mereka dengan segala keunggulannya. Selain spesifikasi tangguh, beberapa vendor HP juga menawarkan produk smartphone mereka dengan harga yang cukup murah.

Namun memang tidak bisa dipungkiri, bahwasannya smartphone yang dibanderol dengan harga murah, pasti juga mengusung spesifkasi standar. Bahkan ketangguhan HP dengan harga murah ini bisa dibilang tidak cukup baik. Berbagai masalah yang menimpa kerap dialami oleh banyak pecinta HP android murah, salah satunya Bootloop. Bootloop sendiri merupakan keadaan dimana sistem android yang tidak bisa loading secara sempurna. Masalah satu ini memang sering dialami oleh para pengguna, dan tak jarang juga dari mereka tidak tahu bahkan tidak mengerti cara mengatasinya.

Untuk cara mengatasi android bootloop ini sangatlah mudah untuk dilakukan, tinggal melakukan beberapa langkah saja maka android anda kembali pulih seperti sedia kala. Bagi anda yang mengalami android yang sering bootloop, kami punya cara mudah untuk mengatasinya. Berikut kami bagikan cara mengatasi android bootloop tanpa flash yang bisa anda lakukan.

Cara Mengatasi Android Bootloop Tanpa Flash

Cara Mengatasi Android Bootloop Tanpa Flash

Cara mengatasi android bootloop tanpa flash ini cukup mudah dilakukan, bahkan untuk anda yang masih terbilang awam dalam hal ini. Berikut kami rangkumkan untuk anda :

1. Factory Reset atau Wipe Data

Cara mengatasi android bootloop tanpa flash yang pertama yaiu dengan melakukan factory rest atau wipe data pada smartphone android anda. Unuk caraya sangat mudah sekali dilalukan. Namun, cara satu ini bisa dilakukan untuk HP Bootloop kelas ringan atau tidak terlalu parah. Berikut langkah-langkahnya :

  • Langkah pertama matikan smartphone anderoid anda, setelah itu masuk ke recovery mode. Untuk masuk ke recovery mode, anda bisa menekan tombol Home, Volume dan Power secara bersamaan.
  • Setelah anda masuk ke recovery mode, anda bisa pilih wipe data atau factory reset dengan cara menekan Volume UP dan Volume Down untuk memindahkan pilihan keatas atau kebawah. Selanjutnya anda klik ok atau bisa dengan menekan tombol Home.
  • Konfirmasi dengan menekan “Yes” kemudian tunggu sampai prosesnya selesai. Setelah itu reboot system.

2. Menggunakan file menager

Jika cara mengatasi android bootloop diatas ternyata gagal, anda bisa melakukan cara kedua yakni dengan memanfaatkan file manager yang bernama Aroma File Manager. Namun perlu anda tahu, file manager satu ini ternyata hasil buah tangan anak bangsa kita yang sudah banyak digunakan oleh pengguna android di seluruh dunia. Sementara untuk cara menggunakannya, anda bisa menyimak langkah-langkah berikut ini :

  • Langkah pertama, anda download dulu Aroma File Manager, lalu copy file downloadnya di SDCard.
  • Setelah itu, anda bisa masuk ke recovery mode seperti yang kami terangkan pada cara mengatasi android bootloop tanpa flash pertama tadi.
  • Setelah masuk ke recovery mode, anda pilih menu “Install zip from sdcard” atau “Apply update from sdcard”. Pilih file Aroma File Managernya, kemudian instal.
  • Tunggulah sampai proses instalasinya selesai. Selanjutnya akan muncul Interface Aroma File Manager.
  • Disini anda bisa mengedit file yang dirasa menjadi penyebab smartphone android anda megalami bootloop. Sekarang android anda akan kembali pulih dan bisa digunakan secara normal kembali.

Dengan melakukan 2 cara mengatasi android bootloop tanpa flash diatas, diharapkan sekarang masalah bootloop yang terjadi pada HP android anda bisa segera teratasi. Lakukan cara-cara diatas dengan benar agar hasil yang bisa anda dapat bisa lebih sempurna.

Demikian tadi cara megatasi android bootloop tanpa flash yang bisa anda coba praktekkan sendiri pada HP android bootloop anda. Semoga informasi diatas bermanfaat.