Cerita Rakyat Indonesia Banyak Dicari Orang Luar Negeri

Beberapa waktu lalu saya sedang browsing di internet mencari bahan refrensi untuk pelajaran mata kuliah karena waktu itu saya mengambil tentang bahasa dan sastra makanya saya mencari sebuah cerita yang ada di negara lain seperti amerika serikat, australia, canada, mexico. Tapi yang saya dapatkan bukanlah cerita asli dari negara tersebut melainkan cerita dari negara tercinta kita Indonesia.

Tuh kan saya sejenak menjadi bingung, apa ada yang salah dengan browser saya atau apa ada pengaturan lokasi saya yang berada di indonesia, dan setelah beberapa lama saya telusuri ternyata bukan dari penrangkat saya yang salah melainkan memang benar ternyata banyak orang dari luar negara kita yang senang dengan cerita rakyat yang ada di indonesia.

Mereka menulis ulang cerita rakyat yang ada di indonesia dengan bahasa mereka. Karena penasaran saya akhirnya mencoba bertanya di kolom komentar yang mereka sediakan. Dalam pertanyaan saya berisi seperti ini, apakah ini website milik orang indonesia ? Dan dari mana anda mendapatkan cerita itu ? Saya tulis dalam bahasa inggris.

Setelah beberapa menit mereka cepat dalam menanggapi respon para pengunjung websitenya. Lalu mereka menjawab, saya bukan orang indonesia, saya asli kelahiran amerika serikat. Saya menulis cerita rakyat atau Folklore Indonesia karena saya pernah berkunjung ke negara indonesia dan saya benar-benar melihat benda atau barang yang diceritakan dalam cerita itu dan saya ingin sekali lagi berkunjung ke indonesia karena disana orangnya ramah dan banyak punya sejarah juga tempat wisata yang sangat indah.

Saya sangat terharu sekali karena mendengar penjelasan dari orang luar negeri yang berkata seperti itu. Kenapa bukan orang asli indonesia yang menulis cerita rakyat yang ada itu. Dan saya jadi semakin cinta dengan indonesia, orang asing saja bisa sangat cinta indonesia kenapa saya tidak.

Lalu dengan adanya pelajaran yang saya dapatkan itu akhirnya saya juga mencoba untuk menulis Cerita Rakyat dalam sebuah blog yang sangat sederhana dan berharap saya bisa melestarikan kebudayaan indonesia. Cerita itu saya kembangkan dalam sebuah website yang saya beri nama http://www.ceritabergambar.info dan dari pengalaman saya ini semoga bisa membuat anda juga lebih menghargai budaya yang ada di Indonesia.

Ternyata Membaca Banyak Manfaatnya

Katanya orang indonesia dikenal dengan orang yang malas membaca benar atau tidaknya menurut saya bisa dikatakan benar, karena saya belajar dari pengalaman saya sendiri, ketika saya menemukan sebuah bacaan yang sangat panjang saya tidak akan sepenuhnya membaca dari awal sampai habis dan hanya saya baca bagian-bagian yang digaris bawahi saja. Dan mungkin memang benar survey yang ada telah membuktikan bahwa orang indonesia malas membaca, padahal dengan membaca terdapat banyak sekali manfaatnya.

Benar atau tidak ternyata membaca dapat menambah daya ingat kita, hal ini telah dibuktikan oleh beberapa peneliti besar didunia dan mereka telah menyatakan bahwa dengan banyak membaca akan membuat daya ingat semakin kuat dan tidak mudah lupa alias pikun.

Dengan membaca akan menambah wawasan, itu memang benar dan saya alami sendiri bahwa membaca memang dapat menambah wawasan, apalagi yang kita baca adalah buku tentang pengetahuan. Semakin banyak membaca daya ingat semakin tajam dan wawasan kita yang tadinya hanya sedikit jadi semakin luas.

Katanya dengan membaca akan membuat kita semakin pintar, kalau menurut pandangan saya tentang pintar atau tidaknya seseorang bukan karena dari membaca dan saya juga berpendapat bahwa manusia yang terlahir didunia ini telah diberi anugrah dua buah otak kanan dan otak kiri jadi saya tidak mau mengatakan bahwa ada manusia yang bodoh saya juga beranggapan manusia itu hanya malas dan mungkin dia ahli dalam bidang tertentu jadi tidak ada manusia yang terlahir didunia ini sebagai manusia bodoh.

Memang benar kalau membaca itu banyak sekali manfaatnya, tapi akan dapat merubah pola sistem otak juga jika kita membaca bacaan yang salah seperti membaca cerita berbau dewasa, Novel dan lain sebagainya. Membaca juga akan lebih baik dan sempurna jika diimbangi dengan kegiatan menulis, seperti contoh menulis buku, blog, bahkan tugas kuliah. mungkin hanya itu saja informasi yang bisa saya berikan mengenai manfaat membaca.