Tipe Data Part 1

Pengertian Tipe Data Dasar 

Sebelum sampai ke jenis-jenis tipe data di dalam bahasa C, sebaiknya kita membahas sedikit pengertian dari tipe data itu sendiri. Apa itu tipe data?

Mengutip dari wikipedia:

 “Tipe data atau kadang disingkat dengan ‘tipe’ saja adalah sebuah pengelompokan data untuk memberitahu compiler atau interpreter bagaimana programmer ingin mengolah data tersebut”

Secara sederhana, tipe data adalah cara kita memberitahu komputer untuk mengelompokkan data berdasarkan apa yang dipahami oleh komputer.

Sebagai contoh, misalkan saya memiliki data berupa angka. Agar bisa dipahami di bahasa C, data ini harus disimpan ke dalam variabel yang sudah di set agar bisa menyimpan angka. Di dalam bahasa C, terdapat tipe data integer dan float yang bisa diisi dengan angka. Sedangkan jika data tersebut berupa huruf, bisa disimpan ke dalam tipe data char.

  • Jenis-jenis Tipe Data dalam Bahasa C

Terdapat 8 tipe data di dalam bahasa pemrograman C yang bisa dibagi ke dalam 4 kelompok besar: tipe data dasartipe data turunantipe data bentukan, dan tipe data void.

Tetapi yang akan kita bahas kali ini adalah tipe data dasar dahulu, untuk tipe data turunantipe data bentukan, dan tipe data void akan dibahas pada update berikutnya.

 #Tipe Data Dasar

Sesuai dengan namanya, tipe data dasar adalah tipe data paling dasar yang tersedia di dalam bahasa pemrograman C. Terdapat 3 jenis tipe data dasar:

  • Char: tipe data yang berisi 1 huruf atau 1 karakter.
  • Integer: tipe data untuk menampung angka bulat.
  • Float: tipe data untuk menampung angka pecahan (real).

Didalam notasi “float” ditulis dengan “real”.

Tipe data dasar dasar disebut juga sebagai Primary Data Type, Fundamental Data Types atau Basic Data Type.

Contoh penggunaan:

Sebelum membuat program terlebih dahulu kita membuat notasinya. Notasi berfungsi untuk mempermudah pembuat dan orang lain membaca masalah dan menyelesaikannya

–> Dalam Notasi:

///Judul : Tipe data

///Kamus :

num = 12 <– integer
fl = 1.25 <– real
ch = ‘a’ <– char
name[5] = “Aku” <– char ///”[5]” adalah jumlah character maksimal yang di inputkan

///Deskripsi :

Output <– num
Output <– fl
Output <– ch
Output <– name

–> Dalam bentuk program :

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

///Judul : Tipe Data Dasar

///Kamus :
int num = 12;
float fl = 1.25;
char ch = ‘a’;
char name[5] = “Aku”;

///Deskripsi
int main()
{
printf(“%d \n”,num);
printf(“%f \n”,fl);
printf(“%c \n”,ch);
printf(“%s \n”, name);
return 0;
}

–> Output:
12
1.250000
a
Aku

Sekian Postingan saya tentang tipe data dasar untuk update selanjutnya kita akan membahas Tipe Data Part 2 tentang tipe data turunan.

Apa Itu Pemrograman Bahasa C?

Halo teman-teman, ini tulisan pertama saya, pada kesempatan ini sebelum belajar bahasa pemrograman yang pertama yaitu bahasa C, mari kita mengerti dulu apa itu Pemrograman Bahasa C.

  • Pengertian

 

Menurut Wikipedia Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories.

Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa memengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C. Continue reading