Mayoret Drumband dan Marching Band

Mayoret memiliki peran penting dalam sebuah permainan Drumband dan Marchingband. Jika tidak ada mayoret mungkin permainan drumband dan marchingband tidak dapat berlangsung. Mayoret sendiri merupakan seseorang yang melakukan aksi tari, atau gerakan yang dilakukan di sebuah pertunjukkan drumband atau marchingband yang memiliki tugas untuk memimpinnya. Biasanya seorang mayoret membawa stick mayoret yang diberi nama baton. Dalam sebuah permainan drumband atau marchingband, mayoret terdiri dari satu atau dua orang. Mayoret ini dilakukan oleh wanita, namun  tidak sedikit mayoret yang dlakukan oleh laki-laki yang biasanya banyak ditemukan pada Drumband kemiliteran.

mayoret-drumband-dan-marchingband

Awal munculnya mayoret  merupakan pembauran dari peran pemandu yang kemudian digunakan dalam sebuah pertunjukkan drumband untuk menyeimbangkan dinamisasi pertujukan dari kesan kaku pada sebuah barisan para pemain instrumen musik. Dalam permainannya mayoret dapat melakukan berbagai aksi dalam penampilannya, seperti memutar-mutar tongkat bayonet, tongkat bendera, atau juga bisa melempar baton. Selain itu mayoret juga dapat melakukan aksi sulap ataupun atraksi lainnya yang dapat menarik perhatian penonton.

jual-seragam-mayoret

Mayoret memiliki peran dalam permainan drumabnd tidak terbatas fungsinya, yaitu sebagai penari, pemimpin untuk memulai perainan drumband, serta pemandu barisan dalam membetuk suatu formasi di dalam penampilan. Bahkan seorang moyeret mampu menggantikan fungsi pemimpin lapangan (Field Commander) pada situasi tertentu. Di Indonesia untuk permainan marchingband sendiri masih banyak yang menggunakan mayoret, namun semakin lama penggunaan mayoret sudah mulai ditinggalkan.

pengertian-mayoret

Seorang mayoret selalu membawa tongkat kemanapun pertunjukan berlangsung sebagai tongkat komando pasukan Drumband dan juga Marchingband. Tongkat ini dibuat dari berbagai material seperti fiber, kayu, stainless atau pipa. Ukuran tongkat mayoretpun berbeda sesuai dengan pengguna, baik TK, SD, SMP, maupun SMA. Tongkat mayoret sendiri memiliki beberapa jenis standar yang tingginya 150-170cm mengikuti tinggi penggunanya.

cara-memilih-seragam-drumband

Baju yang dikenakan mayoret biasanya menggunakan bahan satin yang jatuh dan juga berkilau. Bahan tersebut harus dipastikan dapat menyerap keringat karena seorang mayoret banyak melakukan pergerakan. Warna bajunya pun memiliki kombinasi yang senada agar baju terlihat cantik. Biasany6a baju yang dikenakan oleh mayoret lebih mencolok dibandingkan dengan baju pasukannya. Hal tersebut sengaja dilakukan karena mayoret menjadi pusat perhatian dan menarik saat permainan drumband berlangsung. Baju mayoret juga dilengkapi dengan aksesoris seperti topi yang senada dengan warna baju dan juga sepatu, selain itu juga bisa ditambah dengan aksen bulu-bulu atau pernik-pernik lainnya. Untuk mendapatkan kostum mayoret yang cantik bisa order di desy drumband kami menyediakan aksesoris drumband dan alat marchingband.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *