Berapa Batas Nilai Normal Kolesterol dalam Tubuh? 

Kolesterol pada dasarnya adalah lemak yang ada di dalam tubuh, dan dalam kadar tertentu kolesterol bisa bermanfaat bagi tubuh. Kolesterol sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol baik (LDL atau low-density lipoprotein) dan kolesterol jahat (HDL atau high-density lipoprotein).

Keduanya memiliki tugas yang berbeda. Kolesterol jahat atau LDL memiliki tugas untuk mengangkut kolesterol dalam tubuh dari hati ke sel-sel dan bagian tubuh lain yang membutuhkan.

Lalu berapa batas nilai normal kolesterol dalam tubuh?

Kadar Kolesterol Baik

Batas nilai normal kolesterol baik (HDL) minimal adalah 60 mg/dL dan tidak boleh kurang dari 40 mg/dL.

Kadar Kolesterol Jahat

Sementara itu, batas nilai normal kolesterol jahat (LDL) harus dijaga seminimal mungkin, yaitu tidak boleh lebih dari 100 mg/dL. Karena jika kadar kolesterol jahat terlalu banyak dan tidak dibutuhkan oleh sel-sel di dalam tubuh, lemak dan kolesterol akan menumpuk dan menyumbat arteri, dan dapat menghambat aliran darah.  Jantung dan otak yang kekurangan pasokan darah dapat mengalami gagal jantung atau stroke. Tekanan darah tinggi (hipertensi) juga dapat terjadi akibat jantung yang bekerja terlalu keras untuk memompa darah, sehingga tekanan darah menjadi besar.

Kadar Trigliserida

Selain kolesterol baik dan jahat, terdapat pula lemak di dalam tubuh yang disebut trigliserida. Trigliserida adalah lemak ‘cadangan’ yang disimpan dalam tubuh untuk diubah menjadi energi. Ia awalnya disimpan dalam sel lemak, namun lalu dikeluarkan jika tubuh membutuhkan sumber energi lebih. Namun lemak trigliserida ini juga tidak boleh berlebihan. Kadar normal lemak trigliserida adalah kurang dari 150 mg/dL. Jika lebih dari itu, sudah masuk batas tinggi, dan akan masuk batas sangat tinggi jika lebih dari 500 mg/dL.

Sama seperti jika terlalu banyak memiliki kadar kolesterol jahat, memiliki kadar trigliserida tinggi juga berisiko mengalami penyakit kardiovaskuler akibat menebalnya pembuluh darah oleh lemak.

Kolesterol total dalam tubuh bisa disebut normal jika kurang dari 200 mg/dL. Dan jika lebih dari 240 mg/dL, itu sudah termasuk dalam kadar kolesterol tinggi.

Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh, Anda harus rutin melakukan cek darah setiap 4-6 tahun sekali. Biasanya sebelum dilakukan cek darah, Anda sangat disarankan untuk melakukan puasa terlebih dahulu sekitar 8-12 jam sebelumnya.

Mengapa perlu puasa sebelum melakukan pemeriksaan darah? Puasa bertujuan membuat hasil pemeriksaan menjadi lebih akurat, dan tidak terganggu oleh makanan atau minuman yang kita minum sebelumnya. Kandungan lemak dalam makanan atau minuman yang kita konsumsi dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga tidak menunjukkan kadar kolesterol sebenarnya dalam tubuh kita.

Meski kolesterol tinggi biasanya dirasakan oleh orang berusia 40 tahun ke atas, namun kolesterol tinggi sudah dapat dideteksi sejak usia 20-an. Namun karena kolesterol tidak menunjukkan gejala, biasanya orang baru akan memeriksakan kadar kolesterol jika sudah terdapat tanda-tanda kolesterol tinggi. Maka dari itu, melakukan pemeriksaan dan pencegahan dini akan sangat baik bagi tubuh jika tidak ingin mengalami berbagai penyakit kardiovaskuler.

Beberapa upaya pencegahan atau penurunan kolesterol yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak olah raga  atau beraktivitas. Rutin berolah raga  dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat, juga baik untuk kesehatan jantung. Beberapa olah raga  yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol misalnya bersepeda, berenang, yoga, atau jogging.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan pola makan. Hindari makanan yang memicu kolesterol seperti yang berlemak atau berminyak, makanan cepat saji, makanan manis, atau terlalu banyak mengkonsumsi produk susu. Anda bisa menggantinya dengan susu kedelai sebagai alternatif.

Kurangi juga gaya hidup tidak sehat seperti merokok atau terlalu banyak minum minuman beralkohol. Perbanyak minum air putih sebagai gantinya, akan sangat baik untuk membantu menyehatkan tubuh secara keseluruhan dan dalam menjaga keseimbangan kolesterol.

Nutrive Benecol juga aman untuk dikonsumsi karena berasal dari bahan alami tumbuhan (kulit pohon pinus atau kedelai).

Cara mendapatkannya pun mudah sekali. Anda bisa mengunjungi supermarket terdekat, atau Anda hanya perlu membuka situs kalbestore.com dan produk ini bisa langsung Anda dapatkan.