cara-membuat-surat-resmi

Cara Membuat Surat Resmi

Berbeda halnya dengan surat pribadi, bahwasannya surat resmi ini hanya dikeluarkan oleh lembaga resmi seperti pemerintah, pihak perusahaan ataupun juga instansi lainnya.

Perlu diketahui juga biasanya surat resmi ini dibuat untuk bertujuan memberitahuikan informasi yang bersifat resmi dari pemerintah ataupun juga instansi.

Untuk membuat surat resmi ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantara lainnya silahkan simak ulasan dibawah ini hingga tuntas.

Cara Membuat Surat Resmi Dengan Mudah

Bagi Anda yang akan memulai membuat surat resmi, maka kami sarankan terlebih dahulu untuk melihat dulu kumpulan referensi contoh surat resmi dari salah satu situs yang dipercaya yaitu Cryptowi.com.

Karena jika Anda sudah melihat contoh nya biasanya akan lebih mudah untuk memulai membuatnya.

Baiklah langsung saja, langkah membuatnya sebagai berikut.

#1. Kop Surat atau Kepala Surat

Perihal yang utama dalam membuat surat resmi yaitu Anda diminta untuk membuat dulu kepada bagian surat atau sering juga disebut kop surat.

Bagian kepala surat ini nantinya akan menerangkan identitas dari instansi atau lembaga pemerintahaan yang sedang Anda buat.

Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan contoh kepala surat dibawah ini:

PEMERINTAH KOTA SURABAYA
SMA N 2 BANGUNTAPAN II
REWO SARI, SURABAYA
Telp: (021) 111 xxx Email: dinasos@mail

Seperti itulah biasanya yang digunakan keterangan pada bagian kepala suratnya.

#2. Tanggal Surat

Langkah ke dua dalam membuat surat resmi ialah Anda diminta untuk menuliskan tanggal yang Anda buat pada surat resmi itu sendiri.

Dengan maksud, supaya para penerima surat tahu kapan surat resmi telah dibuat.

#3. Nomer Surat

Langkah selanjutnya adalah Anda juga harus menuliskan nomer pengeluaran dari surat resmi.

Dengan menerangkan nomer surat, nantinya bisa diharapkan lebih dapat dipercaya bahwasaannya surat tersebut benar- benar dikeluarkan dari instansi Anda.

#4. Lampiran

Perihal dengan ini sifatnya hanyalan opsional, yaitu lempiran.

Anda bisa mencantumkan hal tersebut, namun bisa juga tidak mencantumkannya.

#5. Perihal

Poin selanjutnya dalam membuat surat resmi ialah Anda diminta untuk menerangkan perihal beradarnya surat tersebut.

Pada bagian perihal ini Anda diminta untuk menjelaskan maksud serta tujuan mengedarkan surat resmi untuk apa.

#6. Alamat Tujuan

Langkah berikutnya yaitu Anda juga diminta untuk menuliskan alamat tujuan untuk si penerima surat.

Tujuannya agar si pengantar surat nantinya tidak sampai salah arah.

#7. Salam Pembuka

Selanjutnya setelah Anda menuliskan alamat tujuan maka bagain dibawah nya yaitu salam pembuka.

Karena dengan adanya salam pembuka ini bisa menimbulkan kesan lebih menghormati kepada si penerima surat resmi.

#8. Isi Surat

Perihal penting selanjutnya dalam pembuatan surat resmi ialah isi dari surat resmi itu sendiri.

Yaitu bagian ini Anda diminta untuk menerangkan sedetail mungkin terkait dengan beredarnya surat tersebut.

#9. Salam Penutup

Tak lupa juga setelah ada bagian salam pembuka, maka setelah selesai membuat bagian isi surat Anda pun untuk menuliskan salam penutup.

#10. Tanda Tangan penanggung jawab

Langkah terakhir dalam pembuatan surat resmi ialah mencantumkan bagian keterangan tanda tangan serta nama dari penanggun jawab dari surat resmi yang telah dibuat.

Itulah langkah- langkah cara membuat surat resmi, semoga dapat bermanfaat dan bisa berguna untuk Anda yang sedang membutuhkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *