cara mempercepat kinerja laptop

Cara Mempercepat Kinerja Laptop PC

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara mempercepat kinerja laptop dan komputer di windows 7, 8, dan 10. Komputer yang lemot menjadikan kita sangat kesal, apalagi saat kita mengerjakan tugas sekolah atau sedang bekerja.

Menurut mastekno.com Sebenarnya untuk mengatasi komputer atau laptop yang semakin lama semakin lemot, kalian hanya perlu melakukan perawatan rutin dan juga kita harus melakukan beberapa hal yang akan kami jelaskan dibawah ini.

 

Cara Mempercepat Kinerja Laptop PC

Berikut ini adalah 5 (lima) cara mempercepat laptop atau komputer, antara lain.

 

1. Perbesar Kapasitas HDD dan RAM

Proses multitasking yang terlalu banyak menyebabkan kinerja suatu komputer menjadi lebih berat dan lambat. Menambahkan kapasitas RAM menjadi lebih besar lagi adalah salah satu pilihan terbaik untuk mempercepat suatu kinerja komputer.

Perhatikan juga kapasitas HDD kalian, jika kapasitas HDD kalian hampir penuh, maka kosongkan penyimpanan HDD kalian. Tapi saya sarankan kalian untuk menggunakan SSD, karena SSD lebih cepat dibandingkan HDD.

 

2. Uninstall Program

Jika di laptop atau komputer kalian terdapat program yang tidak terlalu penting, maka saya sarankan kalian untuk uninstall saja program tersebut.

Untuk uninstall program kalian bisa melakukannya dengan cara Start >> Control Panel >> Uninstall a Program kemudian plih program yang ingin kalian uninstall.

 

3. Hapus File Sementara di Recycle

File sementara bisa memperlambat kinerja suatu komputer/laptop, jadi baiknya jika kalian untuk menghapusnya. Cek terlebih dahulu file tersebut, jika file tersebut tidak dibutuhkan silahkan kalian hapus file tersebut.

Kalian juga bisa menggunakan software CCleaner, software tersebut juga bisa menghapus file sementar yang ada di browser kalian.

 

4. Minimalkan Program yang Berjalan Saat Startup

Semakin banyak program yang berjalan saat starup menjadikan faktor yang menyebabkan kinerja komputer menjadi menurun.

Kami sarankan kalian untuk menonaktifkan program apa saja yang tidak penting dan tidak perlu dengan cara tekan tombol Win+R >> ketik msconfig >> pilih tab startup lalu uncheck program yang ingin kalian nonaktifkan.

Kalian juga bisa menggunakan software CCLeaner utnuk menonaktifkan program yang berjalan di startup.

 

5. Install Antivirus

Pastikan di laptop atau komputer kalian sudah terinstall antivirus. Perlu kalian ketahui jika Malware atau spyware juga menyebabkan kinerja komputer atau laptop kita menjadi lambat, malware juga bisa merusak file atau data yang kita simpan. Maka dari itu, kalian harus menginstal antivirus yang tepat, bukan antivirus yang palah memperlambat kinerja laptop atau komputer kita.

 

Nah, itulah cara mempercepat kinerja laptoap atau komputer. Semoga artikel ini bisa memperbaiki atau mempercepat laptop kita, jika kalian memilki cara mempercepat kinerja laptop yang lain silahkan tulis dikolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *