kalimat efektif

Kalimat Efektif: Pengertian, Syarat, Penjelasan

Membuat sebuah kalimat tentunya bukan hal yang baru buat kita semua. Tapi apakah kalimat yang kalian buat tersebut termasuk kalimat efektif?.

Pada dasarnya, sebuah kalimat bisa dibentuk oleh klausa yang terdiri dari subjek dan prediket dengan menambahkan objek, pelengkap ataupun keterangan yang diakhiri dengan tanda baca titik, tanya, atau juga bisa seru.

Jika penambahan dari pintarnesia tersebut tidak tepat, maka membuat kalimat tersebut tidak efektif. Nah, pada artikel ini kami akan membahas megnenai kalimat efektif, simak dengan baik.

 

Pengertian Kalimat Efektif

Kalimat efektif bisa diartikan sebagai susunan kata yang mengikuti kaidah kebahasaan yang ada. Kaidah yang menjadi patokan kalimat efektif adalah kaidah bahasa indoensia menurut Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

 

Syarat Kalimat Efektif

Berikut ini adalah beberapa syarat – syarat kalimat efektif, antara lain.

1. Sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)

Sebuah kalimat efektif harus menggunakan ejaan ataupun tanda baca yang tepat. Kata baku dalam kalimat juga menjadi perhatian, supaya kata tersebut tidak menjadi salah ejaannya.

 

2. Sistematis

Sebuah kalimat paling sederhana adalah kalimat yang mempunyai susunan subjek serta predikat, kemudaian ditambah dengan objek, pelengkap sampai ditambah keterangan.

Sebisa mungkin untuk mengefektifkan kaliamt, buat kalimat yang urut dan tidak memusingkan. Jika tidak ada penegasan dalam kalimat, subjek dan predikat dalam kalimat tersebut diharapkan selalu berada di awal kalimat.

 

3. Tidak Ambigu

Kalimat efektif sangat penting, untuk menghindari pembaca dari multitafsir. Dengan susunan kata yang sistematis, ringkas, dan sesuai dengan kaidah kebahasaan, maka hal tersebut membantu pembaca tidak akan kesulitan untuk mengartikan ide dari kalimat kalian, sehingga tidak ada ambigu di kalimat tersebut.

 

4. Tidak Bertele-Tele

Jangan sampai kalimat yang kalian buat terlalu menghambur-hamburkan kata. Pastikan susunan kalimat ringkas supaya orang yang membaca mudah mengerti gagasan yang kalian tuangkan.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai kalimat efektif. Semoga artikel kalimat efektif ini bisa menambah wawasan kita, dan semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *