pekerjaan-sampingan-mahasiswa

Pekerjaan Sampingan Mahasiswa

Seringkali beranggapan bahwa seorang mahasiswa hanya bisa meminta uang dari orangtuanya, sehingga status sebagai mahasiswa ini dianggap sebelah mata saja untuk faktor keuangannya.

Namun bagi Anda yang saat ini sedang menjalani proses sebagai mahasiswa tenang saja, ada banyak sekali macam-macam jenis pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan untuk mendapatkan uang namun tidak terlalu menganggu dengan waktu perkuliahan Anda.

Silahkan simak ulasan berikut ini mengenai pekerjaan sampingan mahasiswa yang mungkin cocok dan sesuai dengan Anda.

Pekerjaan Sampingan Mahasiswa Yang Mudah Dikerjakan

#1. Sebagai Penulis / Content Writter

Bagi Anda yang suka merangkai kata-kata menjadi sebuah caption,  puisi, cerita pendek, ataupun tulisan panjang? Ada baiknya jika tulisanmu tidak cuma menghiasi makalah tugas kuliah, kalian dapat menggunakan keahlian itu dengan mengirim tulisan ke media massa atau para publisher yang membutuhkan penulis.

Banyak media massa yang menerima tulisan dari warga dalam wujud opini, esai, ataupun karya sastra untuk diterbitkan di media. Apalagi, terdapat pengelola pesan berita yang memiliki kolom spesial buat mahasiswa. Sebagian media massa ataupun portal kabar online pula mempunyai kanal tulisan kiriman pembaca.

Penghasilan dari postingan atau per artikel lumayan cukup untuk menambah uang jajan bulanan kalian. Buat satu tulisan, kalian dapat menerima penghasilan mulai dari Rp 20. 000,- hingga Rp 100.000,- Tergantung dengan kesepakatan setiap media massa atuapun para publisher sendiri.

#2. Sebagai Penerjemah

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan pekerjaan sebagai penerjemah. Bila Anda merupakan mahasiswa jurusan sastra bahasa asing, kesempatan menemukan pekerjaan sampingan sebagai penerjemah jelas lebih besar.

Anda dapat mempraktikkan modul perkuliahan dengan mengerjakan bermacam proyek terjemahan novel, hasil riset, ataupun harian ilmiah dari bahasa asing ke bahasa Indonesia. Silahkan dengan mulai bertanya-tanya kepada dosen Anda, jaringan alumni kampus, ataupun keluarga yang lagi mencari jasa penerjemah.

Sebagai alternatif, Anda bisa menawarkan jasa penerjemah lewat platform pekerja lepas yang belum lama terus menjadi gempar di Indonesia. Dikutip dari Himpunan Penerjemah Indonesia, tarif penerjemahan bahasa asing ke bahasa Indonesia ataupun kebalikannya dimulai dari Rp 250. 000,- per satuan taman jadi.

#3. Jualan Online

Kesempatan pekerjaan sampingan mahasiswa berikutnya yaitu merupakan online shop atau jualan online. Saat ini mahasiswa bisa menjual bermacam berbagai pakaian, celana/ rok, aksesoris, serta bermacam tipe sepatu.

Saat ini banyak sekali forum jual beli online yang menawarkan kemudahan transaksi lewat internet. Penjualan tidak cuma diperuntukan kepada sahabat kampus, namun pula kepada pelanggan lain di dunia maya.

Terdapat website jual beli yang bisa dimanfaatkan buat menjual benda kepunyaan individu maupun kepunyaan orang lain.

Jika tidak mempunyai barang, Anda bisa menjualkan barang dari orang lain atau sebagian reseller ataupun dropship. Jadi, modal yang diperlukan tidak banyak, namun hasilnya cukup, bergantung seberapa tekun melaksanakan usaha ini.

#4. Jasa Desain

Untuk mahasiswa yang meyukai dengan dunia desain grafis dan memiliki kemampuan, mereka bisa mengawali bisnis dengan jasa desain dengan menawarkannya kepada mahasiswa lain ataupun bisa jadi dosen.

Bisnis ini menuntut keahlian para mahasiswa dalam mengoperasikan aplikasi misalnya Photoshop buat melakukan desain grafis. Dengan ketrampilan desain yang dipunyai, mahasiswa bisa mendapatkan banyak untung dari kliennya dalam mengerjakan tugas desain grafis sahabat, jasa desain kaos, jasa desain web, jasa edit gambar, serta jasa desain yang lain.

Demikianlah ulasan mengenai perkerjaan sampingan mahasiswa atau usaha yang dapat dilakukan oleh para mahasiswa dan dapatkan juga tips pekerjaan yang lainnya di Cryptowi.com, tentang pekerjaan yang tidak dapat memberikan pengaruh atau gangguan dalam proses selama kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *