Interaksi Manusia dan Komputer (Natural Language)

Bahasa natural adalah bahasa yang umum digunakan oleh manusia untuk saling berkomunikasi.

Bahasa natural dalam komputer digunakan untuk mempresentasikan suatu pesan menggunakan bahasa manusia untuk berkomunikasi dengan komputer.

salah satu contoh Bahasa Natural yang ada pada komputer yaitu Chatbot.

Aspek Utama Natural Language

  1. Syntax: menjelaskan bentuk dari bahasa biasa dispesifikasikan oleh sebuah grammar.
  2. Semantics: menjelaskan arti dari sebuah kalimat dalam 1 bahasa.
  3. Pragmatics: menjelaskan bagaimana pernyataan yang ada hubungannya dengan dunia. Seperti konteks kalimat, keadaan dunia, tujuan dari speaker dan listener, dan sejenisnya.

Natural Language Processing

Atau disebut Pemrosesan Bahasa Alami, adalah cabang ilmu komputer dan linguistik yang mengkaji interaksi antara komputer dengan bahasa (alami) manusia.

Natural Language Processing sering dianggap sebagai cabang kecerdasan buatan dan bidang kajiannya bersinggungan dengan linguistik komputasional.

Kajian natural language antara lain mencakup segmentasi tuturan, segmentasi teks. Meskipun kajiannya dapat mencakup teks dan tuturan, pemrosesan tuturan telah berkembang menjadi suatu bidang kajian terpisah.

Aplikasi Natural Language Processing

Secara umum, Jenis aplikasi yang bisa dibuat dalam bidang ilmu NLP terbagi dua, yaitu text-based application dan dialogue-based application.

Text-based application adalah segala macam aplikasi yang melakukan proses terhadap teks tertulis seperti misalnya dokumen, e-mail, buku dan sebagainya.

Dialogue-based application melibatkan bahasa lisan atau pengenalan suara, akan tetapi bisa juga memasukan interaksi dialog dengan mengetikkan teks pertanyaan melalui keyboard.

Jenis Text-Based Application

  1. Programs for classifying and retrieving documents by content

Program yang mampu mengklasifikasi dan mengambil isi dari suatu dokumen berdasarkan kontennya. Seperti spam filtering (pemfilteran pesan sampah), language identification (identifikasi bahasa), dan lain-lain.

  1. Machine Translation

Program yang mampu mentranslate kalimat baik berupa teks maupun suara dari satu bahasa alami ke bahasa lainnya. Contoh : Google Translate.

Jenis Dialogue-Based Application

  1. Intelligent personal assistant

Perangkat lunak yang mampu melakukan tugas sesuai apa yang diucapkan oleh pengguna. Serta aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengakses informasi dari berbagai sumber online (seperti cuaca, keadaan lalu lintas, berita, saham, dll). Contohnya adalah Siri pada produk-produk Apple dan S-Voice pada produk-produk seluler Samsung.

  1. Chatbot

Chatbot adalah program komputer yang didesain untuk mensimulasikan sebuah percakapan cerdas dengan satu atau lebih pengguna manusia melalui inputan suara atau teks, utamanya digunakan untuk percakapan kecil. Contoh : Cleverbot, SimSimi, dan begobet.

Tantangan dalam Natural Language Processing

  1. Ambiguitas bahasa alami.
  2. Terdapat berbagai tingkat informasi dalam bahasa kita.
  3. Terdapat beragam aplikasi untuk teknologi bahasa.

Bahasa Alami di dunia Komputer

  1. Natural-language interaction : Operasi komputer menggunakan bahasa alami manusia (mis. Inggris) untuk memberi instruksi dan menerima respons.
  2. Natural-language queries : Operasi pada database relasional.Masih lebih buruk daripada SQL. Contoh: INTELLECT, Symantec Q&A.
  3. Text-database searching : Untuk mencari database tekstual. Contoh: Ask Jeeves (ask.com).
  4. Natural-language text generation  : Digunakan untuk laporan (Prakiraan cuaca, laboratorium medis). Di sisi artistik dapat menghasilkan puisi dan novel.
  5. Adventure and educational games : Pemakai menyatakan gerakan dan perintah dengan bahasa alami.Menarik karena sistem tidak dapat diramalkan dan perlu dijelajahi.

Kelebihan dan Kekurangan Natural Language Processing

Kelebihan

    1. Tidak memerlukan sintaks
    2. Luwes dan powerful,
    3. Mudah melakukan interaksi,
    4. Merupakan inisiatif campuran

Kekurangan

    1. Bahasa alami memiliki makna ganda sehingga menyebabkan ambiguitas.
    2. Pemrosesan lebih sulit karena teknik pemrosesan tiap bahasa berbeda
    3. Tidak efisien
    4. Penyimpanan sangat besar karena jumlah kata-kata sangat banyak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *