Arti dan fungsi Dari kurikulum

Kurikulum dapat diartikan adalah suatu perangkat dalam pendidikan yang akan menjadi jawaban terhadap berbagai kebutuhan dan tantangan di dalam masyarakat yang akan menjadi perangkat dan sekaligus menjadi jawaban, atau Kurikulum juga dapat diartikan sebagai suatu perangkat mata pelajaran yang sering kalian ketahui, maupun program pendidikan yang akan memuat rancangan berbagai jenis pelajaran di sekolah maupun di universitas.

Karena dengan adanya kurikulum jadi proses belajar dan mengajar di sekolah maupun di universitas akan dapat berjalan dengan baik dan teratur seperti yang sudah di harapkan. Karena kurikulum tentu saja wajib di terapkan oleh setiap sekolah yang ada di Indonesia karena sesuai dengan ketentuan dan kebijakan yang sudah berlaku.

Dengan adanya kurikulum ini maka aktivitas dalam hal belajar maupun mengajar yang sudah dilakukan di sekolah akan mampu memenuhi standar pendidikan yang sudah di atur. Dan kurikulum juga harus di gunakan sesuai dengan jenjang pada pendidikan siswa siswi yang akan memulai pembelajaran semestinya.

Dalam kurikulum sudah di susun dan di siapkan atau di kembangkan untuk kepentingan dalam pendidikan, karena terutama untuk mempersiapkan pelajar atau siswa siswi agar mereka dapat hidup di dalam masyarakat di sekitarnya. Yang maksudnya di dalam masyarakat, bisa jadi bukan hanya menerapkan kemampuan atau juga skill saja akan tetapi siswa juga harus dapat menerapkan nilai hidup serta norma yang baik di dalam masyarakat tersebut.

Karena kurikulum juga bukan hanya berisi tentang tujuan dan arah pendidikan saja akan tetapi berisikan pengalaman belajar yang perlu di miliki oleh siswa serta bagaimana cara menerapkan pada pengalaman itu sendiri. Karena mengingat betapa pentingnya kurikulum ini didalam pendidikan maupun dalam kehidupan, maka dari itu dalam menyusun kurikulum harus memahami konsep dasar dari kurikulum itu sendiri agar semua menjadi lebih mudah untuk di pahami dan di jalani.

Dan fungsi dari kurikulum itu sendiri adalah

  1. Untuk Mencapai Tujuan dalam Pendidikan

Karena kurikulum sudah menjadi media di dalam untuk mencapai tujuan dari program pendidikan tersebut, maka dari itu jadi kurikulum sangat penting dalam pendidikan karena sudah berperan penting untuk mencapai tujuan dalam pendidikan yang akan di selenggarakan.

  1. Untuk Perkembangan Para Pelajar ataupun  Siswa

Kurikulum ini sangat penting untuk perkembangan para siswa, karena pendidikan juga dapat menjadi upaya untuk membentuk sebuah karakter seseorang yang mandiri dan juga bermanfaat bagi masyarakat maupun bagi dirinya sendiri karena hal ini kurikulum sangat penting. Maka dari itu jadi disini betapa pentingnya kurikulum yang menjadi standar pendidikan tersebut.

  1. Untuk Para Pendidik ataupun Guru

Kurikulum ini sangat penting bagi para pendidikpada umumnya, karena dengan ada kurikulum pendidik dapat melakukan proses pembelajaran yang sesuai dengan standar yang sudah di tetapkan. Dan juga selain itu bagi pendidik kurikulum juga berperan penting sebagai pedoman kerja dalam menyusun sekaligus menorganisir dalam pengalaman belajar para siswa siswi, dan lalu menjadi pedoman untuk melakukan evaluasi terhadap perkembangan para siswa siswi, dan juga sebagai pedoman untuk mengatur kegiatan pembelajaran agar semua menjadi lanjar dan teratur.

Jika anda sekalian ingin belajar mengenai materi sesuai kurikulum, anda dapat mengunjungi theinsidemag.com untuk lebih lengkapnya. Tersedia materi dari agama, sejarah, Bahasa dan matematika.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *