Berikut Tips Dan cara Membuat Cerita Pendek Yang Menarik

Berbicara tentang cerpen tentu bukan hal yang asing lagi bagi sebagian banyak orang, apa lagi cerpen memang kebanyakan memang sudah masuk ke dalam program atau masuk ke study pembelajaran dalam pendidikan seperti sekolah sekolah dari jenjang SD , SMP ,SMA dalam menulis cerpen ini.

Dan sesuai dengan judul di atas kali ini kita akan membahas tentang berikut tips dan cara membuat cerita pendek yang menarik bagi anda yang berkeinginan untuk membuat cerpen.

Memahami Terlebih Dahulu Isi Dari Cerpen :

Seperti yang kita ketahui bahwa cerpen merupakan cerita pendek yang umum nya berupa fiksi. Cerpen sendiri memang memiliki batas kata mulai dari lima hingga 5000 kata. Dengan simpel nya dan sedikit nya kata yang di terapkan dalam cerpen, tentu nya dapat menjadi tantangan tersendiri.

Karena jumlah kata yang sedikit, maka setiap kata dalam cerpen haruslah berarti dalam membangun dan menghidupkan cerita. Unsur dalam cerpen isi nya berupa tema, alur, penokohan, latar, dan sudut pandang tokoh.

Mencari Inspirasi karya cerpen yang Lain :

Penting untuk membaca karya sastra dari banyak penulis. Ketika membaca freebuddies bisa mengevaluasi, mencermati, dan menganalisa.

Ketika membaca cerpen freebuddies juga akan mempelajari bagaimana struktur dan gaya dari cerpen. Pengamatan terhadap hal tersebut nantinya membantu freebuddies untuk menemukan gaya penulisan yang sesuai dengan freebuddies.

Isi Dengan Kata Yang Penuh Emosi Dan Juga Perasaan :

Cerpen yang menarik adalah cerpen yang memiliki kedalaman emosi dan juga perasaan. Cerpen yang bagus tentu nya dapat membuat pembacanya merasakan emosi dari tokoh dan alur dari cerita.

Berbagai hal yang dapat memancing emosi pembaca yaitu kisah tentang cinta, keadilan, penyelamatan, kebebasan, pengorbanan, dan lain lain.

Membatasi Bahasan Dari Cerita :

Berbeda dengan novel biasa, cerpen tentu memiliki batasan kata. Karena sebab Itu lah, maka pembahasan cerita perlu dibuat singkat dan berfokus pada suatu peristiwa dalam kehidupan tokoh. Buat penokohan dan adegan menjadi singkat dan jelas. Hal utama yang perlu ditampilkan dalam cerita cerpen yaitu ending dan emosi yang mengena kepada pembaca.

Judul dan cerita yang atraktif :

Akan sangat disarankan membuat judul yang dapat memancing rasa ingin tahu dari pembaca. Ciri dari judul yang menarik yaitu mudah diingat, mudah diucapkan, dan memiliki arti yang kuat.Cerita yang menarik selalu diawali dengan tokoh yang menghadapi suatu masalah. Masalah bisa berupa tokoh terancam secara fisik, kisah cinta yang dramatis, atau kejadian penuh misteri.

Masalah yang dialami oleh tokoh dimaksudkan untuk menarik simpati dari pembaca sehingga cerita lebih diresapi.Pada penulisan cerpen tidak terlalu diperlukan penjelasan panjang lebar tentang latar kejadian atau tokoh. Olah latar belakang agar bersatu dengan alur cerita dan kegiatan tokoh.

Fokuskan penggambaran setting lebih dengan menggunakan cerita tentang apa yang dilakukan oleh tokoh.Ending cerita adalah bagian terpenting dalam cerpen. Pembuatan ending haruslah berkesan bagi pembaca terutama secara emosional. Ending harus mampu menjadi alur penutup yang membuat cerita tergambar dengan baik. Bentuk dari ending cerita bisa saja tak terperinci namun memiliki suatu pesan yang tersirat.

Ingin mempelajari lebih banyak tentang cerpen? Teks narasi dsb? Silakan anda berkunjung ke situs http://theinsidemag.com untuk lebih lanjut.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *