Destinasi Tana Toraja yang Wajib Anda kunjungi

Masyarakat Tana Toraja dikenal sebagai masyarakat yang memegang teguh adat dan tradisi serta aturan-aturan nenek moyang. Tidak hanya tradisinya, Toraja juga memiliki destinasi wisata yang tidak kalah terkenal hingga ke mancanegara. Maka dari itu, selain melihat tradisi adat suku Toraja, kunjungi pula destinasi Tana Toraja. Simak ulasan berikut ini sebagai referensi Anda jika ingin berlibur ke Toraja.

Destinasi Tana Toraja yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini beberapa tempat yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Toraja.

  1. Kete Kesu

Kete Kesu merupakan salah satu desa adat yang ada di Toraja. Di desa ini dapat ditemukan deretan rumah adat yang memiliki atap melengkung seperti perahu. Rumah adat ini disebut Tongkonan. Fungsinya yaitu sebagai tempat untuk menyimpan mayat setelah dibalut kain sebelum dimakamkan. Di desa ini juga terdapat tebing tempat mengubur mayat. Tetapi mayat-mayat tersebut tidak benar-benar dikubur karena hanya disimpan di peti yang sudah dianggap seperti kuburan. Di sini dapat ditemukan tengkorak-tengkorak yang sudah berusia ratusan tahun. Selain itu, dapat ditemukan pula sesajen yang diyakini sebagai makanan yang disukai mayat semasa hidupnya.

  1. Ranteallo

Destinasi Tana Toraja lainnya yaitu Ranteallo. Tempat ini sangat unik karena di sinilah tempat kerbau belang yang dipakai untuk upacara kematian dikembangbiakkan. Kerbau ini sangat unik sehingga harganya pun bisa mencapai 1 milyar. Selain itu, babi juga diternak di sini untuk dijual untuk keperluan upacara kematian. Sama seperti Kete Kesu, di sini juga dapat ditemukan Tongkonan berjajar dan berhadapan. Di Tongkonan inilah kerbau dan babi dikembangbiakkan.

 

  1. Londa adalah Paket wisata toraja terbaik

Pernah melihat kuburan di atas tebing? Londa merupakan tempat pemakaman adat Toraja yang terletak di tebing batu Toraja. Di Londa Anda dapat menemukannya. Di sini terdapat banyak gua untuk meletakkan peti mati. Peletakkan peti mati tersebut tidak sembarangan, melainkan berdasarkan garis keturunan. Hal yang unik dari tempat ini ialah udaranya tetap segar meskipun banyak mayat yang tidak dikubur selama ratusan tahun. Anda juga dapat menemukan banyak patung yang dibuat seperti orang yang meninggal dan diletakkan di dekat peti mati. Selain Londa ada juga Lamo yang sama-sama berfungsi sebagai makam.

  1. Ollon

Bosan dengan kuburan-kuburan terbuka, Anda dapat menikmati destinasi Tana Toraja yang dapat menyejukkan mata. Ollon merupakan hamparan padang rumput yang ada di Toraja. Letaknya berada Desa Bau. Tempat ini belum banyak diekspos sehingga jalan untuk menuju ke tempat wisata ini belum diperbaiki. Untuk mencapai tempat ini dapat menggunakan sepeda motor dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

  1. Bori Kalimbuang

Bori kalimbuang merupakan salah satu peninggalan sejarah yang masih utuh hingga saat ini. Tempat ini terletak di Toraja Utara kurang lebih berjarak 5 km dari Kota Rantepao. Di destinasi Tana Toraja satu ini wisatawan dapat melihat batu-batu yang menjulang dan berjajar rapi yang disebut dengan Menhir. Untuk mencapai ke destinasi Tana Toraja ini harus melewati jalan yang terjal sehingga Anda harus berhati-hati jika ingin ke sini.

Beberapa tempat di atas merupakan tempat yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Toraja. Ada banyak sekali destinasi Tana Toraja lainnya yang dapat dikunjungi. Sambil mengunjungi tempat wisata di sini Anda juga dapat menyaksikan tradisi-tradisi adat yang rutin dilakukan masyarakat. selain memanjakan mata, Anda juga mendapat pengetahuan baru mengenai tradisi adat suku Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *