Freelancer Juga Butuh Asuransi, Mengapa & Apa Pentingnya?

Sebagai seorang karyawan atau pekerja tentu Anda tidak asing dengan kata Asuransi. Ya benar, asuransi merupakan perjanjian antara kedua belah pihak dimana pihak kesatu merupakan seseorang yang membayar dan pihak yang kedua adalah seseorang yang harus bertanggungjawab dan berkewajiban memenuhi jaminan kepada pihak pertama. Sehingga, sangat penting seorang pegawai atau karyawan memiliki Asuransi kesehatan tersebut.

Hampir semua perusahaan-perusahaan memberikan asuransi ketenagakerjaan kepada para karyawannya sebagai benefit yang memang ditawarkan pada karyawan. Namun bagi para freelancer kebanyakan mengabaikan asuransi ketenagakerjaan tersebut. Padahal walaupun mereka bekerja sebagai Freelancer, mereka juga harus memiliki jaminan ketenagakerjaan.

Apa pentingnya asuransi bagi seorang freelancer?

1. Sebagai proteksi diri kesehatan freelancer

Sebagai seorang pekerja, pasti menguras banyak tenaga setiap harinya. Walaupun seorang freelancer, bukan berarti pekerjaan Anda lebih sedikit dan santai. Seorang freelancer juga mempunyai tanggungjawab penuh terhadap pekerjaannya.

Baik Anda bekerja di rumah ataupun dikantor, ada saatnya Anda pasti merasa lelah. Sehingga daya tahan tubuh Anda bisa jadi sering menurun. Memang benar, penyakit bisa datang kepada siapa saja dan kapan saja. Namun alangkah baiknya kita mempersiapkan proteksi diri dari sekarang. Pepatah pun mengatakan agar kita selalu “sedia payung sebelum hujan”.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda akan mendapatkan jaminan jika sewaktu-waktu Anda jatuh sakit. Terutama pada saat Anda sedang mengalami krisis keuangan. Dengan asuransi, Anda tidak perlu khawatir lagi biaya yang dibutuhkan untuk Anda berobat nanti. Semua akan ditanggung oleh pihak asuransi.

2. Jaminan ketenagakerjaan

Walaupun Anda berprofesi sebagai freelancer, yang mungkin bekerjanya tidak full harian atau mungkin bekerjanya di rumah, namun saat Anda bekerja pasti banyak risiko kerja yang harus diambil, termasuk risiko terjadinya kecelakaan kerja. Tentu semua orang tidak menginginkan terjadinya kecelakaan kerja, namun siapa yang tahu nasib seseorang. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi dengan memproteksi diri.

Asuransi ketenagakerjaan bermanfaat saat Anda sewaktu-waktu mengalami kecelakaan kerja. Pihak asuransi akan memberikan fasilitas perawatan dan pengobatan untuk Anda. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan jaminan kematian dan jaminan hari tua.

Namun, sekalipun Anda sudah mengikuti asuransi tersebut, jangan sampai membuat Anda mengurangi kewaspadaan saat bekerja. Anda harus tetap waspada dan hati-hati saat bekerja.

3. Sebagai jaminan jika terjadi kecelakaan lalu lintas

Tidak jarang freelancer bekerja di suatu tempat yang mengharuskan berpindah-pindah tempat. Dengan hal tersebut, tentu Anda akan menggunakan kendaraan baik pribadi maupun kendaraan umum untuk menuju lokasi Anda bekerja. Termasuk jika freelance yang Anda kerjakan adalah sebagai driver online, ojek, kurir, dan sejenisnya. Asuransi kecelakaan ini tentu sangat penting untuk Anda, karena hampir setiap saat Anda berada di jalan raya.

Asuransi kecelakaan ini wajib dimiliki oleh freelancer sebagai proteksi. Kecelakaan di jalan dapat terjadi tanpa diduga-duga, baik kecelakaan ringan maupun besar. Ketika terjadi kecelakaan, pasti akan menghabiskan banyak biaya perawatan. Jika Anda memiliki asuransi jiwa, maka biaya-biaya tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi.

4. Asuransi kendaraan penting untuk freelancer dengan pekerjaan berpindah-pindah tempat

Sebagai freelancer yang memiliki job berpindah-pindah tempat, pasti akan lebih sering di perjalanan. Siapa yang bisa menjamin selama perjalanan Anda akan baik-baik saja? Tentu semua tidak ada yang tahu.

Bisa jadi mobil Anda menyerempet atau diserempet oleh kendaraan, sehingga mobil Anda tergores dan lecet. Jika hampir setiap saat Anda harus mengendarai mobil untuk pergi ke tempat kerja, tentu Anda wajib memiliki asuransi kendaraan untuk kecelakaan dan kerusakan.

Seperti yang Anda tahu, biaya perawatan dan perbaikan mobil itu sangat mahal. Dengan asuransi tersebut, Anda tidak akan mengeluarkan biaya banyak jika mobil Anda mengalami kerusakan dan harus diperbaiki

Setelah Anda tahu alasan penting freelancer untuk ikut program asuransi, apakah Anda masih ragu untuk memiliki asuransi? Anda tidak perlu berpikir panjang lagi. Sebaiknya segera mendaftarkan diri mengikuti program asuransi. Anda bandingkan asuransi di Lifepal. Sebab, ada banyak produk asuransi kesehatan, asuransi ketenagakerjaan, asuransi kendaraan, hingga asuransi jiwa yang tersedia. Anda bisa memilihnya dengan mudah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *