Fungsi Rayap Memakan Kulitnya

Ada beberapa fungsi rayap memakan kulitnya, fungsi ini salah satunya sebagai cara bertahan hidup dan untuk memudahkan mencerna makanannya. Pada kulit rayap terdapat usus yang ikut keluar juga. Usus tersebut mengandung flagelata yang merupakan makhluk hidup bersel satu. Ini merupakan salah satu simbiosis mutualisme dimana rayap dapat mendapat asupan enzim yang dikeluarkan oleh flagelata untuk mencerna makanannya berupa kayu dan flagelata mendapat tempat hidup dan makanan dari dalam perut rayap. Namun saat rayap kecil, rayap tidak memakan kulitnya sendiri tetapi menjilati dubur induknya. Ini juga berfungsi sama untuk mendapatkan flagelata.

Kandungan Dalam Kulit Rayap

Di dalam perut rayap dewasa terdapat flagelata atau makhluk bersel satu yang menghasilkan enzim. Enzim ini yang digunakan rayap untuk mencerna makanannya berupa kayu. Lantas mengapa rayap memakan kulitnya? Rayap kecil biasanya menjilati dubur induknya atau dubur rayap dewasa. Hal ini dilakukan agar rayap kecil mendapatkan flagelata untuk nanti membekali sewaktu dewasa. Fungsi rayap memakan kulitnya tersebut karena rayap dewasa tidak menjilati dubur induknya, melainkan memakan kulitnya lagi. Kulit tersebut yang mengelupas bersama usus bagian belakang yang mengandung flagellata. Makhluk bersel satu ini sangat dibutuhkan oleh rayap, maka dari itu rayap membutuhkannya lagi. Setiap periode tertentu, rayap rutin mengganti kulitnya. Hal ini yang dilakukan rayap terus menerus memakan kulitnya.

Perilaku Rayap Memakan Kulitnya

Pada koloni rayap sudah biasa melihat fenomena aneh ini. Hal ini sudah biasa karena memang rayap sangat membutuhkan flagelata sebagai pembantu dalam mencerna makanannya. Flagelata ini yang terus tumbuh dan berkembang biak di dalam perut rayap. Dengan begitu flagelata dalam perut tersebut dapat terus menghasilkan enzim yang dapat mencerna kayu sekeras apapun. Kulit rayap ini terbentuk sebagai bagian dari siklus pembentukan sel kulit baru, ketika dikeluarkan maka usus bagian belakang akan keluar juga, usus ini yang dijadikan sebagai tempat flagelata tumbuh. Rayap memakan kulitnya juga terkadang memakan kulit rayap lain yang tidak termakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *