Jika Kalian Adalah Seorang Calon Sarjana Perlu Perhatikan Hal Ini Sebelum Menulis Skripsi Untuk Wisauda

Bagi sebagian orang khususnya calon sarjana yang sedang memasuki semester akhir, skripsi menjadi hal yang horor tersendiri yang tak bisa dielakkan. Banyak sekali anggapan dari mereka bahwa pada saat penulisan skripsi. Hal horor seperti rumit serta dosen pembimbing dan penguji yang killer menjadi faktor utama kenapa skripsi mereka tak kunjung selesai menjadi bayangan yang sangat menghantui.

Sebenarnya kalau kalian pelajari sungguh sungguh dalam sebuah penelitian pada saat skripsi juga tidak akan sulit untuk menjelaskannya. Namun tenang sajadan tak perlu risau untuk kalin yang akan menjalani skripsi. Saling sharing info serta memberikan beberapa hal yang dapat kalian lakukan supaya skripsi kalian selesai tepat waktu. Dibawah ini beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum mulai menulis sebuah skrispsi:

  • Mencari Masalah Atau Fenomena Yang Ingin Kalian Teliti

Hal utama yang wajib dilakukan para pejuang skripsi sebelum memulai dalam menulis skripsi adalah mencari dan menemukan masalah yang menarik. Selain itu penting untuk diteliti. Skripsi yang unik dengan masalah yang dirasa penting untuk diteliti akan menjadi tolak ukur oleh para dosen pembimbing untuk menerima skripsi kalian.

Walau seperti itu kalian juga perlu paham dan menguasai masalah yang di teliti. Perlu kalian ketahui juga bahwa hal pertama yang akan ditanyakan oleh dosen pembimbing atau penguji adalah alasan kalian kenapa memilih masalah ini untuk diteliti. Sebab dengan seperti itu dosen akan tahu lebih dalam lagi akan skripsi yang akan kalian sampaikan.

  • Menentukan Judul Yang Tepat Untuk Skripsi

Langkah berikutnya setelah menemukan masalah yang dianggap sangat perlu sekali untuk diteliti adalah menentukan judul yang sangat benar sekali. Ingatlah selalu bahwa sepenting apapun masalahnya, namun kalau judul skripsi kalian kurang menarik dan juga terkesan terlalu biasa sekali, maka hal tersebut juga yang akan sangat perlu sekali untuk diperbaiki kembali.

Judul yang baik adalah judul yang mengatakan kekhususan atau kespesifikasian dari masalah yang akan kalian teliti. Seandainya judulnya masih dirasa umum, maka akan sulit bagi kalian untuk fokus kepada masalah yang akan diteliti. Oleh sebab itu, tentukan judul yang spesifik dan menarik namun selalu mengacu kepada teori yang ada.

  • Mengumpulkan Banyak Referensi Dari Berbagai Sumber

Referensi dalam skripsi merupakan satu hal yang penting sekali sebagai bentuk penghargaan kepada tokoh yang kalian kutip tulisannya serta juga berfungsi untuk menguji kevalidan dan juga tolak ukur penelitian kita. Pada dasarnya setiap kampus mempunyai kebijakan yang berbeda-beda seputar kebolehan dalam menggunakan referensi.

Namun pada umumnya tak jarang kampus yang hanya memperbolehkan sumber referensi sekitar 10 tahun kebelakang dari tahun penulisan skripsi. Oleh sebab itu, memperbanyak referensi yang sesuai dengan topik masalah yang akan dibahas akan menambah pemahaman serta menjadi pijakan kalian dalam menulis skripsi.

  • Membuat Kerangka Penelitian Observasi

Hal terakhir setelah menentukan judul adalah membuat kerangka penelitian. Merancang kerangka penelitian sebelum mengerjakan penelitian adalah satu hal yang sangat penting sekali,  Sebab hal yang satu ini sabagai upaya yang juga untuk penelitian kalian akan lebih terarah pada saat dilapangan untuk melakukan project.

Adapun yang bisa kalian lakukan dalam membuat outlline penelitian adalah seperti menentukan judul lalu embuat latar belakang penelitian kemudian mencari teori-teori yang berhubungan dengan penlitian kalian dalam referensi yang telah dikumpulan dan juga tidak lupa untuk mempelajari sistematika penulisan skripsi yang yang diterapkan oleh kampusmu.

universitas swasta terbaik

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *