Manfaat Pembayaran Sesuai Rate Pajak untuk Negara dan Masyarakat

Pembangunan nasional adalah pembangunan yang berlangsung dengan cara terus menerus serta berkesinambungan, tujuan pembangunan ini untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, entah secara materil atau pun spiritual. Agar bisa merealisasikan tujuan tersebut, negara harus menggali sumber daya di dalam negeri seperti pajak. Pajak merupakan kontribusi wajib rakyat untuk negara entah dari orang pribadi atau badan usaha yang memiliki sifat memaksa berdasarkan pada undang-undang dan tidak memperoleh imbalan secara langsung. Pembayaran pajak harus sesuai dengan rate pajak yang sudah ditetapkan.

Sesuai undang-undang, pajak bukan hanya menjadi kewajiban, tapi pembayaran ini menjadi setiap hak warga negara untuk ikut berperan di dalam pembangunan nasional dan pembiayaan negara. Seperti perekonomian di dalam keluarga atau rumah tangga. Perekonomian negara juga mengenal sumber penerimaan dan pos pengeluaran. Pajak adalah sumber utama penerimaan negara yang menyumbang hingga 70% dari seluruh penerimaan negara. Tanpa pajak, kegiatan negara akan begitu sulit dilakukan. Penggulingan pajak dimulai dari belanja pegawai hingga pembiayaan berbagai macam proyek pembangunan. Pembangunan secara umum seperti jembatan, jalan, sekolah, hingga rumah sakit dibiayai dari pajak. Oleh sebab itu pajak menjadi ujung tombak pembangunan negara, jadi sudah sepantasnya kita taat melakukan pembayaran pajak.

Sistem perpajakan yang berada di Indonesia telah menganut Self Assessment, yakni pajak yang telah diberikan kewenangannya untuk menghitung sendiri, melaporkan dan membayar sendiri. Asas pemungutan rate pajak yang berada di Indonesia telah berlandaskan keadilan, yakni pemungutan pajak dilakukan negara sesuai dengan penghasilan dan kemampuan dari wajib pajak, negara juga tidak boleh bertindak diskriminatif pada wajib pajak. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pajak entah dari segi pemungutan hingga manfaat, harus diadakan edukasi tentang pentingnya pajak dan melakukan sosialisasi dengan terus menerus, entah di media cetak atau pun elektronik.

Masyarakat harus mengetahui jika pajak yang dibayarkan secara langsung masuk di kas negara serta digunakan untuk kepentingan umum, pembangunan hingga biaya penyelenggaraan negara. Selain itu masyarakat juga harus diberi kewenangan untuk mengawasi pajak yang sudah dibayarkan, apakah sudah disalurkan dengan benar atau belum. Bila terjadi penyimpangan, harus dilaporkan pada pihak berwenang. Taat pajak akan memperoleh manfaat seperti pengembangan alat transportasi masa, kelestarian lingkungan hidup, subsidi bahan bakar minyak dan pangan, pertahanan serta keamanan, hingga lengkapnya fasilitas umum dan infrastruktur.

Pajak memiliki beberapa fungsi, seperti:

  1. Fungsi anggaran, yakni dijadikan untuk memasukkan dana secara optimal di kasa negara berdasarkan pada undang-undang pajak yang berlaku sehingga pajak digunakan untuk membiayai seluruh pengeluaran yang berkaitan dengan proses pemerintahan,
  2. Fungsi mengatur. Pajak digunakan untuk alat mencapai tujuan tertentu serta pelengkap fungsi anggaran,
  3. Fungsi stabilitas. Pajak membuat pemerintah mempunyai dana menjalankan kebijakan yang berhubungan dengan stabilitas harga, bahkan inflasi juga dapat dikendalikan,
  4. Retribusi pendapatan. Pajak dipergunakan untuk membiayai seluruh kepentingan umum, seperti membiayai pembangunan sehingga bisa membuka kesempatan kerja dan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.

Demikian ulasan mengenai pajak. Setiap proyek pembangunan yang dilakukan pemerintah selalu terdapat pemberitahuan jika proyek tersebut dibiayai oleh pajak yang sudah dikumpulkan dari masyarakat sehingga masyarakat harus ikut menjaga fasilitas yang sudah dibangun pemerintah untuk kepentingan bersama, jadi sudah selayaknya setiap individu mengerti dan memahami seberapa pentingnya melakukan pembayaran pajak sesuai dengan rate pajak yang berlaku. Pajak memberi peran penting dalam kehidupan sehari-hari, semoga Anda berada dalam golongan orang yang taat pajak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *