Memulai Bisnis Makanan Dengan Memilih Supplier Bahan Baku Yang Berkualitas

Salah satu jenis bisnis yang paling populer bahkan paling dibutuhkan hingga saat ini ialah bisnis kuliner. Sebagai seorang pebisnis, alternatif bisnis kuliner tentu hal yang sangat menarik. Pemilihan supplier bahan baku untuk bisnis kuliner pun menjadi pertimbangan penting.

Tidak heran, beberapa tahun belakangan ini bisnis makanan terus berkembang dan bertebaran di mana-mana. Usaha kuliner bahkan sudah dimulai dari pedagang kecil seperti pedagang kaki lima hingga pedagang modern yang memiliki kafe dan restoran. Anda pun bisa mencoba untuk memulai usaha kuliner ini. Langkah awalnya tidak lain dengan cara memilih supplier bahan baku atau supplier sembako yang berkualitas.

Kenapa harus memilih supplier bahan baku atau supplier sembako yang berkualitas?

Dalam dunia usaha kuliner agar proses produksi bisa berjalan dengan cepat, pebisnis harus menjalin kerja sama dengan para supplier atau pemasok sembako untuk mendapatkan bahan baku makanan dalam usaha kuliner. Keberadaan pemasok ini secara tidak langsung akan mempengaruhi usaha Anda dalam hal kualitas produk yang dihasilkan dan ketersedian produk. Oleh sebab itu, dibutuhkan supplier bahan baku makanan yang berkualitas, jujur dan lancar dalam memasok bahan baku.

Dalam memilih supplier bahan baku untuk bisnis makanan, ada beberapa langkah yang bisa Anda pilih. Langkah pertama, Anda bisa memilih pemasok barang dengan harga bahan yang lebih murah namun memiliki kualitas produk yang rendah dan lokasinya dekat. Atau langkah kedua yakni memilih supplier dengan kualitas produk yang unggul untuk menghasilkan makanan dan minuman yang enak serta aman dikonsumsi, namun harga bahan baku supplier ini lebih mahal.

Bila Anda masih mencari supplier makanan untuk memulai usaha kuliner, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Kualitas supplier bahan baku dan kualitas sembako yang dijual

Bila ingin usaha kuliner Anda maju dan berkembang, maka Anda wajib memilih pemasok bahan baku yang memiliki kualitas dari segi layanan dan tentu saja produk. Pasalnya bila kualitas layanan dan produk buruk, maka akan mempengaruhi proses produksi dan tentu saja menghambat usaha kuliner. Lebih baik Anda mengeluarkan biaya yang sedikit lebih mahal namun mendapatkan kualitas yang terjamin.

Sehingga bisa disimpulkan harga bukan segalanya. Jangan hanya karena faktor harga, kualitas yang didapatkan lebih buruk dari yang diharapkan.

  • Jumlah dan pasokan bahan baku atau pasokan sembako

Setelah mendapatkan supplier sembako untuk beras, gula, telur, tepung, minyak goreng, dan banyak pilihan sembako lainnya yang berkualitas, Anda juga harus memastikan bahwa supplier mampu memasok jumlah bahan baku yang diinginkan.

Jangan sampai ketika bisnis sudah berjalan, supplier kehabisan bahan baku dan membuat proses produksi usaha Anda terganggu. Untuk itu perlu ditekankan bahwa memulai usaha kuliner harus mendapatkan supplier yang mampu menjamin ketepatan waktu dan mengirimkan jumlah barang yang sesuai dengan pemesanan.

  • Harga bahan baku atau sembako

Sebagai pebisnis, wajar jika Anda sering mencari bahan baku dengan harga yang murah. Namun, jangan terpaku hanya pada hal itu saja. Lebih baik mencari supplier yang memberikan harga standar namun memberikan layanan dan produk berkualitas.

Anda juga harus memilih supplier dengan sistem pembayaran yang jelas. Jangan sampai sudah mengirim uang, bahan baku tidak sampai ke tempat. Anda bisa memilih menggunakan sistem pembayaran kredit, tunai hingga meminta potongan harga bila bahan baku atau sembako yang dipesan cukup banyak.

  • Kualitas pelayanan dan tanggung jawab layanan untuk setiap pembelian sembako

Selalu tanyakan dan bandingkan kualitas pelayanan yang diberikan antara satu distributor dengan distributor lainnya. Perhatikan juga apakah distributor tersebut melayani dengan sepenuh hati atau tidak. Misalnya saja selalu memberikan jawaban yang ramah serta jelas, mau bertanggung jawab jika terjadi kerusakan saat barang tiba, dan selalu memberikan alternatif solusi jika produk yang dikirim tidak dapat disediakan.

Tentunya dengan memiliki kerjasama yang baik, bisnis yang dijalankan oleh distributor sembako dengan pemilik bisnis kuliner dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan terus-menerus.

sumber: eco racing

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *