Mengenal Lebih Detail Dari Sejarah Perkembangan Teknologi Walkman

Berbicara mengenai musik tentu tak akan jauh dari perangkat yang dipakai. Dimulai dari sebuah radio dan alat elektronik yang telah ada bahkan sejak era kemerdekaan. Kebiasan meminta atau request lagu kepada penyiar radio adalah kegiatan yang sangat menyenangkan waktu itu.

Bahkan tak sedikit para penyiar radio yang terkenal karena kepiawaiannya untuk bertutur sapa dengan pendengar dan insting saat memainkan musik-musik enak didengar. Beralih dari radio, muncul kaset serta tape recorder.

Kita bisa dengan gampang membawanya untuk mendengarkan lagu-lagu dari satu penyanyi kesukaan. Sampailah kita pada walkman yang sangat populer di jamannya.

Memang, dalam perkembangannya tak bisa kita pungkiri bahwa walkman ini sangat digemari oleh remaja pada waktu itu. Mereka tak akan bisa luput dari benda kecil, unik dan menyenangkan ini. Tepatnya di akhir tahun 1970an, Sony umumnya untuk leader di industri audio membuat sebuah gebrakan yang merilis produk dengan label walkman. Sampai pada perkembangannya, benda ini sangat diincar.

Meski diakui sudah menyita perhatian banyak orang, walkman pada akhirnya harus jatuh. Tak lain karena perkembangan teknologi yang tak dapat dihindari. Jadi, kalau kamu adalah penggemar walkman waktu itu tentu tahu bagaimana rasa bahagia saat tau lagu dari benda itu, bukan? Walkman sendiri memang pertama kali ada  sebagai pemutar pita kase yang dikatakan on the go. Kemanapun kita bepergian, membawa walkman adalah hiburan menyenangkan.

Sangat disayangkan setelah era kaset sudah tergantikan dengan CD tentu walkman juga berubah bentuk. Brand ini tetap sangat jaya di jamannya sebagai produk pemutar mp3.

Hingga  pada awal tahun 2010, Walkman dengan generasi pertama masih dibuat meskipun jumlahnya memang tak sebanyak dulu. Barulah setelah banyak perhatian, Sony memutuskan bahwa kaset memang sudah tak bisa dipakai  lagi untuk bersaing di dunia bisnis https://qqslot.com.

Tahun 2010 pada di bulan April, Sony memang menstop produksi Walkman dan menunggu sampai stok yang ada di pasaran benar-benar laku terjual. Sampai saat ini tentu ceirta tentang Walkman telah menjadi sejarah.

Tapi perlu diketahui, sepanjang usianya pemutar kaset yaitu Walkman ini memang sudah berhasil terjual sekitar 220 juta uni di semua belahan dunia. Kalau sekarang kita bisa melihat bagaimana keakraban seseorang memakai iPod. Itu pun karena jasa Walkman yang sudah menjadi kakak lebih dari tiga dekade.

Pada waktu itu, model pertama yang diperkenalkan sebagai bentuk Walkman adalah TPS-L2 yang mana terbuat dari meta cased serta punya fitur playback. Ada dual jack 3.55 mm dan perlu beberapa baterai AA agar bisa memakainya.

Sony sendiri juga sudah mengeluarkan headphone untuk membuat kita dapat mendengarkan musik lebih merdu akan kualitasnya. Mereka juga merilis produknya dengan beberapa fitur yang ditambahkan seperti volume control dan recorder. Disinilah kita bisa menyaksikan bagaimana gadge tyang satu ini memang dipakai oleh banyak kalangan terutama musisi. Mereka merupakan salah satu pihak yang sehari-hari sangat dekat dengan musik.

Seperti misalnya seri Sports WM-B52. Nah kalau kamu ingin walkman dengan warna yang sangat mencolok, maka seri ini benar-benar mewakili. Sebab, mereka yang kelahiran anak 90an pasti tak akan asing dengan walkman Sports WM-B52 ini. Warnanya kuning dengan ada tulisan sports di bagian tengah dengan tulisan lumayan besar berwarna merah.

Sebenarnya masih terdapat beberapa seri lagi yang begitu bersejarah. Tetapi karena perkembangan yang luar biasa, walkman di tahun 2005 dirilis dengan bentuk tabung dan semacam flashdisk kalau kamu mau memikirkannya. Desainnya terinspirasi dari botol parfum meski waktu itu sudah kalah saing dari produk iPod.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *