Mengetahui Beberapa Gaya Hidup Bertata Krama Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Infia – Tata krama merupakan sikap dan kata-kata yang sering di gunakan di antara masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari hari. Merupakan hal yang terpenting, terutama karena Indonesia memiliki budaya yang kental dan peraturan tidak tertulis yang sangat baik.

Tata krama sendiri terdiri dari dua kata, dimana Tata yang dapat diartikan adat, norma sedangkan untuk Krama yang dapat berarti sopan santun atau aturan dari sebuah tindakan. Jadi arti dari kedua kata tersebut jika digabungkan yaitu norma atau sebuah kebiasaan yang mengatur sikap sopan sera santun dan disepakati oleh lingkungan sekitar. Sistem pengaturan dalam pergaulan yang wajib dimiliki oleh setiap orang adalah sikap saling menghormati dan dikenal dengan sebutan sopan santun.

Berikut ini adalah beberapa gaya hidup yang sudah dilakukan dalam bertata krama pada kehidupan sehari-hari.

  • Dalam Hal Berbicara

Banyak yang mengatakan bahwa seseorang akan dinilai berpendidikan atau tidaknya dari bagaimana cara ia berbicara. Bukan berarti dengan tipe orang yang suka basa-basi menjadi orang yang tidak berpendidikan, tetapi mereka yang mengerti bagaimana untuk berbiaca dengan baik akan otomatis mengetahui kondisi seperti apa yang sedang ia hadapai saat itu. Memang sulit, tetapi apabila Anda memiliki kebiasaan buruk, sebaiknya cepat Anda ubah.

  • Dalam Hal Makan

Makan juga harus memiliki aturan, dimana kalian pasti pernah menemukan seseorang yang mungkin makan dengan bersendawa, sembarangan, kentut atau sebagainya yang membuat orang lain tidak nyaman atau bahkan merasa tidak nafsu makan. Ada aturan tak lain karena ingin membuat semua orang yang makan bersama merasa nyaman, bukan karena terlihat cantik atau anggun. Aturan makan setiap budaya memang berbeda, ada yang harus bersuara ada pula yang tidak boleh bersuara ketika makan.

  • Dalam Hal Bertamu

Pada saat bermain atau bertamu ke rumah orang lain, pastinya kalian harus mengutamakan kesopanan. Kalian juga harus menunjukkan rasa terima kasih sebagai tamu karena telah disambut dan diperlakukan dengan baik. Tamu memang raja, tetapi kalian juga harus sadar bahwa tamu memang merepotkan.

  • Dalam Hal Berpenampilan

Tata krama dalam segi penampilan yaitu penampilan yang sesuai dengan kebutuhan dan acara. Misalnya kalian tidak mungkin memakai gaun di acar formal kenegaraan atau sejenisnya. Sopan santun ini menunjukkan kesiapan dan kesesuaian kalian untuk berpenampilan dalam sebuah acara, bukan berarti harus selalu tertutup secara keseluruhan. Aturan dalam penampilan ini berarti menjaga penampilan kalian supaya tetap bagus untuk dipandang tetapi tidak terlalu terbuka.

  • Dalam Hal Pergaulan

Bergaul merupakan salah satu cara manusia untuk dapat dekat dan bersosialisasi dengan teman dan sekitarnya. Kabarnya, dengan seringnya kalian bergaul seringkali muncul masalah, karena tidak menghargai atau karena sulit untuk dihargai. Adanya tata krama dalam pergaulan akan membantu kalian untuk menghilangkan sifat egois dalam diri seseorang pada saat bergaul.

  • Dalam Hal Bekerja

Pada saat kalian bekerja, maka kalian akan bertemu dengan berbagai macam sifat dan karakter orang. Dengan bermacam-macam sifat inilah yang nantinya akan berguna bagi kalian untuk menambah pengalaman dan koneksi baru dalam dunia pekerjaan. Namun perlu diketahui, seperti apapun sifatnya sudah tentu kalian harus bisa untuk tetap bersikap baik dan selalu menerapkan tata krama atau sopan santun dalam setiap bidang pekerjaan.

Itulah beberapa macam tata krama yang ada di Indonesia dan wajib untuk diterapkan dalam diri setiap orang. Karena dengan adanya aturan atau norma, maka setiap orang akan saling menghargai dan menghormati dengan baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *