Motif Ornamen Masjid Al-Irsyad Parahyangan Bandung

Masjid Al-Irsyad yang terletak di Parahyangan Bandung merupakan salah satu landmark yang memilki bentuk unik yang dapat menarik perhatian para wisatawan maupun masyarakat setempat. Masjid ini memiliki motif ornamen masjid yang menggunakan konsep ramah lingkungan. Tidak ada kutbah besar pada atap masjid ini. Bangunan masjid hanya berbentuk kubus sederhana yang dilengkapi dengan motif yang berkesan modern minimalis. Beberapa pujian datang untuk ide dari arsitektur masjid tersebut. Ridwan Kamil yang merupakan walikota Bandung merupakan pencetus ide dari konsep arsitektur tersebut. Meski sederhana, masjid tersebut memiliki nilai estetika tersendiri dan member kesan mewah tanpa mengesampingkan nilai-nilai kesederhanaan yang menjadi prinsip dasar bagi umat Muslim.

Penggunaan ide masjid tanpa kubah dikarenakan deadline pembangunan masjid yang tidak lama dan lahan yang terbatas. Pembuatan kubah besar memerlukan waktu yang lama dan pengerjaan yang menuntut ketelitian. Untuk mengatasi hal tersebut dibuatlah rancangan masjid sederhana yang hanya berbentuk kubus biasa. Untuk member nilai estetika pada masjid tersebut, dibuatlah motif ornamen masjid sederhana yang terdiri dari beberapa kotak kecil yang membentuk suatu pola tertentu. Pada bagian mintu masuk dibuat beberapa layer yang member kesan mewah dan elegan denagn bentuk yang sederhana. Halaman pada masjid dibuat seluas mungkin agar masjid dapat digunakan pula sebagai tempat Sholat Ied dan dapat meampung para wisatawan yang membawa mobil dan ingin mampir untuk melaksanakan ibadah wajib.

Pembagunan masjid terus berkembang dari masa ke masa dengan konsep-konsep unik uang menjadi ciri khas masing-masing masjid. Konsep yang beragam tersebut bertujuan untuk menambah minat masyarakat untuk datang kemasjid dan beribadah disana. Pemilihan motif ornamen masjid yang digunakan tetap mempertahankan konsep islamik yakni seperti ukiran kaligrafi dan Lafaz-Lafaz bernuansa Islami. Tidak hanya Masjid A-Irsyad Bandung, masjid-masjid lainnya juga mulai mengikuti konsep modern dan menerapkannya sebagai bentuk perkembangan zaman tanpa mengabaikan nilai-nilai kesederhanaan yang menjadi ciri khas dan konsep dasar umat Muslim. Selanjutnya tugas kita sebagai masyarakat adalah menjaga keindahan dan menghormati masjid sebagai tempat beribadah.

Jual karpet masjid online

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *