Objek Wisata Menakjubkan Di Sekitar Taman Nasional Wakatobi

Salah satu dari 50 Taman Nasional di Indonesia adalah Taman Nasional Wakatobi. Taman Nasional Wakatobi berada di Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara. Pantai Wakatobi ini memiliki luas mencapai 1,39jt ha dengan keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang menempati posisi prioritas tertinggi konservasi laut di Indonesia. Di taman ini kedalaman air sangat bervariasi, yang paling dalam adalah 1km di bawah permukaan laut. Taman Nasional Wakatobi sekarang sedang menjadi pusat Penelitian Bawah Laut Dunia.

Taman ini memiliki empat pulau besar seperti Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Ini terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Ditempat ini anda dapat melihat gugusan terumbu karang yang memiliki ratusan jenis dari puluhan famili yang berada di sepanjang garis pantai. Ditempat ini ada beberapa gua bawah laut.  Disini juga terdapat banyak spesies ikan yang berwarna-warni. Seperti raja udang erasia, dan penyu yang biasa bertelur di pantai. Ada juga beberapa jenis burung laut seperti angsa-batu, coklat dan cerek melayu yang biasa berada di karang.

Untuk menuju Taman Nasional Wakatobi anda dapat melewati Bau-Bau, Lasalimu dengan menggunakan mobil, kurang lebih 2 jam. Kemudian menuju pulau Wangi-Wangi yang berada di Wanci. Untuk menuju  ke sini, anda harus menggunakan kapal laut dan perjalanan sekitar 1 jam. Pulau ini adalah sebagai pintu gerbang Taman Nasional Wakatobi. Setelah dari pulau Wangi-Wangi, anda menuju Pulau Kaledupa dengan kapal pinisi. Untuk menuju ke Pulau Hoga, anda membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari Pulau Kaledupa. Sedangkan untuk ke pulau Tomia, mencapai 3 jam perjalanan.

  1. Pulau Wangi-wangi

Disini disediakan fasilitas menyelam. Pulau ini adalah gerbang Taman Nasional Wakatobi. Pulau ini dikenal menjadi daerah pemasok barang bekas impor dengan harga miring. Disini juga ada masjid Liya, masjid tertua setelah Masjid Keraton Buton di pulau Buton, masjid ini berada dekat dengan Banteng Liyo Togo. Disini juga ada makam talo-talo atau dalam bahasa setempat berarti jagoan

  1. Pulau Kaledupa

Di pulau ini terdapat karang Kaledupa, yaitu table voral dengan ukuran 2-3 meter.

  1. Pulau Hoga

Ini adalah salah satu tempat favorit para penyelam profesional  dalam dan luar neegri. Biasanya pada bulan Juni hingga Agustus tempat ini didatangi banyak pengunjung, seperti Mahasiswa Eropa dan Amerika yang sedang melakukan penelitian biota laut. Pantai Hoga ini sangat indah, dengan pasir putih dan bersih. Anda dapat melihat pemandangan air laut yang jernih dan ikan warna-warni yang biasa bermain di celah terumbu karang.

  1. Pulau Tomia

Ditempat ini terdapat beberapa sisa meriam kuno yang masih terpasang, Jomba Katepi sebuah sumur berlubang kecil sedalam 100m.

  1. Pulau Biningko

Ini adalah tempat masyarakat pandai besi biasanya tinggal. Ditempat ini juga ada beberapa ikan lumba-lumba yang sering melintasi motor laut.

Itulah beberapa informasi tentang Taman Nasional Wakatobi, semoga bisa menjadi referensi tempat berlibur bagi anda yang akan berkunjung ke Wakatobi.

Sumber: paket Tour Raja Ampat

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *