Pengertian flora dan jenis – jenis flora Beserta Fungsinya

 

Flora memiliki arti nama dewi bunga. Flora dalam bidang biologi sering digunakan untuk menyebut suatu pengelompokan tumbuhan atau tumbuh-tumbuhan yang berada disuatu area atau wilayah

Flora tidak diartikan hanya sebagai bunga saja. Namun flora juga berarti kepada berbagai tumbuhan yang ada di bumi termasuk lumut dan jamur. Faktor lingkungan sangat memengaruhi persebaran atau distribusi flora di dunia. Hal ini yang menyebab kanmakhluk hidup hanya dapat tumbuh di lingkungan yang sesuai.

Jenis  flora yang tumbuh di daratan

Berikut adalah beberapa jenis flora yang tumbuh di darat:

  1. Flora Hutan

Flora hutan di bagi menjadi tiga jenis yang berbeda, yaitu hutan hujan tropis, hutan musim, dan hutan taiga atau hutan konifer. Hutan hujan tropis terletak di wilayah katulistiwa dengan iklim tropis.

Hutan kedua adalah hutan musim, hutan musim atau yang sering di sebut juga hutan gugur ini akan menggugurkan daunnya pada saat musim kemarau untuk mengurangi penguapan.

Hutan ketiga adalah hutan taiga, hutan ini memiliki karakteristik yang unik dengan iklim dan suhu yang ekstrim. Keadaan lingkungan seperti ini  telah menyebabkan tanah di hutan taiga bersifat asam dan hanyamembuat beberapa jenis tumbuhan tertentu saja yang dapat tumbuh.

  1. Flora Sabana

Flora sabana merupakan bioma yang terdiri dari padang rumput dan semak perdu dengan diselingi oleh pohon-pohon. Jenis bioma ini bersuhu panas sepanjang tahun. Jenis tumbuhan kaktus, palem, kapas dan akasiab yang tumbuh di wilayah ini.

  1. Flora Stepa

Flora stepa merupakan wilayah yang hanya ditumbuhi oleh padang rumput. Pohon-pohonnya jarang ditemui kecuali yang berada di dekat sumber air seperti danau dan sungai. Stepa merupakan wilayah beriklim kering sehingga sulit untuk berkembang menjadi hutan.

  1. Flora Gurun

Bioma gurun menempati sepertiga wilayah di bumi. Ciri khas pada bioma gurun adalah suhunya yang ekstrim. Akan terasa sangat dingin pada malam hari dan panas menyengat pada siang hari. Hal ini menyebabkan kelembaban udara menjadi sangat rendah, bioma gurun didominasi oleh kaktus.

  1. Flora Tundra

Bioma tundra terdapat di wilayah kutub bumi ini, baik wilayah kutub utara mau pun wilayah kutub selatan. Flora yang mendominasi bioma tundra adalah jenis lumut, lumur kerak, dan algae.

Selain pembagian flora yang hidup di daratan, ada bebrapa pembagian jenis flora yang hidup di perairan.

Jenis flora yang tumbuh di perairan

Flora yang tumbuh di perairan bisa dikelompokkan menjadi flora yang hidup di air tawar dan flora yang hidup di air asin. Flora yang hidup di air tawar berupa tumbuhan danau, sungai, dan rawa. Jenis tumbuhan tersebut adalah teratai, lumut, dan ganggang.

Untuk flora yang hidup di air asin berupa lumut, ganggang, rumput laut, dan fitoplankton. Tumbuhan ini hanya dapat tumbuh di perairan asin yang dangkal  dan sinar matahari dapat menembus sampai ke dasar laut.

Manfaat flora bagi kehidupan

Tumbuhan atau flora memberikan banyak manfaat bagi kehidupan. Beberapa manfaat yang dapat diberikan oleh flora kepada kehidupan manusia adalah sebagai berikut :

Sebagai pemasok oksigen

Semua makhluk hidup memerlukan oksigen untuk bertahan hidup. Satu-satunya penghasil oksigen di dunia adalah tumbuhan yang memiliki daun hijau. Oksigen yang bersih hanya di hasilkan Ke udara  melalui proses fotosintesis melalui tumbuhan hijau sehingga akan memberikan kehidupan bagi makhluk hidup lain termasuk hewan dan manusia.

Penyimpan cadangan air di dalam tanah

Akar tumbuhan dapat menahan air di dalam tanah sehingga akan  memberikan cadangan air untuk makhluk hidup lainnya.

Penghasil kayu

 Beberapa jenis tumbuhan yang akan membentuk hutan, bisa menjadi sumber penghasil kayu untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kayu bisa dipakai sebagai bahan membuat rumah atau perabotan rumah tangga.

Menjaga kesuburan tanah

Tumbuhan yang mati dan membusuk akan menghasilkan humus sehingga akan menjaga keseimbangan ph tanah dan membuat tanah agar tetap subur untuk memberikan nutrisi kepada makhluk hidup yang tumbuh di permukaannya.

sumber: ilmu definisi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *