Rekomendasi Kuliner Khas Aceh Yang Sangat Cocok Untuk Menemani Liburan Kalian

Aceh merupakan salah satu destinasi wisata terkenal yang ada di Sumatera. Pasalnya, provinsi yang ada di ujung Barat Indonesia ini memang punya beragam obyek wisata yang indah.

Selain itu, provinsi dengan sebutan Serambi Mekah ini juga punya aneka jenis kuliner yang siap membuat lidah Anda bergoyang. Berikut merupakan beberapa kuliner Aceh yang wajib Anda coba waktu liburan ke Aceh.

  • Wisata Kuliner Khas Aceh : Ayam Tangkap

Kuliner pertama yang wajib Anda cicipi waktu liburan ke Aceh adalah ayam tangkap. Yaitu, ayam goreng racikan bumbu rempah-rempah. Cara pembuatan ayam tangkap cukup unik, yaitu dengan dipotong kecil-kecil ditutupi dengan daun kari, salam koja, serta pandan yang juga digoreng. Anda wajib tau untuk mencari ayam di antara daun-daun tersebut.

Itulah kenapa jenis kuliner ini disebut dengan ayam tangkap. Namun jangan keliru, daun-daun yang menutupi ayam juga dapat dimakan. Rasanya gurih, sementara teksturnya renyah misalnya saja pada keripik.

  • Wisata Kuliner Khas Aceh : Kuah Pliek U

Kuliner kedua yang harus Anda cicipi waktu liburan ke Aceh yaitu kuah pliek u. Kuliner yang punya nama unik ini merupakan gulai santan khas pesisir timur Aceh. Bahan yang paling penting yaitu pliek, yakni ampas pembuatan minyak kelapa. Kuah pliek u umumnya disajikan dengan buah nangka muda, buah pepaya muda, daun melinjo, kacang panjang, rebung kecombrang, buah melinjo, serta udang kecil. Kuliner ini sangat sesuai dijadikan sebagai pelengkap saat mengkonsumsi nasi.

  • Wisata Kuliner Khas Aceh : Sie Reuboh Puteh

Kuliner berikutnya yang wajib Anda coba waktu liburan ke Aceh yaitu Sie Reuboh Puteh. Dalam bahasa Indonesia, Sie Reuboh Puteh sama dengan artinya daging masak putih. Sesuai dengan namanya, kuliner ini dimasak dengan bahan dasar daging kambing yang direbus dengan bawang putih, cabe rawit, garam, serta cuka, lalu dilumuri perasan jeruk nipis serta diangin-anginkan saat sehari semalam.

Setelah bumbunya meresap, daging lalu dipotong-potong lalu dimasak hingga menjadi seperti abon judi deposit pulsa. Citarasa khas Sie Reuboh Puteh asalnya dari cuka enau atau cuka gampong yang dibuat dari enau. Kuliner yang satu ini paling enak walau dimakan panas-panas.

  • Wisata Kuliner Khas Aceh : Mie Aceh

Kuliner berikutnya yang harus Anda coba waktu datang ke Aceh adalah mie Aceh. Kuliner ini tentu sudah tidak aneh di telinga Anda, karena memang sangat terkenal tidak hanya di Aceh tetapi hingga di luar Aceh. Mie Aceh pada dasarnya yaitu mie yang dibuat dengan berbagai bumbu rempah.

Adapun mi yang dipakai sebagai bahan dasar masakan ini yaitu mie kuning yang berukuran tebal dan berbentuk lurus. Mie Aceh sering dibuat dengan berbagai pelengkap, contohnya daging sapi, daging kambing, cumi, kepiting atau udang. Mie Aceh dapat dibuat dengan kuah atau tanpa kuah. Paling enak dimakan saat makan malam dalam kondisi panas.

  • Wisata Kuliner Khas Aceh : Sate Matang

Kuliner terakhir yang harus Anda cicipi saat liburan ke Aceh adalah sate matang. Kuliner ini disebut dengan sate matang karena awalnya dijual di wilayah Matang Glumpang Dua, sebuah kecamatan pada Kabupaten Bireuen.

Sate ini memakai bahan dasar daging kambing yang dipotong dadu, lalu diberi bumbu dengan rempah-rempah. Sate Matang dimasakĀ  dengan kuah kaldu kental yang dibumbui kapulaga, bunga lawang, cengkeh serta merica.

Di atas tadi adalah beberapa kuliner Aceh yang wajib Anda coba waktu liburan ke Aceh. Meski beberapa kuliner itu juga ada di luar Aceh, menikmatinya di tempat kuliner yang asli tentu lebih enak dan lezat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *