Untuk Kalian Yang Tinggal Dikawasan Rawan Gempa Perlu Memiliki Sebuah Aplikasi Canggih Untuk Deteksi Gempa

Sebagai masyarakat asli indonesia, kalian pasti perlu paham kalau dinegara kita merupakan negara kepulauan yang dipenuhi oleh gunung berapi. Maka dari itu, wajar saja kalau tak negeri kita kerap ditimpa bencana alam sebagai contoh gempa bumi. Supaya kalian juga menjadi lebih waspada.

Alangkah baiknya kalau kalian mempunyai aplikasi pendeteksi gempa atau aplikasi informasi gempa pada smartphone. Aplikasi deteksi gempa akan berguna sekali buat kalian semua. Dengan aplikasi gempa, kalian juga bisa mendapatkan update terkini seputar gempa, sehingga kalian juga akan jauh lebih waspada dan tidak akan kekurangan informasi bencana gempa.

Mengingat, gempa bumi dengan guncangan yang tinggi, juga bisa mengakibatkan adanya tsunami. Pada  Playstore kalian juga akan jumpai beberapa aplikasi pendeteksi gempa bumi yang bisa kamu unduh secara gratis. Selain menawarkan informasi tentang bencana gempa, ada juga aplikasi informasi gempa yang mengutamakan fitur lokasi gempa tersebut.

Sehingga buat kalian yang memanfaatkan aplikasi ini bisa otomatis tahu daerah gempa yang benar sekaligus update tambahan apakah berpotensi tsunami atau tidak. Berikut bebebrapa ulasan singkat mengenai hal yang telah dibicarakan tersebut:

  • Memakai Aplikasi MAGMA Indonesia

MAGMA Indonesia merupakan satu aplikasi pendeteksi gempa yang dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada tanggal4 Juli 2017 lampau. Dengan mendapatkan aplikasi ini, kalian jugha bisa memperoleh informasi bencana secara real-time, khususnya bencana tsunami, gunung meletus, pergerakan tanah, sampai dengan potensi gempa bumi.

Aplikasi yang satu ini juga telah dirancang sebagai penyedia layanan informasi kebencanaan geologi yang akurat. Menariknya, aplikasi ini telah menggondol penghargaan Kementrian ESDM Innovation Award sebagai #1 Best Application pada tahun 2016 lampau serta Kemenpan RB Top 99 Inovasi Pelayanan Publik pada tahun 2017 lampau.

  • Memanfaatkan Aplikasi Info Gempa Indonesia

Aplikasi Info Gempa Indonesia yang dikeluarkan pada tanggal6 April 2017 ini diciptakan khusus oleh developer RedcircleApps untuk membantu kalian semua untuk memantau update gempa bumi yang terjadi pada negara kita yang bersumber dari data BMKG Indonesia.

Seluruh data yang disampaikan pada aplikasi ini sama saja dengan yang ditampilkan oleh BMKG. Hanya saja, tampilan aplikasi yang satu ini juga diciptakan  jauh lebih simpel dan interface yang ramah. Adapun fitur-fitur yang ada pada aplikasi Info Gempa Indonesia sangat mendukung sekali dalam mengidentifikasi kemungkinan terjadinya pusat gempa.

  • Menggunakan Aplikasi Inarisk Personal

Dan lagi aplikasi informasi gempa yang mampu kalian pakai adalah datang dari inaRISK Personal. Aplikasi ini yang bermanfaat buat penduduk  ini merupakan hasil kerjasama dengan Badan Nasional Penanggulan Bencana atau BNPB dengan BMKG. Kementerian Pekerjaan Umum dan juga Perumahan Rakyat lalu Kementerian Energi dan akhirnya Sumber Daya Mineral atau ESDM.

Untuk supaya kalian bisa memakai aplikasi yang rilis Oktober 2017 lalu ini untuk mengetahui risiko dari bencana gempa, gunung meletus, tanah longsor, samapai dengan banjir bandang yang terjadi pada daerah kalian berada. Kalian hanya perlu menekan nama daerah tempatmu tinggal, lalu aplikasi ini akan bekerja dan memberikan informasi seputar risiko bencana-bencana tersebut.

  • Memakai Aplikasi Info BMKG

Pada tanggal 6 Mei 2012 lampau, badan meteorologi klimatologi dan geofisika atau sering dikenal dengan BMKG telah resmi mengeluarkan aplikasi mobile khusus untuk kalian semua yang mau mengetahui informasi cuaca, iklim, sampai dengan informasi bencana gempa bumi.

Jadi kalian juga tidak perlu lagi repot-repot untuk mengakses serta mencari-cari situs BMKG pada internet. Cukup dengan buka aplikasinya saja, kalian telah mampu memperoleh beragam informasi terkini dari BMKG.

Samsung Indonesia

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *