Cara Membuat Presentasi di Power Point

Cara Membuat Presentasi di Power Point – Presentasi adalah cara untuk mempresentasikan atau memberitahukan hasil dari kinerja teman-teman kepada yang lain. Biasanya presentasi dilakukan dengan berbicara kepada publik dengan menggunakan sebuah laporan pada kertas. Tetapi itu adalah cara lama yang digunakan.

Sedangkan jaman sekarang presentasi dilakukan dengan cara digital yaitu menggunakan software power point dan yang lainnya. Tapi apakah teman-teman bisa membuat presentasi menggunakan power point/ sederhananya apakah teman teman bisa buat cara membuat tabel di power point untuk presentasi ? Tenang disini saya akan memberitahukan cara membuat presentasi di power point. Oke langsung saja teman-teman simak artikel berikut ini.

Baca Juga : Kegunaan Microsoft word

Cara Membuat Presentasi di Power Point

  • Langkah pertama yang harus teman-teman lakukan adalah buka program Microsoft Power Point pada Laptop atau Komputer sobat.
  • Bila sudah terbuka, sobat langsung saja ketik pada slide yang aktif.
  • Biasanya slide pertama berisi judul dari presentasi yang akan teman-teman buat.
  • Bila sudah teman-teman langsung lanjut ke slide kedua, tapi biasanya hanya terdapat satu slide, lalu bagaimana cara menambahkan slide? Untuk menambahkan slide teman-teman bisa klik menu Home, pada kotak Slide teman-teman pilih New Slide, pada menu New Slide terdapat beberapa jenis slide yang tersedia, tinggal teman-teman pilih sesuai kebutuhan presentasi teman-teman. Untuk menambahkan slide selanjutnya caranya sama.
  • Selain cara tersebut teman-teman juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan klik kanan pada slide pertama lalu pilih New Slide maka otomatis slide baru akan ditambahkan dibawahnya. Atau teman-teman juga bisa menggunakan cara klik sembarang dibawah slide pertama lalu tekan enter, maka slide baru akan muncul.
  • Untuk menghapus slide yang tidak diperlukan, teman-teman bisa menggunakan cara klik kanan pada slide yang akan dihapus, lalu pilih Delete Slide maka slide akan hilang. Atau teman-teman juga bisa menggunakan cara klik slide yang akan dihapus, lalu tekan delete pada keyboard, otomatis slide akan terhapus.

Cara Mengganti Tampilan pada Power Point

Bila pertama kali teman-teman membuka power point, slide yang disediakan biasanya berwarna putih polos. Tetapi biasanya untuk menarik perhatian, dibutuhkan slide-slide dengan tema yang menarik. Cara untuk mengganti tema pada power point adalah.

  • Masuk ke menu Design lalu pada kotak Themes, teman-teman tinggal pilih tema apa yang akan digunakan yang cocok dengan presentasi yang akan teman-teman buat.
  • Atau teman-teman juga bisa mendownload tema di google bila tema yang disediakan oleh power point kurang sesuai atau tidak cocok dengan presentasi yang akan teman-teman buat. Tinggal ketikan saja kata kunci tema power point maka akan muncul banyak website yang menyediakan tema untuk power point secara gratis ataupun berbayar.

Cara Memberikan Efek Animasi pada Presentasi

Bila teman-teman sudah memilih tema, terus ingin menambahkan efek animasi pada presentasi, teman-teman bisa menggunakan cara-cara berikut ini.

  • Bila teman-teman ingin memberikan efek transisi pada setiap slide, pertama klik slide yang akan diberi slide, terus pilih menu Transitions pada menu bar.
  • Lalu pada kotak Transition to This Slide, teman-teman tinggal pilih saja jenis transisi yang akan digunakan sesuai kehendak teman-teman.
  • Untuk slide selanjutnya lakukan langkah yang sama.
  • Jika teman-teman ingin memberikan efek animasi pada setiap kalimat atau kata, langkah pertama yang harus dilakukan adalah klik kalimat atau paragraf pada slide, lalu pilih menu Animations pada menu bar.
  • Jika sudah, pada kotak Animations teman-teman tinggal pilih animasi yang akan digunakan, karena terdapat banyak jenis animasi yang disuguhkan oleh power point.
  • Setelah teman-teman memilih jenis animasi, teman-teman juga bisa mengedit animasi tersebut seperti waktu yang diperlukan untuk membuka animasi, durasi, sound dan lain sebagainya.
  • Untuk menampilkan keseluruhan presentasi yang sudah teman-teman buat, teman-teman tinggal masuk ke menu Slide Show, lalu pilih From Beginning maka presentasi dimulai.

Akhir Kata

Demikian artikel cara membuat presentasi di power point dari saya. apabila teman teman membaca artikel ini masih kurang jelas, silahkan bisa kunjungi situs Gurukece.com, di situs tersebut membahas tentang kunci kunci power point lengkap!. Semoga bermanfaat dan tunggu artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *