Tugas Mata Kuliah Interaksi Manusia Dan Komputer

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER  “GOOD DESIGN DAN POOR DESIGN”

 Assalamulikum wr wb, Salam sejahtera bagi kita semua. Pertama-tama perkenalkan kami adalah sekelompok mahasiswa Program Studi Sistem Informasi dari Universitas Dian Nuswantoro.

  • Diar Eka Risqi .H     (NIM: A12.2015.0537)
  • Ayu Abadiyah          (NIM: A12.2017.05715)
  • Egaredo Paksi          (NIM: A12.2017.05783)
  • Azis Ahmadi             (NIM: A12.2017.05753)
  • Dosen Pengampu :   Titien Suhartini Sukamto S.kom , M.Eng
  • Mata Kuliah          :   Interaksi Manusia dan Komputer

Sebelumnya kami ingin mengucapkan permohonan maaf apabila ada kata-kata dalam tulisan blog ini yang tidak berkenan/menyinggung  perasaan pihak-pihak yang bersangkutan. Kami tidak bermaksud menjelek-jelekan, kami hanya menulis blog ini sebagai pemenuhan tugas mata kuliah “Interaksi Manusia dan Komputer”  yang diberikan oleh dosen kami. Dalam kesempatan kali ini kami akan menganalisa beberapa aplikasi E-commerce yang menurut sudut pandang kami memiliki “Good Design and Poor Design”.

Sebelumnya kami akan memberi sedikit informasi dari mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) yang merupakan disiplin ilmu yang berkaitan dengan design, evaluasi, dan implementasi system komputasi interaktif bagi pengguna manusia dan dengan studi tentang fenomena sekitarnya. IMK mempelajari bagaimana karakteristik manusia (psikologi manusia) dengan karakteristik computer, lalu di aplikasikan pada suatu design yang dapat membantu pekerjaan manusia. Arti dari kata  design  adalah suatu bentuk rumusan dari proses pemikiran, pertimbangan dan perhitungan dari desainer yang dituangkan dalam wujud gambar. Design yang berkaitan dengan kegunaan atau fungsi benda, ketetapan pemilihan bahannya, keamanan penggunaan, serta memperhatikan segi keindahan. Design sendiri dibagi menjadi 2 yaitu Good Design dan Poor Design. Selanjutnya kami akan menganalisa beberapa aplikasi E-Commerce yaitu 2 aplikasi yang termasuk Good Design dan 2 aplikasi yang termasuk Poor Design.

I. GOOD DESIGN adalah design dari suatu aplikasi ,website , blog yang tampilan atau design yang memiliki tata letak atau penataan warna yang bagus. Bukan hanya design yang bagus tetapi memenuhi kebutuhan dari penggunanya itu sendiri dan mempunyai nilai yang tinggi.  kegunaan suatu fungsi dapat di pahami dan sangat mudah untuk di gunakan oleh pengguna atau user.

CONTOH: 

1.BUKALAPAKlogo-bukalapak

 adalah salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia yang menyediakan sarana jual–beli dari konsumen ke konsumen. Semua orang dapat membuka toko online di bukalapak dan melayani pembeli dari seluruh Indonesia untuk transaksi satuan maupun banyak. Menurut kelompok kami Bukalapak termasuk good design karena :

HOME

home-buka-lapak

  1. User interfacenya mengusung warna merah cerah sebagai warna dasar yang merupakan warna khas dari bukalapak itu sendiri,warna merah cerah ini membuat tampilan lebih
  2. Bukalapak mengunggulkan promo pada aplikasinya dan kemudahan transaksi seharihari maka dari itu terdapat tab promo di bagian atas serta menu favorit yang dapat membantu transaksi kebutuhan
  3. Terdapat tab search dan message untuk memudahkan user mencari barang yang ingin dibeli serta menghubungi pelapak tentang barang yang sudah
  4. Pada bagian bawa terdapat menu navigasi Home, BukaMall, Keranjang, Transaksi, dan Akun yang mempermudah proses pemantauan barang yang telah kita beli,transaksi yang belum terbayar, produk-produk dengan brand asli, dan informasi Akun.

 buklpk3

  1. Ketika melakukan scroll down maka user akan disuguhkan dengan tab flash deal yaitu barang dengan potongan harga untuk waktu terbatas saja, informasi tentang barang tersebut sangat lengkap mulai dari nama barang, review user, tempa tpelapak ,hingga jumlah barang.
  2. Di bawah tab flash deal terdapat tab kategori barang yang sangat pintar dalam masalah pengelompokan barang,contoh kategorinya antara lain Komputer, Elektronik, Motor, Mobil, dan lain lain.

bklpk4

  1. Ketika user scroll kebawah lagi akan muncul tab promo hari ini yaitu berisi paket bundle suatu produk dari 1 brand yang mendapat diskon untuk waktu.
  2. Terdapat juga tab Buka Mall yang berisi akun resmi suatu brand yang menjamin keaslian barang yang akan dibeli karena sudah.
  3. Terdapat juga tab inspirasi yaitu review public figure terhadap aplikasi bukalapak yang semakin meyakinkan konsumen untuk menggunakan aplikasi bukalapak

 

2.TRAVELOKA

traveloka-logo

Traveloka adalah salah satu marketplace dalam bidang pemesanan tiket pesawat, hotel, kereta yang sangat populer di Indonesia, Traveloka bekerjasama dengan beberapa maskapai dan juga hotel secara daring dengan focus perjalanan domestik di Indonesia. Menurut kelompok kita Traveloka termasuk good design karena :

HOME

traveloka-home

  1. User interfacenya sangat menarik, informatif dan sangat simple dengan tema biru. Nama dan Logo Traveloka, nama yang sangat bagus dan cocok untuk suatu website yang berhubungan dengan perjalanan / wisata, dengan adanya kata yang khas yaitu Travel yang berarti perjalanan. Nama yang cukup simpel dan mudah di ingat.
  2. Lebih menarik dengan adanya gambar- gambar, banner dan juga ikon-ikon sebagai pelengkap tentunya sangat informatif dan juga memudahkan user untuk lebih memahami.
  3. Pada home terdapat informasi promo yang bisa menarik user yang diletakkan dibagian atas, promonya berbentuk slide yang bisa digeser kanan dan kiri agar terlihat simple dan mudah digunakan.
  4. Pada home terdapat foto profil user agar lebih menarik.

FILM

tr3

  1. Ketika scroll down melihat rekomendasi film, dll. Ada menu bar yang muncul jadi jika tiba-tiba ingin booking hotel atau travel kita tinggal klik saja tidak perlu capek-capek scroll up.

 

PENERBANGAN / TIKET PESAWAT

tr4

 

  1. Radio Button biasanya di gunakan untuk menu 2 pilihan yang hanya bisa di pilih salah satu pilihan, pada web ini di gunakan pada menu perjalanan sekali jalan / pulang pergi, harus di pilih salah satu. Selain radio button juga masih banyak lagi dialog berbasis interaksi grafis seperti Check Box, Spin Box, label box dll. Itu semua untuk membuat tampilan lebih interaktif dan lebih simpel.
  2. Traveloka memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada user untuk mencari tiket pesawat dengan sangat mudah dan program pencarianya yang mudah di gunakan (user friendly)

HOTEL

tr5tr6

  1. Traveloka memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada user untuk mencari tiket hotel dengan sangat mudah dan program pencarianya yang mudah di gunakan (user friendly).
  2. Simpel, dan tentunya mudah dimengerti oleh pengguna.

KULINER

tr7

  1. Pada Traveloka saat menunggu proses loading pada menu kuliner ada loading screen yang kata-katanya sangat lucu dan menarik sehingga tidak membuat user bosan saat menunggu lama.

 

II. POOR DESIGN

Poor design adalah Suatu design adalah design dari suatu aplikasi ,website , blog yang tampilan atau design yang memiliki tata letak atau penataan warna yang kurang baik , desain yang digunakan tidak mudah untuk di gunakan oleh pengguna atau user.

 

CONTOH

  1. TEKNO JEK

tjlogo

Teknojek adalah aplikasi ojek online yang mengedepankan teknologi, karena tidak hanya sekedar menjawab kebutuhan pasar yang semakin dinamis dan selalu ingin cepat, namun kami juga memberikan edukasi kepada para pengojek (rider) untuk update dengan teknologi masa kini. Teknojek yakin akan memberikan pengalaman tersendiri bagi Anda semua.

 

Menurut kelompok kita Teknojek (T-jek) termasuk poor design karena :

HOME

tj1

  1. Tombol Home pada aplikasi T-jek berada di bawah harusnya berada di atas, ini dirasa kurang efektif karena biasanya para user melihat tombol di bagian atas. Jika tombol home di bawah user harus benar-benar mencermati letaknya dan ini dirasa kurang memudahkan user menggunakan tombol home.
  2. Tombol Home harusnya berupa tulisan “Home” atau “Akun” atau symbol Rumah. Pada aplikasi T-jek ini menggunakan garis-garis yang beberapa user tidak mengetahui arti dari simbol saat menggunakannya.
  3. Beranda halaman utama kurang menarik. Tidak ada gambar-gambar menarik atau promo-promo yang sedang diberikan. Padahal user mengharapkan suatu aplikasi yang menarik untuk dilihat dan infomatif. Di samping itu untuk mengetahui promo yang berlaku user harus tanya pada Rider atau cek situsnya, Ini dirasa sangat merepotkan. Alangkah lebih baik apabila diberi gambar-gambar produk pilihan atau promo-promo yang dijadikan unggulan agar menarik user, biasanya gambar/promo dibuat slide semenarik mungkin.
  • WITHDRAW

tj2tj3

 

  1. Saat menggunakan aplikasi T-jek ini beberapa bagian ada yang membingungkan dari penggunaan dan fungsinya. Contohnya : symbol “WITHDRAW”dan “QR barcode” yang beberapa user pasti tidak tahu dari fungsinya dan penggunaannya. Seharusnya setelah kita melihat atau mengklik symbol tersebut kita diberi informasi tentang apa fungsinya? Bagaimana cara penggunaannya? Agar para user tahu fungsi dan cara penggunaannya.

tj4

  1. Dan juga tampilan Map rider kurang menarik harusnya diberi animasi motor atau penanda bahwa daerah penjemputan ada beberapa armada yang ready seperti yang biasa kita lihat di aplikasi ojek online lainnya. Dengan adanya info animasi yang ready jadi memudahkan user untuk mengetahui adanya rider yang ready
  1. KARTIKA ACCESSORIES SPECIALIST

karlogo

Kartika Accesorices Specialis  adalah Aplikasi yang tepat jika anda suka berbelanja aksesoris untuk handphone anda. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pelanggan untuk berbelanja barang-barang di kartika accesoris dengan cepat dan mudah, terlebih lagi bagi anda yang terkendala waktu maupun tempat.Menurut kelompok kita Traveloka termasuk poor design karena:

HOME

kar1

  1. Saat pertama kali melihat halaman Home di aplikasi tersebut, kami merasakan sesuatu yang kurang, dan akhirnya kami menganalisa dan menyadari bahwa terdapat kekurangan dalam hal informasi.
  2. Menurut kami, sebaiknya ada pengelompokan PRODUK dan CABANG Kartika Accessories, jadi applikasi menjadi lebih rapi dan user dapat mengerti informasi apa yang terdapat pada halam utama tersebut.
  3. Fitur KONTAK ADMIN juga seharusnya ditempatkan sendiri, sehingga user mengerti kegunaan dari fungsi tersebut
  4. Tidak ada fitur search pada halaman utama juga menjadikan aplikasi ini poor design, karena untuk user yang mau menginginkan Produk yang spesifik, seharusnya bisa langsung mencari dengan fitur search di halaman utama

MENU

kar2

 

  1. Sebagai aplikasi e-commerce dengan banyak jenis produk seharusnya fitur search harus ditempatkan di halaman utama dan mudah ditemukan oleh user, supaya user tidak banyak melakukan usaha untuk mencari mesin pencari dari sebuah aplikasi.
  2. Sangat diperlukan design yang memudahkan user untuk melakukan tujuanya menggunakan sebuah aplikasi, sehingga sebuah aplikasi tidak ditinggalkan usernya

Selanjutnya tugas kami adalah menambahkan desain/fitur yang ada di aplikasi E-Commerce yang telah kami analisa di atas, kami tambahkan pada aplikasi GoJek sesuai tugas.

GOJEK

gjlogo

 Go-jek adalah sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Go-jek bekerjasama  dengan para pengendara, menjadi solusi utama dalam pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja,  berpergian di tengah kemacetan.

FITUR YANG BISA DI TAMBAHKAN PADA APLIKASI GOJEK

BUKALAPAK – GOJEK

 

  1. Home Gojek pada bagian promo seharusnya diletakkan di bagian atas seperti di Bukalapak karena promo bisa menarik user. Jika promo diletakkan pada bagian bawah user tidak akan mengetahui jika ada promo.

gj1gj2

  1. Pada profil Bukalapak kita bisa mengupload foto profil user, tetapi pada gojek tidak bisa. Akan lebih menarik jika terdapat foto profil user pada Gojek.

gj3gj4

  1. Bukalapak terdapat menu favorit, jadi bisa lebih mudah mencari barang yang sering kita beli. Jadi jika ingin membeli barang yang pernah kita beli kita bisa langsung membuka favorit, akan lebih baik jika gojek juga terdapat menu favorit supaya lebih mempermudah user.

 

TRAVELOKA – GOJEK

 

trgo1trv1

  1. Pada Traveloka saat menunggu proses loading pada menu kuliner ada loading screen yang kata-katanya sangat lucu dan menarik sehingga tidak membuat user bosan saat menunggu. Hal ini kami kami rasa sangat perlu di buat juga oleh Gojek.

trgo3trgo4

 

  1. Inbox pada traveloka terdapat notifikasi dan pesan jadi user bisa mengkomplain jika ada kekurangan. Tetapi pada gojek hanya ada notivikasi, tidak ada pesan. Alangkah lebih baik jika pada inbox Gojek ditambahkan pesan juga

 

 

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dan tulisan yang kurang rapi, semoga dengan adanya artikel ini bisa memberi informasi yang bermanfaat. Terimakasih telah membaca artikel kami.

Wassalamualikum wr, wb