Tips Sebelum Membeli Apartemen Bekas Yang Perlu Anda Perhatikan

Memilih apartemen bekas, merupakan hal yang cukup sulit untuk dipilih. Karena terdapat beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum membeli apartemen bekas.

Salah satu faktor penentu, kenapa anda memutuskan untuk membeli apartemen bekas adalah, harganya yang relatif terjangkau. Tapi ada juga sebagian apartemen malah harganya kian meningkat, karena lokasi apartemen tersebut sangat startegis.

Untuk itu, saya ingin membagikan beberapa tips agar anda bisa memilih apartemen bekas yang tepat. Sebelum anda memang benar-benar memutuskan untuk mengambil unit apartemen tersebut.

1# Pastikan Kebutuhan Anda

Sebelum anda membeli apartemen bekas, ada baiknya untuk mempertimbangkan lokasi apartemen tersebut. Apakah jalan menuju tempat pekerjaan anda cepat, atau akses kemana saja mudah, bahkan apakah jalanan bebas banjir. Semua harus anda pertimbangkan.

Lalu sesuaikan juga dengan kebutuhan anda, misalnya anda memang mau membeli apartemen untuk anda sendiri. Maka lebih bagus anda memilih apartemen studio ketimbang apartemen dengan kamar.

2# Catat Semua Alamat Apartemen Yang Mau di Kunjungi

kemudian, catat semua alamat apartemen yang mau anda kunjungi, buatlah sebuah jadwal dan bertemu dengan pemilik apartemen tersebut. Apabila anda tidak bisa mencari daftar apartemen yang mau anda beli. Mungkin anda bisa menggunakan jasa website sewa apartemen harian maupun jasa sewa apartemen bulanan.

Dimana website tersebut, menyediakan beberapa daftar kontak maupun alamat apartemen yang mau dijual. Walapun memang statusnya di sewakan, tapi bisa jadi ada beberapa unit apartemen tersebut di jual.

3# Periksa Lengkap Kontrak Penjualan

Setelah anda bertemu dengan beberapa pemilik apartemen, perhatikan dengan teliti perjanjian konrak penjualan yang diberikan. Apakah harganya sudah cocok dengan anda, bagaimana fasilitas yang anda dapatkan, lalu apakah sudah termasuk dengan funiture atau tidak.

Pastikan juga, kepemilikan apartemen tersebut jelas. Dan surat-surat mengenai apartemen tersebut juga lengkap. Agar anda tidak salah beli apartemen, dan bisa merugikan anda dikemudian hari.

4# Periksa Lengkap Kamar Maupun Ruangan Apartemen

Pastikan juga ruangan studio maupun kamar apartemen masih layak untuk ditinggali, dan perhatikan dengan teliti di setiap ruangan yang ada. Apakah ada kerusakan, atau ada beberapa prabotan yang rusak.

Yang paling penting adalah periksa kondisi kamar mandi dan juga dapur, biasanya kedua ruangan ini sering bermasalah. Dimana kadang air tidak mengalir atau saluran pembuangan yang suka mampet.

5# Tanya  Warga Sekitar Tentang Suasana Lingkungan di Apartemen Tersebut

Agar lebih jelas tentang apartemen bekas yang mau anda beli, maka anda juga bisa bertanya dengan beberapa warga ataupun petugas di apartemen tersebut. Tanyakan bagaimana lingkungan apartemen yang mau anda beli. Supaya anda lebih mengenal lingkungan tersebut apakah cocok dengan anda atau tidak.

Misalnya anda bisa tanya tentang fasilitas yang disediakan, lalu anda bisa tanyakan juga apakah lingkungan jalan akses menuju kota lancar atau tidak. Dan bagaimana pelayanan kebersihannya bagus atau tidak. Ajukan saja beberapa pertanyaan, agar anda bisa puas untuk mempertimbangkan apartemen tersebut sebelum membelinya.

Kesimpulan Membeli Apartemen Bekas

Memiliki apartemen yang dekat dengan tempat pekerjaan maupun akses kota, adalah impian dari semua warga kota. Karena keterbatasannya lahan tempat tinggal, memaksa anda agar bisa memiliki sebuah apartemen.

Terdapat 5 point penting sebelum anda membeli apartemen bekas, dimana sebenarnya point yang paling penting hanyalah satu saja. Yaitu apakah kondisi apartemen yang anda pilih memang cocok untuk anda, dimana apartemen tersebut memang tepat untuk anda beli.

Jadi jangan sampai anda membeli apartemen, tapi malah menyusahkan anda. Terutama bila apartemen tersebut misalnya jauh dari mana-mana. Atau fasilitasnya kurang begitu baik. Walaupun harga yang ditawarkan murah, tapi membuat anda tidak nyaman. Lebih baik tidak perlu untuk dibeli apartemen tersebut.

Demikian tulisan ini dibuat untuk Mahasiswa Dinus yang siapa tau nantinya akan membeli sebuah unit apartemen. Dan teman-teman bisa lebih teliti dan berhati-hati ketika mau membeli apartemen bekas. Terima kasih.

 

 

Beberapa Metode Yang Bisa di Coba Untuk Pengambilan Data Survey Pasar

Kebutuhan data survey mengenai kondisi pasar, memang saat ini sangat diperlukan untuk para pengusaha agar bisa menganalisa pasar lebih akurat. Karena disaat sekarang, tingginya tingkat persaingan serta beragamnya brand yang beredar di pasaran. Membuat pengusaha harus berfikir lebih tajam, agar tidak mengalami kerugian.

Sebenarnya dalam melakukan reset pasar, sudah sering anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama bila anda sering membeli barang tertentu yang harganya tidak sama, dimana pasti anda cenderung memilih membeli barang yang harganya lebih murah.

Hal tersebut sudah mencerminkan prilaku pasar dalam kehidupan bisnis. Sebagai pegusaha, harga merupakan sebuah patokan keberhasilan. Bila kondisi pasar memang bagus, dan harga murah maka barang pasti mudah laku.

Berbeda bila kondisi pasar sedang tidak bagus, dan harga pasti cenderung naik. Sehingga para pengusaha wajib menganalisa semua kondisi yang terjadi dengan menggunakan beberapa metode untuk bisa menganalisa pasar dengan baik. Dan berikut beberapa metode yang bisa anda pilih ketika ingin mengambil data survey pasar.

1# Metode Survey Secara Online

Terdapat metode baru dalam melakukan survey pasar, yaitu dengan menggunakan teknologi online. Dimana anda harus membutuhkan penyedia jasa riset pasar yang dikelola oleh konsultan khusus.

Memang menggunakan metode survey secara online membutuhkan biaya yang cukup mahal, tapi bila anda menginginkan keakuratan data serta menginginkan data secara cepat, maka metode survey secara online bisa menjadi pilihan yang tepat.

2# Metode Survey Langsung

Untuk metode secara langsung, yaitu dimana anda bersama tim anda melakukan penelitian secara mendalam mengenai kondisi pasar. Contohnya anda ingin mengetahui pergerakan dari harga handphone. Maka anda melakukan penelitian dengan memantau pergerakan harga, serta berapa yang terjual.

Kelemahan dari metode ini adalah, anda harus berkerja sama dengan suplier maupun penjual. Yang nantinya menjadi pesaing anda, karena dengan data penjualan dan harga dari mereka. Anda baru bisa menganalisa pergerakan pasar.

3# Metode Survey Quesioner

Apabila anda ingin mendapatkan data secara praktis, maka menggunakan metode survey dengan quesioner merupakan pilihan yang tepat. Karena anda tinggal membuat beberapa pertanyaan di dalam sebuah form. Lalu anda bisa bagikan ke setiap orang yang mau anda data.

Cara ini sangat sering digunakan oleh orang-orang yang ingin meneliti sesuatu, entah mau menganalisa pasar hingga melakukan survey pasar. Tapi kelemahannya adalah, data yang anda peroleh dari quesioner berlum tentu valid. Karena kita tidak tahu, apakah data quesioner tersebut di jawab dengan betul atau hanya fiktif belaka.

4# Metode Survey Secara Observasi

Untuk metode observasi, merupakan metode yang cukup sulit untuk dilakukan. Karena metode ini mewajibkan anda untuk mengamati langsung pergerakan pasar. Ataupun objek penelitian mengenai pasar yang anda inginkan.

Berbeda dengan metode langsung, yang dimana anda masih disuguhi data dari suplier maupun penjual. Apabila anda menggunakan observasi, anda harus mengamati secara langsung tentang kondisi pasar. Lalu dibuat laporan berdasarkan data yang ada.

5# Metode Survey Fokus Grup

Untuk metode fokus grup, dimana metode yang digunakan masih menggunakan observasi. Tapi untuk survey fokus grup, anda harus memiliki tim yang jumlah orangnya cukup banyak sekitar 20 orang.

Lalu, dari 20 orang tersebut melakukan penelitian pasar dengan cara observasi. Kemudian data tersebut dibahas oleh grup penelitian kondisi pasar. Kelemahan cara ini adalah, waktu yang dibutuhkan cukup lama.

Kesimpulan Metode Mana Yang Terbaik di Gunakan

Yang menarik dalam pengumpulan data survey pasar, adalah mengumpulkan data yang benar dan akurat. Sehingga pelaku bisnis dapat menganalisa data yang ada untuk kepentingan bisnisnya.

Tapi yang menjadi masalah adalah, apakah data tersebut valid dan benar?. Jadi walapun data yang diterima lengkap, namun data survey pasar tersebut tidak benar, maka kedepannya juga akan merugikan pihak pengusaha.

Agar tidak terjadi demikian, sangat bijak bila anda memilih tim jasa responden survey yang terpercaya. Dimana konsultan tersebut dapat menggunakan metode survey secara online, yang menggunakan sebuah softwere canggih dan memudahkan anda memperoleh data yang valid.

Demikian artikel ini dibuat, semoga bisa menjadi sumber ilmu pengetahuan untuk teman-teman mahasiswa dinus. terima kasih.