Universitas Dian Nuswantoro Jawa Tengah

Universitas Dian Nuswantoro Jawa Tengah

Berbicara tentang biaya hidup ala-ala mahasiswa, untuk ukuran biaya hidup di salah satu kota metropolitan terbesar ke – 5 se-Indonesia, siapa coba yang gak tau kota Semarang. Yap, Kota Semarang merupakan pilihan yang sangat sangat tepat sekali untuk kamu yang berencana meranta. Itulah sebabnya, banyak calon mahasiswa luar kota yang menjadikan kota Semrang sebagai next tempat yang perlu mereka jadikan tempat persinggahan, terutama untuk menuntut ilmu.

Tersedia dengan jumlah yang lumayan banyaknya lowongan pekerjaan maupun pilihan perguruan tinggi, Perguruan Tinggi Swasta ataupun Perguruan Tinggi Negeri di Kota Semarang membuat ibu kota Jawa Tengah ini sebagai salah satu kota dengan jumlah perantauan yang paling banyak di pulau Jawa. Wow. Keren.

Selain fakta-fakta diatas tersebut, kota Semarang juga merupakan salah satu kota yang ramah, asri, bersih, banyak tersedia fasilitas saranan dan prasaranan umum, pelayanan public yang sangat baik, dan banyak tersedia wahana wisata alam maupun buatan dengan harga yang terbilang cukup murah. Satu hal lagi, Kota Semarang pun punya salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang berbasis IT dan cukup terkenal, yaitu: Universitas Dian Nuswantoro Jawa Tengah.

Memilih perguruan swasta diantara banyak pilihan PTS yang ada memang tak mudah. Namun, Perguruan Tinggi Swasta diatas dapat menjadi petimbangan anda dalam memilih jenjang pendidikan kedepannya. Perguruan Tinggi Swasta tersebut merupakan jejeran Universitas Swasta terbaik di Indonesia  dan memiliki beberapa program studi terbaik, untuk kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang salah satu Perguruan Tinggi Swasta tersebut: Universitas Dian Nuswantoro Jawa Tengah.

Universitas Dian Nuswantoro Jawa Tengah

Tentang Universitas Dian Nuswantoro Jawa Tengah.

Pada awalnya Udinus hanyalah sebuah kampus kecil. Yang kemudian, bermulalah sejarah Udinus menjadi sebuah unirsitas, yaitu pada tahun 2001. Berdasarkan SK Mendiknas RI No. 169/D/O/2001 tanggal 30 Agustus 2001, Yayasan Dian Nuswantoro Semarang mendirikan Universitas Dian Nuswantoro atau disingkat Udinus. Perguruan Tinggi ini ada dari gabungan beberapa sekolah-sekolah tinggi berikut ini:

  • STBA atau Sekolah Tinggi Bahasa Asing (dalam Surat Keterangan dari Mendiknas No. No. 27/D/O/2000 pada tanggal 15 Maret 2000)
  • STMIK atau Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (dalam Surat Keterangan dari MENDIKBUD No. 10/D/O/1994 pada tanggal 3 Maret 1994)
  • STKES atau Sekolah Tinggi Kesehatan (dalam Surat Keterangan dari Mendiknas No.103/D/O/2000 pada tanggal 7 Juli 2000)
  • STIE atau Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (dalam Surat Keterangan dari Mendikbud No. 26/D/O/99 pada tanggal 22 Februari 1999)

Dalam penggabungan tersebut itulah yang kemudian STBA menjadi Fakultas Bahasa dan Sastra, STMIK menjadi Fakultas Ilmu Komputer, STKES menjadi Fakultas Kesehatan, STIE menjadi Fakultas Ekonomi, dan ditambah satu fakultas baru yaitu Fakultas Teknik. Penggabungan sekolah tinggi – sekolah tinggi di bawah naungan Yayasan Dian Nuswantoro ini juga didasari atas upaya untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja kelembagaan, sehingga menjadi organisasi yang sehat dalam mengelola pendidikan. Sampai saat ini, Universitas Dian Nuswantoro memiliki 5 Fakultas dengan 18 Program Studi dan Program Pascasarjana dengan 1 program studi.

Dalam upaya meningkatkan peran pendidikan tinggi di Indonesia dalam konteks persaingan global sehingga mampu memperkuat daya saing bangsa, Udinus terus berupaya memperbaiki seluruh jajaran system pendidikannya. Beberapa jurusan dari beberapa fakultas di Udinus telah berhasil meraih akreditas A dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN – PT) dan  baru-baru ini menyandang gelar menjadi kampus swasta dengan akreditas A pada tahun 2017.

Wah, keren ya. Selain itu, Udinus juga dikenal sebagai kampus swasta IT terbaik yang pernah ada di Indonesia. Jadi, bagi kamu yang berminat dalam bidang IT. Pilihanmu sangat sangat tepat sekali memilih Udinus sebagai batu loncatanmu untuk masa depan. Karena, disinilah sarjana-sarjana IT handal lahir dan saling bersaing dalam dunia lingkup internasional.

Visi dan Misi Universitas Dian Nuswantoro Jawa Tengah

Masing-masing kampus selalu punya tujuan dan bagaimana sebuah tujuan itu dapat menjadi suatu yang dapat membuatnya berkembang. Sama sepeti Universitas Dian Nuswantoro Jawa Tengah pun memiliki Visi dan Misi.

Dilihat dari website resminya yang saat ini sudah tersedia dua bahasa, yaitu: bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Hal tersebut memudahkan mahasiswa asing maupun calon mahasiswa asing di UDINUS untuk mengakses websitenya.

Visi Udinus adalah menjadi salah satu kampus pilihan utama di bidang pendidikan dan kewirausahaan.

Sedangkan Misi Udinus untuk mewujudkan visi tersebut, antara lain:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas.
  2. Menumbuh kembangkan kreatifitas dan
  3. Menumbuh kembangkan inovasi civitas akademika yang bermanfaat bagi masyarakat, pemerintah dan dunia usaha.

Saat ini Universitas Dian Nuswantoro terus berusaha mengembangakan kualitas pendidikannya bedasarkan visi dan misinya, terutama dalam bidang kewirausahaan dengan program-program dan acara-acara tertentu yang membantu mahasiswa mengembangkan jiwa wirausahanya di tengah persaingan dunia usaha dalam area ruang lingkup kampus. Teruskan, yaaa!

Motto dan Slogan Universitas Dian Nuswantoro Jawa Tengah

Sama hal nya dengan kampus lainnya, Udinus pun punya motto dan slogan yang cukup unik dan memberi banyak arti.

Salah satu motto Universitas Dian Nuswantoro mempunyai motto: For A Better Future, yang berarti Untuk Masa Depan yang Lebih Baik. Yang berarti dengan berkuliah di tempat ini, masa depanmu dijamin lebih baik lagi. Guys, tapi sih ya, tergantung masing-masing orangnya. Karena setiap dari kita pasti punya karakter yang berbeda.

Sedangkan Slogan Udinus cukup sangat unik, berbentuk huruf aksara jawa.  Kamu bisa melihatnya melalui website resmi Universitas Dian Nuswantoro.

 Fakultas Universitas Dian Nuswantoro Jawa Tengah

Universitas Dian Nuswantoro saat ini telah mempunyai 5 Fakultas, yaitu: Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kesehatan, Fakultas Ilmu Budaya dan Fakultas Teknik. Dengan berbagai macam jurusan yang dapat kamu lihat di website resminya langsung. Silahkan buka website Universitas Dian Nuswantoro yaaa, guys.

Akreditas Universitas Dian Nuswantoro Jawa Tengah

Dari kelima fakultas yang ada di Akreditas Universitas Dian Nuswantoro Jawa Tengah, beberapa jurusan telah terakreditas A oleh Badan Akreditas Perguruan Tinggi (BAN – PT). Seperti: Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Desain Komunikasi Visual S1 dari Fakultas Ilmu Komputer. Dan jurusan Akuntansi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Serta jurusan Sastra Inggris dari Fakultas Ilmu Budaya. Kesemuanya itu telah mendapatkan akreditas A.

Masih ragu untuk masuk ke Kampus Swasta? Sekelas Universitas Dian Nuswantoro Jawa Tengah? Gausah ragu, masa depanmu terjamin kok. Apalagi guys, kuliah kan bukan tergantung darimana asal Perguruan Tingginya, tapi gimana cara kamu menyikapi diri kamu untuk berkembang jauh kedepannya dan mengasah kemampuan dan mencari jati dirimu. So, jangan ragu yaaa ambil swasta dan masuk kampus sekelas Universitas Dian Nuswantoro Jawa Tengah. Selamat Berjuang. Semoga sukses dengan apapun pilihanmu.

 

Skip to toolbar