Universitas Termurah di Jakarta

Universitas Termurah di Jakarta

Tidak semua orang dapat mewujudkan keinginannya. Kadang, beberapa harus merelakan, beberapa harus berjuang, dan beberapa harus berkorban tanpa mendapatkan apa yang diinginkan secara instan. Begitulah hidup yaaa guys.

Sama seperti hal nya dalam memilih Perguruan Tinggi dengan melihat dari segi berapa banyaknya uang kuliah yang harus dibayar. Tentukan dulu pilihan kampusmu, ya. Apakah ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta. Bersama dengan artikel Universitas Termurah di Jakarta ini, kita akan mejelajah tentang apa itu system pembayaran uang kuliah di kedua jenis perguruan tinggi pilihanmu. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ataukah Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Besaran uang kuliah Perguruan Tinggi memang berbeda. Apalagi untuk kampus di wilayah ibu kota Indonesia, Jakarta. Apakah kamu sudah menemukan Universitas Termurah di Jakarta?

Berbicara tentang biasa kuliah, untuk Perguruan Tinggi Negeri: Sitem UKT.

Masing-masing Universitas Negeri memiliki ketentuan dalam hal besaran uang kuliah tunggal yang berbeda yang harus dibayarkan. Namun, masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mempunyai prinsip yang sama dalam pembayaran Uang Kuliah Tunggalnya, yakni: Pembagian 5tingkatan pembayaran Uang Kuliah Tunggal untuk calon mahasiswa. Dengan adanya UKT, sebenarnya cukup menguntungkan untuk para orangtua calon mahasiswa. Karena system pembayaran UKT memudahkan pembayaran uang kuliah mahasiswa dan jauh lebih murah dibandingkan system terdahulunya.

5 rate tingkatan pembayaran per-Perguruan Tinggi Negeri umumnya berbeda. Pembayaran untuk rate 5 adalah pembayaran termahal, begitu seterusnya, pembayaran terendah masuk kedalam rate 1. Hal tersebut dipisahkan bedasarkan kondisi ekonomi dan keuangan calon mahasiswa.

Seperti fungsinya, Uang Kuliah Tunggal ini adalah gagasan untuk memberikan subsidi silang bedasarkan kondisi ekonomi keluarga calon mahasiswa, sehingga berkuliah bukanlah hambatan bagi para anak muda yang beralasan tidak cukup mampu membayar biaya untuk bersekolah di Perguruan Tinggi. Yay. Alhamdulilah….

Lalu, bagaimana dengan Perguruan Tinggi Swasta? Apakah kamu berniat masuk ke Perguruan Tinggi Swasta, dan sedang mencari Universitas Termurah di Jakarta yang berlabel swasta? Kebanyakan orang yang mencari Perguruan Tinggi Swasta pasti pernah gagal dalam mencoba tes masuk Perguruan Tinggi Negeri. Guys, gausah putus asa juga deh. Masih banyak jalan lain menuju roma, eeeh… menuju impianmu. So, mari bangkit dan tata kembali semangatmu untuk wujudkan segala impian. Selama kamu bekerja keras, masa depan yang cerah selalu akan datang menghampirimu kok.

Universitas Termurah di Jakarta

Baca Juga : Universitas Dian Nuswantoro Jawa Tengah

Nah, berbicara tentang Universitas Termurah di Jakarta yang berlabel swasta. Kita akan membahas tentang system pembayarannya nih. Pengen tau?

Untuk system pembayaran Universitas Termurah di Jakarta yang berlabel swasta yaitu berbasis Satuan SKS atau yang biasa kita panjangkan sebagai Sistem Kredit Semester. Sistem Kredit Semester (SKS) ini masing-masing Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berbeda harga per-sistem kredit semesternya, semisalnya bisa mulai pembayaran dari Rp.100.000,-/SKS, Rp.150.000,/SKS, atau lebih atau bisa juga kurang dari harga tersebut. Namun, untuk  wilayah Universitas Termurah di Jakarta yang berlabel swasta di Ibukota Indonesia sepertinya sih lebih ya, karena termasuk kedalam wilayah metropolitan pertama terbesar di Indonesia dan seperti yang kalian tau, biaya hidupnya pasti mahal apalagi uang kuliahnya, hehe. Jadi, kalau kalian sudah mantap memilih Kota Jakarta, kalian harus menghadapi konsekuensinya dong tentang biaya kuliah yang lebih mahal dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Indonesia.

Selain itu pembayaran per-SKS, Perguruan Tinggi Swasta (PTN) juga biasanya menerapkan biaya uang gedung/uspi, uang pembayaran iuran, uang poliklinik, dll. Dan besarnya pembayaran-pembayaran tersebut bahkan bisa beragam untuk calon mahasiswa, tergantung dari kebijakan masing-masing Perguruan Tinggi Swasta, Universitas Termurah di Jakarta yang berlabel swasta yang bersangkutan.

Besarnya uang gedung/uspi Universitas Termurah di Jakarta yang berlabel swasta biasanya tergantung dari jalur masuk saat pendaftaran yang dipilih oleh calon mahasiswa baru. Sebagai contoh: pendaftaran gelombang pertama atau dengan kata lain pendaftar awal yang mendaftar sejak pertama kali dibuka penjaringan calon mahasiswa baru, uang gedung/uspi perguruan tinggi swasta biasanya lebih rendah beberapa persen daripada dengan calon mahasiswa yang mendaftar perkuliahan di akhir pembukaan pendaftaran atau pendaftar gelombang terakhir. Untuk itulah, kita sarankan kalau kamu sudah mantap dalam memilih Universitas Termurah di Jakarta yang berlabel swasta harus lekas daftar sejak awal, ya. Diskon uang gedung/uspi hingga beberapa persen dapat membantumu meringankan biaya pendidikan.Lumayan kan selama kamu kuliah dari semester awal hingga akhir diskon uang uspi mu bisa saja digunakan untuk hal lain, membeli motor baru, contohnya.

Pada kenyataannya, tak semua Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mahal kok. Dan faktanya tak semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu murah seperti yang ada dalam bayanganmu. Ada plus dan minusnya tersendiri untuk biaya kuliah murah di kedua Perguruan Tinggi tersebut. Rajin-rajinlah membandingkan kedua biaya berkuliah di pendidikan swasta maupun negeri dari sumber lainnya.

Untuk contoh Universitas Termurah di Jakarta, ada beberapa yang kita tau, seperti: Universitas Indonesia, yang terletak di Depok. Meski gak termasuk kedalam wilayah Jakarta, masih deketan deh Jakarta-Depok. Dan selebihnya adalah Universitas Swasta, antara lain: Universitas Jayabaya, Universitas Terbuka (UT), Universitas Indraprasta PGRI untuk kamu yang ingin jadi guru, Universitas Bina Sarana Indonesia (BSI) yang cukup terkenal di iklan-iklan loh ini, Sekolah Tinggi Teknoloi 10 Nopember, dan masih banyak lagi. Semua contoh diatas adalah kampus swasta termurah yang ada di Jakarta, meskipun masih banyak kampus lainnya, seperti: Trisakti, Gunadarma, Universitas Negeri Jakarta, dll. Yang kita sebutkan jauh lebih murah dan punya kualitas yang bagus juga kok. Kamu bisa browsing lebih lanjut di website lainnya guys.

Biaya kuliah memang selalu menjadi pertimbangan utama dalam bahasan kali ini, disamping pertimbangan-pertimbangan lainnya, sepertiL kualitas Perguruan Tinggi, saranan dan prasarana dan kondisi pilihan wilayah. Apalagi bagi kamu yang memang sudah mantap ingin berkuliah di Ibu Kota Indonesia, Jakarta. Dimana, meski pun biaya hidupnya tinggi, banyak orang yang betah untuk terus berada disana bahkan tetap memilih merantau kesana demi pendidikannya,. Untuk itulah, jangan sampai salah memilih perguruan tinggimu ya. Semoga artikel Universitas Termurah di Jakarta ini dapat membantumu sedikit demi sedikit memahami tentang pembayaran system kuliah, baik itu di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) maupun Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Keduanya punya pro dan krontra, dan punya keuntungan dan kerugian tersendiri. Selama kamu mampu, kamu bisa kuliah dimana saja, bahkan pun memilih kuliah diluar negeri. Namun, selama kamu termasuk dalam golongan biasa-biasa saja, atau kelas ekonomi menengah, belajarlah dengan rajin. Setidaknya kamu masih punya kesempatan merasakan duduk di Perguruan Tinggi bahkan untuk sekelas Universitas Termurah di Jakarta. Dan barengi usahamu dengan doa, juga restu orang yang lebih tua.

Semoga berhasil! Semangat….

 

Skip to toolbar