Apakah Fibroadenoma adalah Kondisi Serius? Simak Penjelasan Detailnya

Fibroadenoma adalah
Fibroadenoma adalah

Apakah Fibroadenoma adalah Kondisi Serius? Simak Penjelasan Detailnya – Salah satu gangguan kesehatan yang perlu dipahami adalah fribroadenoma mammae atau fibroadenoma. Istilah ini mungkin masih asing di telinga Anda. Jenis tumor jinak ini terjadi di payudara dan umumnya dialami wanita dengan rentang usia 15-35 tahun. Berdasarkan pernyataan di alodokter.com, sampai saat ini banyak pendapat yang mengatakan bahwa fibroadenoma ini adalah respons tidak normal dari tubuh wanita terhadap hormon estrogen. Lebih lanjut mengenai gejala, penyebab, dan pengobatannya, bisa Anda simak selengkapnya.

Definisi Fibroadenoma

Sampai saat ini, fibroadenoma atau tumor jinak pada payudara merupakan suatu kondisi yang sering dikaitkan dengan hormon reproduksi. Hal ini berkaitan dengan ukuran benjolan yang terindikasi fibroadenoma akan membesar saat masa kehamilan atau ketika seseorang menjalani terapi pengganti hormon. Sebaliknya, ukurannya akan mengecil ketika tingkat hormon reproduksinya menurun, misalnya ketika seorang wanita menginjak masa menopause.

Berdasarkan ilmu dari dunia medis, ditemukan bahwa ada fibroadenoma atau FAM terbagi menjadi beberapa jenis. Terdapat empat jenis yang berbeda yaitu fibroadenoma besar, juvenile, kompleks, dan phyllodes. Keempatnya mempunyai karakteristik dan kondisinya tersendiri. Untuk mengetahui jenisnya, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut sebagai dasar mendiagnosis dan melakukan tindakan penanganan.

Gejala dan Penyebab Fibroadenoma

Gejala umum ketika seorang wanita menderita fibroadenoma adalah munculnya benjolan di area payudara. Benjolan ini berbentuk bundar dengan tepian yang jelas. Benjolan ini juga mudah digerakkan dan konsistensinya terasa kenyal serta padat. Meski demikian, tidak terasa sakit di area tersebut. Kondisi seperti ini harus dipastikan dengan memeriksakan diri ke dokter agar segera mengetahui secara pasti apa diagnosis penyakitnya.

Mengenai penyebabnya, fibroadenoma adalah respons tubuh wanita terhadap perubahan hormon kewanitaan atau reproduksi wanita. Karenanya, tumor jinak jenis ini umumnya dialami wanita yang berada dalam masa reproduksi. Kondisinya rentan karena terjadinya perubahan hormon estrogen yang meningkat tajam. Perubahan hormon ini juga bisa dipicu oleh makanan atau sebab lain seperti stres. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa mendapatkan informasi cara pencegahan fibroadenoma ini dengan konsultasi ke dokter.

Pengobatan Medis untuk Penderita Fibroadenoma

fibroadenoma adalah
fibroadenoma adalah

Kondisi wanita yang memang mengalami FAM ini bisa diperiksa dengan menggunakan USG atau mammografi. Hal ini diperlukan untuk mengetahui secara detail dan pasti bagaimana sejauh ini kondisi benjolan yang dialami. Setelah diagnosisnya sudah pasti, pengobatan fibroadenoma bisa segera dilakukan.

Pengobatan medis ini terdiri atas berbagai tindakan penanganan medis. Meskipun fibroadenoma adalah tumor jinak yang tidak berbahaya, namun harus segera ditangani agar tidak menimbulkan risiko di lain waktu. Kondisi normal juga harus dikembalikan demi kenyamanan pasien.

Tindakan pengobatan yang dilakukan adalah dengan lupektomi atau operasi pemotongan atau pengangkatan benjolan dari payudara. Tindakan kedua yang dimungkinkan adalah cryablation atau memasukkan alat tipis menyerupai tongkat ke benjolan untuk menyemburkan gas yang membekukan jaringan. Kemungkinan tindakan mana yang akan dilakukan, dokter akan mempertimbangkan beberapa hal terkait dengan kondisi benjolan dan kondisi pasien.

Setelah membaca uraian ini, Anda bisa mengetahui efek dari peningkatan hormon estrogen yang memicu terjadinya tumor jinak. Fibroadenoma adalah suatu gangguan kesehatan yang harus segera ditangani agar tidak menimbulkan risiko lain. Pemeriksaan dan penanganan secara medis oleh tim medis yang terpercaya bisa mengatasi hal ini. Mengenali gejalanya sejak dini adalah tugas setiap wanita agar kondisinya bisa segera ditangani. Jadi, sadari kondisi diri Anda karena berkaitan dengan kesehatan.

Sumber artikel:

Sumber gambar:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *