Matrikulasi Universitas Dian Nuswantoro

Matrikulasi merujuk kepada proses kemasukan rasmi ke universiti, ataupun proses kelayakan untuk masuk ke universiti.(https://ms.wikipedia.org/wiki/Matrikulasi)

UDINUS yang sekarang memiliki 15 program studi dan terus melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi luar dan dalam negeri ini telah menerapkan sistem matrikulasi untuk calon mahasiswa baru (camaru) sejak tahun 1995 (dulu masih bernama STMIK Dian Nuswantoro ). Tujuan dari matrikulasi ini adalah untuk penyesuaian kompetensi calon mahasiswa baru dengan ilmu-ilmu dasar sesuai program studi sebelum perkuliahan reguler dimulai.

Pada matrikulasi ini, calon mahasiswa baru (camaru) diberikan materi perkuliahan sebanyak 1 sampai 2 mata kuliah yang besar sksnya sekitar 2 sampai 4 sks tergantung program studi. Dengan jadwal 14 kali tatap muka, dan minimal kehadiran 75%. Pada matrikulasi ini juga ada ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS), seperti perkuliahan reguler hanya dipadatkan saja jadwalnya.

Matrikulasi berbeda dengan DINUS Inside, materi matrikulasi disesuai dengan program studi masing-masing, dan setiap tahunnya bisa berbeda sesuai keputusan akademik. Salah satu contoh program studi teknik informatika memberi materi PTI (Pengantar Teknologi Informasi) yang di ajarkan adalah prinsip dasar komputer, dasar teknik informatika, dasar pemrograman, cara coding, dsb. Ada juga beberapa program studi yang memberi materi Soft Skill untuk materi matrikulasi.

Konsekuensi matrikulasi adalah nilai pada matrikulasi dijadikan nilai mata kuliah di perkuliahan reguler. Bagi yang tidak mengikuti matrikulasi maka di perkuliahan reguler harus menginputkan mata kuliah yang diberikan di matrikulasi. Untuk Calon Mahasiswa Baru yang nilai matrikulasinya kurang bagus diberi kesempatan untuk mengulang di perkuliahan reguler.

NB:
** Perlengkapan Matrikulasi di sesuaikan dengan mata kuliah, termasuk bagi calon mahasiswa baru dari luar kota diharapkan memiliki tempat kos di sekitar kampus UDINUS.
** Jangan takut dengan matrikulasi. Matrikulasi hanya pembekalan, bukan DINUS Inside.

** Untuk Yang Mau Tau DINUS INSIDE dan DINUS Inside tahun lalu silahkan baca diĀ http://events.dinus.ac.id/dinus-inside/

Jadwal Matrikulasi hubungi panitia dan jangan lupa untuk selalu melakukan update data ke biro akademik.

Contact Person : Elkaf Rahmawan (08156534856)

Bookmark the permalink.

Comments are closed.