Perluas Lingkungan Pergaulan di Kampus Guna Mencari Kesempatan Kerja

Lovie adi saputra

Lovie Adi Saputra merupakan salah satu alumni Universitas Dian Nuswantoro, kampus IT terbaik se-Kota Semarang, jurusan Teknik Informatika. Dia masuk UDINUS pada tahun 2001 dan lulus pada tahun 2008. Lovie bercerita bahwa semasa kuliah, dia sibuk bekerja sambil kuliah.  Banyak profesi yang pernah dijalaninya selama masa kuliah, diantaranya yaitu teknisi toko komputer, teknisi warnet, sales, bagian administrasi, kepala gudang dan lain-lain. Sebagian pekerjaan yang pernah dia jalani diperoleh dari teman-teman sekampus yang sebelumnya telah bekerja di perusahaan tersebut. Bisa dibilang ikatan alumni UDINUS cukup kuat. Lovie beranggapan bahwa IPK dapat membuktikan segalanya, meskipun banyak yang IPK nya hancur tetapi memiliki tingkat kemampuan skill yang istimewa.

Menurut Lovie lingkungan kampus UDINUS itu istimewa. Kampus yang tergolong mahal biasanya terdapat beberapa jenis mahasiswa, diantaranya yaitu: 1. Anak orang kaya, bisa jadi anak pejabat atau pengusaha, mayoritas kurang berprestasi di bidang akademik akan tetapi bagus dari sisi bisnisnya. 2. Anak orang biasa, dengan kemampuan ekonomi yang biasa. 3. Anak orang pas-pasan, dengan mayoritas prestasi akademik yang bagus, serta memiliki beberapa skill di bidang IT yang mendalam.

Selama diri kita pandai bergaul di lingkungan kampus, maka akan semakin banyak peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Misalnya, ada teman yang sudah bekerja terlebih dahulu kemudian menarik kita untuk bekerja di perusahaan tempat dia bekerja atau ada teman yang sudah menjadi pengusaha maka kita pun juga bisa mencari pekerjaan di tempat mereka, bahkan menjadi partner bisnisnya. Setidaknya melalui teman-teman selama kita kuliah, kita bisa mendapatkan informasi mengenai peluang pekerjaan.

Lovie Adi Saputra bercerita bahwa dia mulai menjalani dunia kerja melalui bantuan teman-teman sekampus, bahkan ia juga memulai bisnis dengan teman-teman sekampusnya juga. Hingga kini dirinya masih menjalankan usaha dengan teman sekampus. “Ahamdulillah teman-teman seangkatan saat ini sudah memiliki pekerjaan yang nyaman dan saya pun sekarang sudah bekerja di suatu lembaga Pemerintah Non-Departemen sebagai teknisi. Persahabatan yang terbentuk di kampus sungguh luar biasa bagi saya.”, kata Lovie. Dia juga menceritakan bahwa sampai saat ini masih sering menghubungi Bapak Ifan Rizqa, salah satu dosen UDINUS, yang sering memberikan saran kepada dirinya.

Lovie juga tak lupa untuk memberikan pesan kepada UDINUS agar selalu membekali mahasiswa dengan keahlian yang cukup dan kemampuan toefel yang mumpuni.

 

“Selalu pelajari dan amati lingkungan disekitar mu. Kemudian temukan sesuatu yang baik dan bermanfaat disana” – Lovie Adi Saputra

Bookmark the permalink.

Comments are closed.