PENERAPAN E-BUSINESS PADA OLX

olx_indonesia

 

TENTANG OLX

OLX Indonesia (sebelumnya bernama tokobagus.com dan berniaga.com) adalah sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa secara daring.

OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk elektronik, otomotif, rumah, peralatan rumah tangga, aneka jasa, dan juga lowongan kerja.

 

OLX merupakan jenis E-Business C2C (Consumer to Consumer)

C2C adalah jenis e-business yang memungkinkan seorang konsumen bisa menjadi penjual barang atau jasa yang menyediakan barangnya dan jasa untuk konsumen yang lain. Pada model C2C, memungkinkan kita bisa berhubungan  konsumen lain tanpa perantara tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

 

LAYANAN YANG ADA DI OLX

Pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh OLX Indonesia untuk para penjual. Dalam melakukan transaksi di OLX Indonesia, baik jual ataupun beli, juga tidak dikenakan biaya. Tidak hanya itu, OLX Indonesia juga dapat menjadi search engine yang friendly karena bukan hanya pengunjung situs yang dapat menemukan iklan yang dipublikasikan, tetapi juga orang-orang yang mencari produk dan jasa melalui search engine seperti Google juga akan menemukan iklan tersebut.

 

Permasalahan yang ada di OLX

  1. Penipuan menggunakan e-cash.
  2. Kadang pengiriman susah ( karena luar kota dan tidak bisa melihat kondisi barang)

SOLUSINYA

  1. Meet up / ketemuan, biasanya dilakukan karena masih satu domisili. Disini bisa cek barang lebih detail, jika cocok tinggal bayar pakai cash atau transfer.
  2. Difotokan oleh penjual kondisi barangnya.
  3. Pengiriman menggunakan jasa kurir.
  4. Customer ambil barang sendiri di lokasi penjualan.