5 Top Jajanan Enak di Kota Semarang

Hallo! kuliner mania dan teman-teman UDINUS… ini adalah blog saya jadi ini adalah post pertama saya untuk kalian semua… Karena ini post pertama saya kita mulai dengan Kota Semarang. Indonesia terkenal dengan kulinernya yang tidak pernah habis. Setiap daerah memiliki berbagai macam kuliner yang membuat lidah ketagihan saat mencobanya. Tidak terkecuali dengan Semarang, kota Atlas ini menyimpan banyak ragam kuliner yang menggiurkan. Contohnya:

  • Lumpia atau Lunpia

Makanan Khas Semarang

Lumpia semarang adalah makanan yang berisi rebung muda, telur, dan daging ayam atau udang. Makanan ini pertama kali dibawa masuk ke Kota Semarang pada tahun 1930 oleh seorang pemuda Tiongkok bernama Jwa Dayu. Cita rasa lumpia semarang adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia.  Lumpia yang paling terkenal di semarang adalah  Lumpia Gang Lombok  atau Warung Siem. Ada 2 jenis lunpia yang bisa dipesan di sini, yaitu lumpia basah Dan lumpia Kering, yaitu lunpia yang sudah di goreng. Lunpia disajikan dengan saus yang ditaburi cacahan bawang putih, cabe rawit, dan bawang muda.

  • Ganjel rel

srg_1000_wisata-kue-ganjel-rel-humas-achmad-yani-f3dc74cc37d1f1b9ca13517f5c05f23833472384bj1ulgacuaajnxe.jpg-large-tokomesin

Roti ganjel rel adalah roti khas Semarang. Ganjel rel juga biasa disebut kue gambang. Roti ganjel rel merupakan salah satu peninggalan Belanda. Resep yang digunakan dari dulu sampai sekarang tidak pernah berubah, masih asli dari zaman Belanda dulu. Disebut ganjel rel, karena selain teksturnya yang bantat, dan juga bentuknya yang seperti ganjel rel (bantalan rel). Roti ganjel rel bertekstur agak alot, namun sangat baik bagi pencernaan. Roti ganjel rel berbentuk kotak dan berwarna coklat bertabur wijen. rasa roti ganjel rel bercita rasa kayu manis. Teksturnya ulet dan padat dipadu dengan aroma coklat dan kayu manis yang nendang di lidah. Karena teksturnya yang ulet, jika makan 2 potong saja sudah cukup mengenyangkan di perut. Dan ini juga ada bahan-bahan kalau kalian ingin mencobanya para kuliner mania… Untuk membuat roti ganjel rel, bahan yang harus kamu siapkan adalah:  400 g g tepung terigu protein sedang (cap Segitiga Biru), 150 g gula merah/aren, iris halus, 100 g mentega/margarin, 50 g gula pasir, 150 ml air, 1 butir telur, kocok sebentar menggunakan garpu, 1 sdt baking powder, 1 sdt soda kue, 2 sdt bubuk kayu manis, 2 tetes pewarna cokelat, 3 sdm biji wijen sangrai, 1 sdm susu bubuk, dan 1 sdt garam halus. Dan tidak ketinggalan aku juga memberi cara membuatnya juga guys…

Cara membuat roti ganjel:

  1. Didihkan air, rebus gula merah dan gula pasir hingga gula larut. Angkat, saring, dan dinginkan.
  2. Di tempat terpisah, campur tepung terigu dengan gula pasir, susu bubuk, baking powder, soda kue, garam dan bubuk kayu manis. Aduk rata.
  3. Masukkan telur, pewarna cokelat, margarin dan rebusan gula merah ke dalam adonan tepung. Aduk dan uleni dengan tangan sebentar hingga terbentuk adonan yang bisa dipulung atau dibentuk.
  4. Masukkan adonan ke dalam suatu wadah. Tutup menggunakan serbet basah dan diamkan selama 30 menit.
  5. Potong dan timbang adonan, masing- masing seberat 40 g. Bentuk bulat panjang dan agak dipipihkan. Letakkan adonan yang telah dibentuk di atas loyang beroles margarin.
  6. Olesi atasnya dengan air menggunakan kuas kue. Taburi biji wijen yang telah di sangrai.
  7. Panggang di dalam oven bertemperatur 170 derajat celcius selama 30 menit atau hingga kue matang, kering dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, dinginkan.
  8. Simpan kue di dalam stoples kedap udara. Sajikan.
  • Bandeng Presto

bandeng-presto-maksindo

Bandeng presto adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini dibuat dari ikan bandeng yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam. Asal mulanya ditemukan oleh Hanna Budimulya yang lahir di kota Pati, Jawa Tengah. Ikan bandeng ini kemudian dimasak pada alas daun pisang dengan cara presto. Presto adalah cara memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi. Makanan yang dimasak dengan cara ini diletakkan dalam panci yang dapat dikunci dengan rapat. Air yang berada di dalam panci ini kemudian dipanaskan hingga mendidih. Uap air yang timbul akan memasak makanan yang berada di dalam panci ini. Karena ikan bandeng terkenal memiliki banyak duri, bandeng presto adalah makanan yang digemari karena dengan cara masak presto duri-duri ini menjadi sangat lunak. Bandeng presto biasanya di hidangkan dengan sambal terasi dan nasi hangat.

  • Tahu Petis

Produk-Tahu

Tahu petis adalah jajanan khas kota Semarang berupa tahu goreng yang dimakan dengan petis (saus berwarna hitam kental yang biasanya terbuat dari udang) yang dioleskan atau disisipkan di tengah-tengah tahu. Seperti tahu pong, tapi rasanya tidak asin, yaitu berasal dari tahu putih yang digoreng sampai kecokelatan tanpa dibumbui atau dibumbui dengan larutan garam dan bawang putih saja. Sedangkan petisnya berasa manis agak sedikit asin. Agar menggugah selera, tahu petis biasanya dimakan dengan cabai rawit. Keunikan makanan ini ada pada bumbu petis berbahan dasar udang yang diracik dengan bumbu spesial sehingga menghasilkan petis udang siap saji yang bearoma harum dan tidak menyengat. Dipadu dengan tahu pong yang segar dan renyah sehingga menambah kelezatannya.

  • Nasi Gandul

    resep-nasi-gandul-khas-pati

    Nasi Gandul berwujud nasi putih hangat yang disajikan bersama lauk dari sapi, bisa daging, lidah, jeroan, paru, apapun bagian lainnya dari badan sapi. Lalu diguyur kuah campuran kaldu dan santan berwarna kecoklatan, keruh dan encer.
    Sebagai pelengkap ialah jeruk nipis, tempe yang digoreng garing serta sambal. Paling enak dinikmati sembari diselingi teh manis panas. Nasi Gandul paling nikmat disantap pada malam hari dan saat hujan. Selain makanan-makanan di atas, masih banyak lagi kuliner yang terdapat di Semarang. Jika kamu kebetulan berkunjung ke Semarang, tidak ada salahnya mencoba makanan khas di atas. Terima kasih. ^_^
    Jadi teman-teman kuliner mania tunggu kelanjutan informasi dari saya karena akan masih banyak makanan yang ingin saya ceritakan ke kalian semua.

Sumber :http://www.caramakan.net/2015/03/makanan-khas-semarang-kuliner-enak.html

2 thoughts on “5 Top Jajanan Enak di Kota Semarang

  1. I like what you guys are up too. This kind of clever
    work and coverage! Keep up the fantastic works guys I’ve included you
    guys to my blogroll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *