Macam-macam Peeling untuk Kulit

Peeling adalah prosedur perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat atau menghilangkan sel kulit mati dan menggantinya dengan lapisan kulit baru. Prosedur perawatan ini digunakan untuk memperbaiki penampilan, keindahan, dan kebersihan area kulit wajah, leher, atau lengan.

eva mulia

Peeling merupakan salah satu prosedur perawatan kulit yang umum dilakukan. Prosedur perawatan ini dilakukan dengan menggunakan larutan kimia yang dioleskan di area kulit yang akan menjalani perawatan.

Jenis larutan kimia yang digunakan biasanya disesuaikan dengan kondisi kulit pasien dan jenis peeling yang akan dilakukan.

Larutan kimia tersebut akan menyebabkan lapisan kulit terkelupas, namun akan tumbuh kembali dan digantikan dengan sel kulit baru yang lebih halus dan lebih muda. Prosedur peeling umumnya dilakukan oleh dokter kulit.

klinik eva mulia

Macam-macam Peeling

Peeling dangkal (superficial chemical peeling). Peeling yang dilakukan untuk menghilangkan sel kulit mati pada lapisan terluar kulit (epidermis).

Jenis peeling ini biasanya digunakan untuk mengatasi warna kulit tidak merata, kulit kering, jerawat, dan garis halus. Peeling dangkal menggunakan larutan kimia asam salisilat, asam glikolat, atau asam maleat.

Peeling sedang (medium chemical peeling). Peeling yang dilakukan untuk menghilangkan sel kulit mati dari lapisan epidermis dan bagian atas demis, yaitu lapisan di bawah epidermis.

Jenis peeling ini biasanya digunakan untuk mengatasi bekas jerawat, kerutan wajah, dan warna kulit tidak merata. Peeling sedang menggunakan larutan kimia asam trikloroasetat atau asam glikolat.

Peeling dalam (deep chemical peeling). Peeling yang dilakukan untuk menghilangkan sel kulit mati pada lapisan epidermis dan bagian tengah hingga bawah lapisan dermis.

Jenis peeling ini biasanya bertujuan untuk mengatasi kerutan wajah yang lebih dalam, kerusakan kulit akibat sinar matahari, bekas luka, atau pertumbuhan kelainan kulit pra-kanker. Peeling dalam menggunakan larutan kimia asam karbolat (fenol) yang dapat menyerap hingga ke lapisan dermis kulit pasien.

evamuliaclinic.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *