Ancaman Agama Terhadap Perjudian PKV Games

Banyak agama di dunia memiliki sikap berbeda terhadap perjudian. Kita telah melihat bahwa, di satu sisi, agama dan perjudian dapat hidup berdampingan dalam harmoni dan persatuan. Di sisi lain, beberapa agama sangat keras dalam kecaman mereka terhadap perjudian pkv games. Perjudian cenderung dikutuk oleh agama-agama yang bersifat monoteistik, yang mengandalkan sumber-sumber teks yang diyakini mengandung firman Tuhan, yang telah mengembangkan serangkaian doktrin yang kaku, dan yang tidak toleran terhadap penyimpangan dari ‘kredo sejati’ — singkatnya, agama-agama yang mengklaim memegang monopoli atas kebenaran dan pada saluran komunikasi dengan supernatural.

Karena itu kritik agama terhadap perjudian sampai batas tertentu dapat dijelaskan dengan melihat perjudian sebagai kegiatan yang dalam beberapa hal bersaing dengan agama, seperti yang disarankan sebelumnya oleh beberapa sarjana ( Brenner & Brenner, 1990 ; Reefe, 1987 , hlm. 61–62; Sutton -Smith, 1997 , hlm. 65–68). Dari perspektif psikoanalitik, bahkan telah diperdebatkan bahwa berjudi adalah ‘agama sekuler’ untuk neurotik obsesif ‘dan bahwa alasan sebenarnya orang Kristen menganggapnya berdosa adalah bahwa perjudian’ tidak dapat ditoleransi karena memberikan alternatif yang mirip dengan kekristenan ‘( Fuller, 1974 , hlm. 67).

Secara signifikan, Islam adalah agama dunia dengan penekanan kuat pada monoteisme dan juga secara konsisten mengutuk perjudian. Dalam masyarakat Islam, perjudian benar-benar dilarang atau sangat terbatas ( F. Rosenthal, 1975 ). Perjudian secara eksplisit dikutuk sebagai dosa dalam Alquran (Surah al-Baqarah 2: 219 dan Surah Ma’idah 5:90, 91), yang oleh umat Islam dianggap sebagai wahyu yang lengkap dan terakhir dari satu-satunya Tuhan.

Dari asalnya, Kekristenan telah kritis terhadap perjudian ( Slater, 1909). Dewan Gereja Mula-mula melarang permainan kesempatan, dan sampai saat Reformasi, Gereja pada umumnya memandang perjudian sebagai dosa dan tercela. Setelah Reformasi, sikap liberal Gereja Katolik Roma saat ini terhadap perjudian secara bertahap muncul. Permainan kebetulan tidak dianggap berdosa dalam diri mereka sendiri, tetapi hanya jika dimainkan berlebihan dan ketika mereka ‘menghilangkan seseorang dari apa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhannya dan kebutuhan orang lain’ (The Roman Catholic Catechism, paragraf 2413). Namun, ada banyak orang Katolik Roma, terutama di Amerika Serikat, yang sangat menentang perjudian dan ingin Gereja mempertimbangkan kembali sudut pandangnya saat ini.

Dengan kemunculannya, Protestan asketis menekankan argumen yang berkaitan dengan etos kerja yang menentang perjudian. Gereja-gereja Lutheran telah keras dalam kecaman mereka terhadap perjudian, dan umumnya menyatakan bahwa semakin dogmatis mereka, semakin kuat mereka menolak perjudian. Sejak 1950-an banyak gereja Lutheran telah mengadopsi pandangan yang lebih permisif terhadap perjudian, tetapi masih ada, terutama di Amerika Serikat, sejumlah besar Lutheran yang dengan tegas mengecam semua bentuk perjudian.

Ketika, di sisi lain, perjudian dan agama hidup berdampingan secara harmonis dan menyatu satu sama lain, agama yang paling umum adalah jenis animistik dan politeistis, seperti sistem kepercayaan tradisional orang Indian Amerika Utara. Agama Cina — seperti yang dipraktikkan di Cina daratan pra-revolusi dan di Taiwan dewasa ini — juga merupakan contohnya. Secara singkat dapat digambarkan sebagai gabungan dari pemujaan leluhur, pengabdian kepada dewa-dewa lokal, ajaran filosofis dan moral Konfusianisme dan Taoisme, dan keyakinan akan nasib. Sistem semacam itu mengakui banyak dewa dan roh, dan ada toleransi terhadap berbagai pendapat dan inovasi keagamaan. Singkatnya, tidak ada klaim untuk memonopoli masalah agama dan transenden. Tampaknya ada beberapa,

Sebelumnya kami menggambarkan kepercayaan luas di Italia selatan tradisional bahwa orang-orang kudus dan roh orang mati membantu pemain lotre. Tidakkah penggabungan antara Katolik Roma dan perjudian ini bertentangan dengan argumen yang hanya menyatakan bahwa agama yang ingin memonopoli dalam hal-hal supernatural cenderung mencela perjudian? Kita harus mempertimbangkan bahwa, dalam kasus agama-agama besar dan mapan yang telah menyebar ke banyak masyarakat dan budaya, sering ada perbedaan, kadang-kadang sedikit tetapi kadang-kadang besar, antara agama resmi dan agama yang sebenarnya dipraktikkan secara lokal. Katolik Roma populer di Italia selatan tradisional, melalui kultus orang-orang kudus setempat, karakter politeistik, dan sistem kepercayaan lokal termasuk berbagai bentuk sihir, sihir,Binde, 1999 ). Keyakinan-keyakinan ini sangat terintegrasi dalam pandangan dunia orang-orang biasa sehingga Gereja, meskipun berupaya untuk melakukannya, tidak dapat menekan mereka. Dengan demikian, agama yang di Italia selatan dikaitkan dengan perjudian lotere sebenarnya adalah sistem kepercayaan politeistis dan animistis, yang ditransmisikan dari generasi ke generasi terutama melalui tradisi lisan, dan karena itu dapat dikenakan variasi dan inovasi lokal.

Kontras antara agama resmi dan agama yang dipraktikkan secara lokal juga menjadi ciri khas Hindu dan Budha. Hinduisme adalah agama yang memiliki banyak segi di mana lapisan kepercayaan yang lebih tua telah diintegrasikan dengan yang lebih baru. Dalam praktik keagamaan populer, sejumlah besar dewa disembah; Namun, dalam doktrin agama resmi, ada penekanan pada beberapa dewa tinggi, dan aturan moral yang ketat telah ditetapkan. Ambiguitas serupa ditemukan dalam pandangan Hindu tentang perjudian. Di satu sisi, perjudian telah lama dilakukan di India dan oleh tokoh-tokoh dalam mitologi; di sisi lain, otoritas agama mengecam keras perjudian, dan sebagian besar bentuk perjudian saat ini ilegal di India. Hubungan antara agama Buddha dan perjudian sebanding. Dalam praktik populer, Buddhisme seringkali merupakan agama politeistis dengan banyak dewa, dan perjudian telah, atau sekarang, tersebar luas di banyak negara Buddha, seperti Thailand. Banyak orang percaya jelas tidak mengalami konflik antara agama dan perjudian mereka; misalnya, judi di pemakaman Thailand sangat umum (Klima, 2002 ). Akan tetapi, menurut doktrin Buddhis ortodoks, perjudian adalah kegiatan yang menjauhkan dari jalan yang benar dari perkembangan spiritual, dan semua bentuk perjudian kecuali lotere adalah ilegal di Thailand.

Dengan demikian, agama-agama yang mengklaim monopoli ketat dalam hal-hal yang berkaitan dengan ilahi dan supranatural cenderung memiliki sikap kritis terhadap perjudian, sementara agama-agama politeistis dan animistis, di mana tidak ada klaim kuat seperti itu, menerima perjudian dan sering bergabung dengan perjudian. Variasi dari waktu ke waktu dalam sikap agama tertentu terhadap perjudian, tentu saja, dapat dipahami hanya dengan analisis yang lebih rinci tentang pergeseran dalam doktrin moral dan konteks politik dan budaya. Misalnya, kritik ringan terhadap perjudian yang diungkapkan oleh iklan yang dibahas dalam pengantar makalah ini, di mana Gereja Swedia bertanya kepada pembeli tiket lotere jika mereka mencari harapan di tempat yang tepat, menggambarkan perubahan sikap terhadap perjudian. Dengan beradaptasi dengan penilaian moral yang lebih liberal saat ini dalam masyarakat pada umumnya, Gereja telah, selama 50 tahun, memodifikasi sudut pandang puritannya sebelumnya dalam banyak hal dan menjadi lebih modern dalam sikapnya: pasangan homoseksual diberkati di gereja, ‘dialog’ ‘Ditahan dengan imigran di agama mereka, dan ide-ide panteistik kehadiran Allah dalam sifat murni, daripada di Surga, diterima. Demikian pula, judi tidak lagi dianggap berdosa oleh Gereja Swedia, tetapi sebagai sesuatu yang sayangnya melibatkan banyak orang yang dianggap mengalami perasaan tidak puas dengan hidup mereka. Karena itu, ketika Gereja masih memiliki wewenang yang menentukan dalam masalah-masalah moral di Swedia, penjudi dengan keras dikutuk sebagai orang berdosa.

Leave a Reply