Simak Kiat-kiat Interview di Toko Berikut Bagi Anda yang Ingin Lolos!

interview-di-toko-1

Segala jenis pekerjaan memerlukan adanya wawancara kerja (interview). Pada saat wawancara kerja, pelamar akan bertemu dengan bagian dari tempat kerja tersebut; bisa pemiliknya langsung atau orang yang ditunjuk sebagai interviewer. Kesempatan tersebut digunakan sebagai ajang untuk menilai pelamar mulai dari segi berpakaian hingga kepribadiannya.

Kiat-kiat Interview di Toko

Berikut ini adalah tips interview kerja di toko yang kami rangkum dari web Langkung.com yang dapat Anda ketahui ketika akan melakukan wawancara kerja :

Tepat waktu

Biasanya dalam wawancara kerja, anda akan diminta datang ke tempat perusahaan dengan waktu yang sudah ditentukan. Pastikan anda datang tepat waktu ya! Akan lebih baik jika anda yang menunggu wawancara kerja dari pada pihak toko yang menunggu anda.

Gunakan Pakaian yang Rapi dan Pantas

Anda dapat menggunakan pakaian yang rapi seperti hem dan celana formal, serta sepatu yang formal juga. Sebagai kesan pertama yang rapi. Walaupun jika saat kerja nanti anda tidak menggunakan setelan seperti itu, mungkin menggunakan seragam dari toko, kesan yang anda timbulkan pertama kali akan mempengaruhi nilai anda di hadapan interviewer.

Jangan Lupa Bawa KTP / Kartu Identitas Lainnya

Bawalah identitas diri anda dan berkas-berkas yang anda siapkan untuk melamar pekerjaan. Akan lebih baik jika anda sudah mempersiapkan kopiannya. Anda harus paham mengenai apa yang telah anda tulis pada surat lamaran anda. Hal itu menunjukkan tanggung jawab anda terhadap diri anda sendiri.

Tunjukkan Pribadi yang Santun dan Beradab

Berikan salam sebelum pihak toko memberi salam lebih dulu. Dibarengi dengan senyuman yang terlihat tanpa paksaan. Duduklah ketika telah dipersiapkan. Etika anda akan menjadi nilai plus bagi pihak toko.

Berikan Jawaban Terbaik dan Tulus dari Dalam Hati

Jawab pertanyaan yang diajukan secara jelas. Anda tidak dianjurkan untuk menjawab hanya dengan satu kata atau beberapa patah kata, ini tidak memberikan perasaan puas pada interviewer. Berikan jawaban beberapa saat setelah pertanyaan selesai dilontarkan, anda tentu memahami apa yang ada pada diri anda, hal ini menunjukan bahwa anda antusias!

Ciptakan Suasana Wawancara yang Menyenangkan

Selipkan humor sebagai pemecah suasana. Posisi di toko memungkinkan anda untuk bersikap komunikatif dan humoris. Anda akan memberikan kesan positif pada diri anda di hadapan interviewer. Namun, yang harus anda perhatikan adalah waktu yang tepat ketika melontarkan humor dan humor yang disarankan hanya humor yang ringan, yang tetap bersifat sopan.

Utarakan Value Diri Anda dengan Pantas

Anda tidak perlu menunjukkan keagresifan anda terhadap pendapatan yang akan anda peroleh, sebagai pemula, kurang sopan jika anda mengajukan nilai terhadap pihak toko. Anda akan beruntung jika pihak toko sudah membicarakannya pada saat wawancara kerja, pada saat itu, anda dapat mengajukan negosiasi.

Tonjolkan Aura Positif

Berikan kesan bahwa anda merupakan orang yang gesit dan dapat dipercaya. Nilai tersebut merupakan nilai yang penting ketika anda ingin bekerja di sebuah toko.

Jika anda memiliki kelebihan, anda dapat mengungkapkannya, tanpa mengurangi rasa hormat pada pihak toko tentunya. Hal yang telah anda sampaikan bisa jadi malah menambah penilaian diri anda, apalagi jika kelebihan tersebut sejalan dengan bagian yang sedang dibutuhkan di toko.

Pilih Kalimat Penutup yang Singkat dan Bernilai

Anda dapat mengakhiri wawancara kerja tersebut setelah pihak toko menutup pembicaraan. Yang selanjutnya anda lakukan adalah mengakhirinya dengan mantap. Tidak perlu terlalu bernafsu, sekalipun anda memang benar-benar menginginkan pekerjaan itu, dengan berkata “hubungi saya kembali ya pak/bu”. Jika anda melakukan hal itu, anda akan terlihat tidak mempercayai pilihan dari pihak toko. Tidak lupa, ketika akan meninggalkan ruangan, ucapkanlah terima kasih dan salam.

Anda telah melakukan hal yang baik yang dapat anda lakukan. Anda memberi diri anda kesempatan untuk berkembang. Semoga sukses!