Apa itu data base

pengertian data base

data base adalah teknologi untuk memproses data sehingga menjadi informasi. teknologi yag dimaksud adalah sistem pengolahan basis data atau data base
data base itu berasal dari beberapa data yang telah disusun sedemikianrupa melalui ketentuan dan atau aturan tertentu yang saling berkait, sehingga dapat memudahkan bagi pengguna data base untuk mengelola dan juga dapat memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi yang di inginkan.

data base sendiri memiliki beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan, salah satunya adalah data base dapat menyeleksi data menjadi suatu kelompuk yang urut dengan cepat. sehingga bagi pengguna juga dapat informasi yang dibutuhkan secara cepat pula.

contoh data base dalam kehidupan adalah pembuatan kartu mahasiswa yang menyertakan nama, NIM, TTL, jenis kelamin, dan status mahasiswa

Apa itu sistem bilangan komputer

Pengertian sistem bilangan komputer

sistem bilangan komputer atau number system adalah suatu besaran dari suatu item fisik yang menggunakan basis yakni base atau radix yang tergantung dari jumlah bilangan tertentu yang digunakan. dengan demikian demikian sistem bilangan komputer ini mempunyai base atau radix, absolute digit, dan positional atau place value.

Dalam suatu sistem bilangan komputer memiliki beberapa jenis sistem bilangan, seperti:

Sistem bilangan komputer desimal atau decimal numbering system
Sistem bilangan komputer biner atau binary numbering system
Sistem bilangan komputer octal atau octenary numbering system
Sistem bilangan komputer hexadesimal atau hexadenary numbering system

contoh konversi sistem bilangan komputer dari sistem bilangan desimal ke sistem bilangan komputer octal
pembagi 8
misal 33(10)
maka 33 : 8 = 4 sisa 1
4 : 8 = 0 sisa 4
0 : 8 = 0 sisa 0
hasilnya 41(8)

Teknologi informasi terkini

Pengertian teknologi informasi

Teknologi informasi atau information technology adalah teknologi yang membantu manusia untuk membuat, mengubah, menyimpan, dan membagikan informasi kepada sesama manusia.

Tujuan diciptakan teknologi untuk mempermudah atau mengefisiensi manusia dalam melakukan aftivitas. Secara umum teknologi informasi adalah untuk mempermudah manusia dalam memperoleh berbagai macam informasi dari berbagai belahan dunia.

Teknologi informasi diberbagai bidang memiliki manfaat masing – masing seperti contoh

Bidang pendidikan
Pendidikan adalah sarana untuk mendapatkan informasi yang memungkinkan bertukan informasi dengan sesama manusia, baik yang anak – anak maupun orang dewasa sekalipun. Anak – anak mendapatkan informasi pada masa sekolah nelalui guru, buku pelajaran, teman sekelas, teman bermain, internet dan orang tua.

Contoh dari teknologi informasi masa kini dibidang pendidikan :
Infocus atau proyektor yang digunakan oleh pengajar pendidik pada masa kini