Tugas Analisis IMK

Analisa dibawah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Interaksi Manusia Dan Komputer, berisi tentang analisa user interface pada website portal berita (www.detik.com, www.tribunnews.id, www.antaranews.com, www.viva.co.id, www.suaramerdeka.com).

  1. Metaphore (Metafora).

Adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah. Menghubungkan presentasi dan elemen-elemen visual dengan item-item yang berkaitan.

Dalam interface detik.com menggunakan  metaphore objek berupa Video Player, yang bisa digunakan sebagai fasilitas untuk memutar dan melihat video bagi pengunjung detik.com.

untitled

  1. Clarity (Kejelasan)

Adalah alasan yang kuat / masuk akal digunakannya setiap elemen yang berada dalam suatu interface yang dibuat. Penggunaan yang sedikit akan lebih baik. Pada tampilan web sindonews.com dari segi Clarity cukup baik karna tidak terlalu banyak memasukan elemen yang tidak terlalu penting, hanya terdapat beberapa tampilan dari iklan yang terlihat sedikit menggangu.

Dalam situs sindonews.com navigation bar kolom berita utama menggunakan background color berwarna putih.

sindo

  1. Consistency (Ketetapan)

Adalah konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography , teks, dll. Terdapat konsistensi yang baik dalam layar maupun antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap platform mungkin memiliki panduannya.

Dalam web detik.com ini untuk segi konsistensi gambar, ikon, typography dan teks, terbilang konsisten, namun dalam segi konsistensi warna terbilang  tidak konsisten, dikarenakan setiap halaman memiliki tema berita yang berbeda sehingga pewarnaan lebih disesuaikan pada tema berita dibandingkan dengan konsistensi warna pada halaman-halaman lainnya.

untitled3

  1. Alignment (Perataan)

Digunakan untuk perataan element yang ada, perataan tersebut dapat digunakan rata kiri, kanan atau tengah. Dunia barat dimulai dari kiri atas. Mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah.

Pada Detik.com penggunaan aligment diaplikasikan dengan menggunakan frame. Frame tersebut digunakan untuk mengalokasikan komponen-komponen berita yang disediakan, untuk meratakan konteks berita dan element yang berkaitan, mengelompokan informasi dan berita dengan judulnya.

untitled5

  1. Proximity

Item-item yang berkaitan ditampilkan bersama. Karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antar item-item tersebut.

Dalam web detik.com ada pendaftaran sebagai anggota detikconnect, didalam pendaftaranya item username, password, repassword dan E-mail ditampilkan bersama, ini menunjukan bahwa  item-item tersebut saling berhubungan karna salah satunya tidak terisi maka tidak akan terproses.

untitled6

  1. Contrast (Keserasian Tampilan)

Keserasian tampilan akan membuat anda tertarik, memandu mata anda melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Contrast dapat digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men-set item yang paling utama. Item yang paling utama diberi highlight.

Pemberian backround warna pada masing-masing pembagian jenis berita. Diberi warna yang contras agar dapat memperkuat focus interface.

untitled7

Kesimpulan:

Dari 7 web(www.detik.com, www.tribunnews.id, www.antaranews.com, www.viva.co.id, www.suaramerdeka.com, www.sindonews.com, www.kompas.com ) yang dibandingkan kami memilih www.detik.com karena user interfacenya sudah memenuhi kriteria yang disebutkan diatas.

Disusun Oleh:

  1. Teguh Prabowo – A12.2016.05509
  2. M. Ramadhan – A12.2016.05515
  3. Bagus Adi K – A12.2016.05516
  4. M. Mugnilabib – A12.2016.05517
  5. Apriliya Astarini – A12.2016.05522

Terima Kasih