ANALISIS WEBSITE PARIWISATA DI INDONESIA

Analisis di bawah ini memenuhi tugas mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer.

Nama kelompok:

  1. Dian Afriza A12.2016.05533
  2. Rachmawati Anisyia Hapsari A12.2016.05527
  3. Riza Naufal Afif A12.2016.05528

 Website Wisata Kota Makassar

picture1

Pertama kali masuk ke halaman website Explore Makassar user akan langsung diarahkan pada beranda website dengan tampilan yang menarik dan simpel berupa tampilan gambar utama yaitu panorama kota makassar. Kelebihan user interface website ini sudah cukup bagus karena tampilan gambar dan tulisan dapat berubah-ubah dan beralih posisi ke sisi halaman website. Pada bagian header halaman website ini terdapat beberapa menu penting yang dibutuhkan user untuk memperoleh informasi yaitu seperti, Beranda, Tentang Makassar, Destinasi Blog, Panduan, Kontak.

picture2

Kelebihan lainnya yaitu website ini menampilkan nama destinasi  wisata beserta dengan gambarnya dan jika di klik pada salah satu destinasi wisata akan beralih ke halaman yang berisi tentang informasi wisata tersebut, sehingga membuat user merasa tertarik.

Namun kelemahan dari itu adalah, kurangnya warna latar belakang pada website sehingga website terlihat kurang berwarna dan hanya mengandalkan gambar utama yang ditampilkan.

Website Wisata Kota Bandung

picture3

Pada website wisata kota Bandung terdapat kelebihan yaitu tampilan gambar dapat berganti-ganti dengan sendirinya. Terdapat berbagai menu pada header website yang memudahakan user untuk memperoleh informasi  lebih lengkap.

Sedangkan Kelemahan dari user interface nya  yaitu warna kurang menarik , terkesan monoton dan mati.

Bahasa yang digunakan dalam website ini pun menggunakan bahasa inggris, sedangkan tidak semua user  dapat mengerti.

Saran untuk website ini adalah tampilan warna dalam user interfacenya sedikit lebih cerah,serta  gambar yang ditampilkan juga tidak gambar zaman dahulu, dan ditambahkan menu pilihan bahasa supaya semua pengujung website lebih nyaman dan mengerti konten website.

Website Wisata Dieng Plateau

picture4

Desain Website Wisata Dieng Plateau menampilkan gambar beserta detail wisata yang sudah sangat informatif.  Warna yang diterapkan netral, tidak mencolok, tidak juga monoton. Pada bagian header halaman website  terdapat beberapa menu-menu penting yaitu Home, Hotel, Paket wisata Dieng, Outbond Dieng, Objek Wisata, Panduan Wisata. Namun terdapat  kelemahan yaitu pada bagian kanan atas halaman webite tercantum nomor telepon , namun tidak disebutkan kegunaan nomor tersebut sebagai apa.

Website Wisata Kota Klaten

picture5

Website Wisata Kota Klaten ini terdapat kelebihan yaitu tampilan gambar dapat berganti dengan mengklik icon navigasi kanan dan kiri, gambar tersebut berisikan informasi dan destinasi wisata yang ditonjolkan. Kelebihan lainnya yaitu jika mengarahkan kursor pada menu bar akan muncul drop down yang berguna untuk meringkas menu-menu yang tidak ditampilkan pada header website.

Kelemahannya adalah tampilan gambar atau user interface nya  terlalu besar. Baiknya ukuran gambar sedang  dan cukup ada tulisan dan informasi saja. Penggunaan warna kurang menarik karena hanya satu warna hitam saja.

Website Wisata Kota Lombok

picture6

Desain Website Wisata Kota Lombok ini sudah sangat baik karena tampilan halaman website menggunakan warna yang cerah yaitu warna biru. Dan ditonjolkan gambar latar belakang yaitu panorama pantai di Lombok. Menurut kami sudah sangat pas dipadukan dengan warna yang senada. Terdapat berbagai menu pada tiap sisi website, itu akan memudahkan user untuk memperoleh informasi pada website ini.

Sedangkan kelemahan dari website ini adalah terlalu banyak tulisan sehingga website ini terlihat penuh dengan tulisan.  Dan penggunaan bahasanya menggunakan bahasa asing, yang tidak semua user dapat mengerti dan paham terhadap informasi yang disuguhkan.

Saran nya ditambahkan pilihan bahasa supaya semua pengujung website lebih nyaman membaca konten website.

Website Wisata Borobudur

picture7

Tampilan interface pada Website Wisata Borobudur ini sudah pas dengan gambar yang dipilih. Gambarnya juga menandakan khasnya wisata jogja. Hanya saja kelemahan nya adalah gambar tidak bisa berubah ubah dengan sendirinya seperti pada kebanyakan website lainnya. Bahasanya menggunakan bahasa asing yang menurut kami kurang pas dengan user dari lokal. Dan terlalu banyak tulisan. Saran nya adalah gambar dalam tampilannya bisa di ubah agar bisa berubah ubah gambar wisatanya, bahasa seharusnya bahasa yang bisa di mengerti di dunia misal di beri pilihan bahasa masing masing negara, tools nya bisa di drop down atau drop up, dan jangan terlalu banyak tulisan.

Website Wisata Kota Banyuwangi

picture9

picture10

Desain pada website Wisata Kota Banyuwangi ini sudah cukup bagus karena gambar dapat berubah ubah dengan ukuran yang maksimal sehingga cukup membuat menarik. Kelemahannya, keterangan dalam website ini kurang ada, maksutnya yaitu informasinya. Dan menu-menu toolnya berada di bawah, jadi harus scroll kebawah dulu baru dapat melihat isi dalam website tersebut.

Sarannya yaitu gambar yang menjadi user interfacenya akan lebih bagus jika diperkecil sedikit.

Menu-menu di letakkan diheader website, informasinya di tulis sedikit di sekitar halaman user interface.

Lalu website ini berisikan tentang informasi wisata, bukan hotel. Jadi menurut kami kurang efektif, ada baiknya jika tidak terlalu menyuguhkan destinasi hotel, karena terkesan seperti promosi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *