Perbandingan User Interface Sosial Media

Nama Kelompok :
1. CITHA RAHMANITA ( A12.2016.05460 )
2. DIDIK BURHANIS SYARIF ( A12.2016.05482 )
3. ANGGRAYTA DEWI SAWITRI ( A12.2016.05499 )
4. ELSA RYAN PRAMADYA ( A12.2016.05537 )

Perbandingan User Interface – SOSIAL MEDIA

 

1.Facebook

capturew

 

 

 

 

 

Gambar Diatas Merupakan User Interface/Tampilan dari facebook Sebelum Kita Login

Tampilan desain website Facebook sangat baik dari segi User Interface. Sebab tampilan desain simple, Menu yang ditampilkan tertata rapi seperti Menu Login letaknya di Atas, Pendaftaran di tengah, dan bawah mengenai Pengaturan berbagai macam Bahasa. Sehingga, memudahkan pengguna dalam interaksinya untuk mengetahui informasi yang ada.

captureg
Ketika Kita Akan Mendaftar/Membuat Akun Facebook Cara nya Sangat Simpel, karena kita bisa menemukan menu Pendaftaran (buat akun) dengan mudah, dan penempatan menunya pun sangat baik, karena langsung muncul pada tampilan utama facebook.

p

e

-Ketika Kita Akan Login kita bisa menemukan menunya di sebelah kanan atas, hanya saja tampilan Login Menurut Saya terlalu SImpel,dan terlihat membosankan.

-Ketika kita akan mengubah bahasa Caranya juga Mudah, karena Facebook menempatkan Pengaturanya di sebelah bawah, hanya saja menurut saya tampilanya(ukuran font ) terlalu kecil,sehingga membuat kurang nyaman ketika dilihat.

 

Tampilan Setelah Login

capturez

Tampilan desain website Facebook Setelah Login sangat baik dari segi User Interface. Sebab tampilan desainnya Konsisten dan penggunaan font yang sama pada seluruh halaman Facebook  agar tidak membingungkan pembaca, serta menempatkan Header & Footer pada posisi yang sama di tiap – tiap halaman Facebook.

captureb

Tampilan Obrolan Chat Dan Permainan Tersusun Rapi Di Sebelah Kanan,dan disertai dengan foto profil berbentuk lingkaran. Sehingga Mempermudah User Untuk Menggunakan Fitur ini.

 

 

2.Twitter

   Tampilan Sebelum Login

captureo

Gambar Diatas Merupakan User Interface/Tampilan dari Twitter Sebelum Kita Login.

Tampilan desain website Twitter Cukup baik dari segi User Interface. Tetapi Menurut Saya Penggunaan Warna Pada Toolbar Kurang Cocok (gambar no 1)., Warna Hijau terlalu cerah, sehingga ketika kita melihatnya terlalu lama, mata akan cepat Lelah, sebaiknya gunakan warna biru,
Warna biru telah lama diketahui sebagai warna yang mampu menenangkan termasuk menenangkan saraf mata. Dengan melihat warna biru maka Anda akan merasa lebih tenang serta ceria. Melihat warna biru juga merupakan cara yang baik untuk menghibur hati yang sedang sedih. – “Ben Schneiderman”

Lalu Untuk Ukuran Font Pada Menu Login (gambar no 2) terlalu kecil dan ditempatkan di pojok, sehingga sulit di temukan bagi orang yang awam menggunakan twitter. Seharusnya menu login dan sign up diatas dihilangkan saja, karena sudah terdapat di gambar nomor 3.

Pada gambar no 4 menurut saya warnanya tidak sesuai dengan tema, seharusnya warnanya itu seragam dengan tema (menggunakan warna hijau) sehingga bisa lebih enak di lihat, ”Hindari penempatan warna merah,hijau dan biru (RGB) secara berseberangan pada tampilan berskala besar”. –Aspek Psikologi (materi dari bu titin pada pertemuan ke 2).

Tampilan Setelah Login

capturei

Tampilan desain website Twitter saat login menurut kami lebih baik dibandingkan tampilan sebelum login,

karena perpaduan warnanya cocok,serta penempatan menu yang tepat.
terdapat 2 mode pada twitter (mode normal dan mode malam). Fitur ini sangat keren karena bisa
menyesuaikan pencahayaan dari layar smartphone/monitor.

capturel

 

 

 

3. Line

Tampilan Awal Line dan Login

capturew3

Pada tampilan awal ini pengguna akan diberitahu bahwa bila akan akses line harus memiliki suatu akun terlebih dahulu tetapi sebelum itu di Applikasi Line ini memberikan Suatu keamanan yang tinggi yaitu dengan adanya akses nomor handphone pengguna untuk dapat meverifikasi akun supaya lebih aman lagi,dan pengguna juga dapat masuk dengan akun facebook yang sudah ada supaya lebih cepat dalam mengakses pembuatan akun line.

Tampilan Verifikasi & Akun

captures

Pada Tampilan diatas merupakan tampilan setelah pengguna melakukan akses pembutan akun ataupun akses login di sebalah kiri yaitu merupakan tampilan diamana dari applikasi meminta kode verifikasi dengan nomor hp yang tadi dimasukan pengguna untuk dapat melanjutkan ke sesi berikutnya yaitu membuat suatu akun line dengan cara memasukan nama dan foto dimana nanti pengguna lain dapat menemukan user ini untuk dapat saling berkomunikasi bersama.

capturef

Tampilan diatas adalah tampilan proses pengsinkronisasi data supaya dapat berjalan lebih optimal lagi,dan pengguna akan lebih aman saat menggunakan nantinya.

captureok

Dalam posisi sedang aktif, Anda akan menemukan beberapa menu di bagian atas yang ditandai dengan ikon-ikon yang berbeda. Menu paling kiri adalah menu kontak teman Anda, tap dan Anda akan dapat menemukan daftar teman yang sudah ditambahkan. Dari menu ini Anda dapat memulai obrolan atau panggilan dengan hal ini anda akan dimudahkan dalam mengakses suatu komunikasi yang lebih cepat dan praktis dalam berkomunikasi dengan media sosial elektronik ini.

capture9

Menu jam mewakili fitur timeline, di sini pengguna dapat menuliskan status atau apapun yang sedang dirasakan. Anda juga bisa menyisipkan stiker agar lebih ekspresif. Kemudian menu telepon untuk mengakses panggilan suara
ke kontak Anda.

Di sisi paling kanan ada tiga bua titik yang merupakan tempat tool-tool lain berdiam diri. Jika di tap, maka pengguna akan menemukan sebaris tool mulai dari Add friends untuk menambah teman, Settings, Profile, Stiker dan lain-lain.

capture0

capturelk

Untuk pertama kali sebaiknya buka menu Settings kemudian atur kembali akun Anda, misalnya mengatur soal notifikasi, akun, provasi, PIN dan sebagainya.

PadaTampilan diatas merupakan dimana pengguna akan dimudahkan mencari teman yang berada disekitar maupun dengan mengetikan nama teman yang mau ditambahkan.

Tampilan Pesan

Tampilan interface Line, seperti tampilan jejaring sosial pada umumnya.

captureol

 

 

4. Path

     Logo path

captureioi

Pada logo tampilan path ternyata, asyik juga, pikir saya saat itu. Kayaknya warna merah (warna dominan tampilan Path) yang menghipnotis gue berpikiran seperti itu. Entah warna merah itu bisa menghipnotis atau nggak, tapi keliatannya keren di mata saya.

Tampilan sebelum login

captureioi

Tampilan pada login ada pilihan daftar dan log in pada tampilan ini didominasi dengan warna merah terang dan sedikit warna putih warna ini sangat indetik dengan path yang selalu menggunakan warna merah dan putih. Namun tetap terlihat menarik para pegguna sosial media.

Tampilan momen share

captureh

Menurut tampilan diatas timelinenya terlalu berwarna. Momen yang di-share juga bervariasi. Ada yang dengerin musik, ada yang share foto, share lokasi. Untuk bagian home  akan banyak pilihan dibagian ujung kiri bawah, tampilan ini sangat menarik berbeda dengan sosial media lain. Pada bagian  home kita dapat melihat aktivitas dari pengguna path yang lain mulai dari share musik now listening, share foto, share lokasi dll. Pada foto paling kanan dapat dilihat aktivitas dari saya maupun dari pengguna lain.

 

 

5. ASKFM

Logo askfm yang dulu dan sekarang

capture0

Menurut pendapat saya tentang logo ask fm yang dulu dengan sekarang jauh berbeda lebih terlihat elegan dengan tampilan yang baru atau sekarang dengan ikon burung hantu lebih menyimbolkan keunikan dari ask fm itu sendiri. Karena tidak banyak sumber dari pendapat orang digoogle sebagai refrensi.

Tampilan sebelum log in atau pendaftaran dari askfm

capture0

Dari gambar terlihat bahwa pendaftaran dari askfm bisa dengan menggunakan facebook agar memudahkan user.

Selain itu pendaftar juga harus mengisi biodata seperti tanggal lahir bulan dan tahunnya atau biodata secara lengkap.

Tampilan pertama masuk setelah login

capture0

Dari tampilan tersebut dengan pemakaian bahasa yang digunakan memudahakan  user akan mengakses aplikasi tersebut mudahnya dipahami. Mencari teman, memperbanyak teman, bertanya kepada kepada user lain.

Tampilan untuk berkomunikasi dengan pengguna lain

capture0

-Gambar diatas merupakan tampilan untuk menanyakan kepada pengguna lain (1)
-Pada tampilan diatas saat ada pertanyaan dari pengguna lain akan muncul seperti layar  diatas (2)

 

 

6. Yogrt

capture0

Tampilan user interface Yogrt, seperti tampilan jejaring sosial pada umumnya. Timeline berisi postingan-postingan para pengguna Yogrt yang berada disekitar Anda. Mulai dari postingan photo selfie, makanan, status galau, sampai informasi-informasi mengenai tempat makan, kesehatan, tips

Kinerja dari aplikasi Yogrt ini baik, lancar, tidak ada kendala dalam pengoperasiannya. Dari melakukan chat dengan teman, bermain game, dan mengikuti event yang sedang berlangsung. Dan jika Anda tidak menyukai seseorang yang mengganggu, akun orang tersebut bisa di-block. Dan pastikan jaringan koneksi internet berjalan dengan stabil.

Tampilan chat yang sederhan memudahkan untuk user dapat mengakses dengan leluasa tanpa ribet ataupun merasa kesusahan saat mengoperasikanya dan dilengkapi dengan emotikon emotikon yang lucu untuk mengekpresikan dengan teman yang lain.

capture0

7. INSTAGRAM

capture0

Instagram merombak tampilan aplikasi mereka, bersamaan dengan itu, Instagram juga memperkenalkan sebuah ikon baru.
Alasan dibalik perubahan ini adalah karena ikon Instagram yang lama dirasa tidak lagi mencerminkan komunitas yang telah tercipta di Instagram. Setidaknya begitulah yang disebutkan oleh Head of Design Instagram, Ian Spalter dalam sebuah blog post.

Tampaknya tidak semua pengguna Instagram setuju dengan pendapat Spalter. Meskipun terdapat pengguna yang menyatakan bahwa mereka menyukai ikon dan tampilan baru Instagram, tapi, tidak sedikit yang merasa tidak suka dan berharap bisa kembali menggunakan ikon Instagram lama.

Satu alasan mengapa para pengguna Instagram tidak suka dengan logo yang baru adalah karena ikon tersebut dianggap tidak unik, sehingga mereka tidak bisa dengan segera mengenali logo Instagram. Salah satu orang yang tidak suka dengan logo baru Instagram adalah Raya Fahreza, seorang pria yang mengaku sebagai independent videographer.

Namun, tidak semua orang memiliki pendapat negatif tentang logo dan tampilan baru Instagram.

Mereka menyatakan bahwa logo terbarunya terinspirasi dari ikon sebelumnya dengan menampikan sebuah lensa kamera yang lebih simpel dan dibalut dengan warna pelangi. Logo baru Instagram terlihat minimalis, segar dengan warna cerah, dan futuristik. Dengan kata lain, kesan masyarakat mengenai Instagram yang awalnya terlihat retro atau vintage dengan kamera polaroid sebagai ikon akan hilang dan berganti seiring tampilan logo baru. Perubahan ini berlaku tidak hanya pada logo tetapi juga tampilan dashboard yang terkesan hitam-putih.

capture0

Selain dari ikon sebelumnya, inspirasi yang Instagram dapatkan dalam membuat logo terbaru berasal dari hasil karya artistik pengguna di seluruh dunia pada akun masing-masing. Instagram memiliki pengaruh dalam memberikan inspirasi pada semua orang hanya dengan sebuah gambar yang berisi ribuan pesan. Instagram berencana perubahan logo ini berlaku tidak hanya untuk aplikasi utama mereka tetapi juga yang lain seperti Layout, Boomerang, dan Hyperlapse.
(https://id.vulcanpost.com/2016/05/13/logo-baru-instagram-minimalis/)

Pada pertengahan 2016 lalu Instagram meluncurkan fitur barunya, yaitu Instagram Stories. Langkah yang diambil Instagram ini sempat membuat heboh para pengguna media sosial karena fitur ini sangat mirip dengan fitur Stories di Snapchat.

Fitur Stories yang diusung Instagram, yang oleh beberapa orang disebut snapgram, tidak berbeda jauh. Hanya saja di Instagram pengguna dapat melihat stories siapapun tanpa harus follow terlebih dahulu, asalkan akun pengguna tersebut tidak di-set private.

Bagi pengguna yang gemar menata feed Instagram-nya dengan tema atau pola tertentu, Instagram Stories memberikan kemungkinan membagikan momen dari aktivitas sehari-hari tanpa perlu khawatir foto atau video tersebut akan ‘menodai’ feed. Karena akan hilang dalam 24 jam, kita pun dapat meng-upload stories sebanyak-banyaknya.

capture0

(https://bukugue.com/cara-buat-dan-pakai-instagram-story-atau-snapgram)

Sementara, informasi yang dimuat pada blog resmi Instagram menyebutkan selain stiker, Instagram juga menghadirkan kemampuan lain yakni opsi Hand-Free. Dengan demikian, pengguna bisa memulai mereka sebuah video dalam satu ketukan saja, tak perlu menahan ikon rekam seperti sebelumnya.

Kamu juga bisa menambahkan teks ke foto maupun video dengan mengetuk ikon teks untuk menambah teks, seperti sebelumnya.

capture0

Tak hanya itu, pada versi iOS, Instagram kini memungkinkan penggunanya untuk menyimpan unggahan Stories secara keseluruhan (diunggah dalam 24 jam terakhir) sebagai satu video utuh.

(http://tekno.liputan6.com/read/2684074/makin-mirip-snapchat-instagram-stories-kini-punya-fitur-stiker).

 

 

8.YOUTOBE

capture0

Situs media video sharing terbesar didunia youtube berubah tampilan. Sejak pada hari weekend kemarin, situs sharing video tersebut merubah penampilannya dari layout yang lama, youtube sengaja merubah tampilan websitenya karena ingin mencoba sesuatu hal yang baru. Perubahan ini juga telah disama-ratakan kepada user diseluruh dunia tanpa terkecuali.

Perubahan utama yang paling dapat kita lihat adalah tampilan layout web nya yang kini lebih bersih. Selain layout, terdapat fitur bernama Guide yang telah diupdate dan dikembangkan. Pada update terbaru ini, fitur Guide lebih dikembangkan lagi sehingga memudahkan pengguna yang subscribe video agar bisa mendapatkan informasi yang update tentang subcribernya.

Pada layout barunya, pengguna akan lebih mudah mengakses segala tombol saat melihat video. User dapat dengan mudah mengakses tombol subscribe, sosial dan informasi video yang kini tepat di bawah player berada.
Pengembangan fitur Guide juga dilakukan, fitur ini akan memberitahu apabila ada video baru di channel yang di subscribe oleh pengguna. Sehingga pengguna dengan mudah mengetahui apakah ada video terbaru tanpa harus mengunjungi channel satu persatu.

Selain itu, update baru ini memudahkan kalian untuk merubah tatanan settingan channel kalian. Merubah background, foto profile kalian, dan link ek google account menjadi sangat mudah.

capture0

Daftar video yang ada di youtube memang sekilas terlihat sama. Tapi nih jikalau kalian memang tidak puas dengan tampilan baru atau fitur yang disediakan youtube, karena kalian bisa menekan tombol Send feedback yang ada dipojok kanan bawah layar. Tombol itu berfungsi untuk menyampaikan keluhan kalian jikalau memang tidak puas dengan tampilan baru dari youtube. Memang sejauh ini nih saya sendiri cukup puas dengan layanan dan tampilan baru diyoutube. Karena saya juga bisa melihat aktifitas subcriber saya, baik dia comment di video orang lain atau.

(http://www.indogamers.com/read/11/12/2012/6573/tampilan_baru_youtube__lebih_baik_atau_ribet_/?ref=mobile)

Kesimpulan :

Kami Mengomentari tampilan ini berdasarkan teori dari Ben Schneiderman (Ilmuan Komputer dari Amerika Serikat dan Professor Teknik Informatika di University of Maryland) yang mengemukakan pendapat tentang 8 Aturan Emas Dalam Mendesain Suatu User Interface.

yaitu :

1. Konsistensi

Dalam membuat suatu user interface dibutuhkan konsistensi. Contohnya yaitu penggunaan font yang sama pada seluruh halaman website agar tidak membingungkan pembaca, serta menempatkan Header & Footer pada posisi yang sama di tiap – tiap halaman website.

2. Shortcut

Memberikan shortcut agar user dapat mengakses halaman yang diinginkan tanpa harus melewati beberapa halaman pada sebuah website.

3. Adanya tempat pengendalian internal (Locus of Control)

User dapat dengan bebas bernavigasi dan mengubah informasi akun yang dimilikinya sesuai dengan yang dikehendaki.

4. Membantu dalam mengurangi kesalahan ingatan (Ingatan jarak pendek)

Membuat desain sesederhana mungkin dan mudah dimengerti agar user dapat dengan cepat belajar cara menggunakan website yang telah kita buat.

5. Penanganan kesalahan yang ringan

Adanya pemberitahuan apa yang harus dilakukan apabila terjadi error ringan. Contohnya dalam suatu form login apabila kita tidak mengisi username kemudian kita submit, maka akan muncul pesan error bahwa username harus diisi terlebih dahulu.

6. Mempermudah untuk kembali ke tindakan sebelumnya
 
Adanya aksi yang disediakan agar user dapat kembali ke tindakan sebelumnya. Contohnya yaitu penggunaan tombol “back” pada suatu forum, apabila kita salah menekan topic yang ingin dimasuki, maka kita tinggal menekan tombol “back” agar kembali ke halaman awal dan kita bisa memilih topic yang ingin dimasuki tadi.

7. Adanya tempat pengendalian internal (Locus of Control)

User dapat dengan bebas bernavigasi dan mengubah informasi akun yang dimilikinya sesuai dengan yang dikehendaki.

8. Membantu dalam mengurangi kesalahan ingatan (Ingatan jarak pendek)

Membuat desain sesederhana mungkin dan mudah dimengerti agar user dapat dengan cepat belajar cara menggunakan website yang telah kita buat.

capture0

Perbandingan 

  • Perbandingan facebook dan twitter
  1. facebook Memiliki Tampilan yang user friendly dan mudah bagi pengguna baru di dunia internet tidak
    seperti twitter yang cenderung sulit dimengerti oleh pengguna barunya.
  2. Facebook memiliki tampilan yang lebih ringan dibandingkan twitter (Fast Loading).
  3. Sedangkan twitter memiliki Tampilan yang lebih simple tanpa diwarnai dengan iklan iklan seperti Facebook.

Kecepatan Akses

-Untuk Mengakses Facebook Kita Tidak Memerlukan Koneksi Internet yang cepat, karena dibandingkan dengan Twitter. Untuk Membuka
Facebook Itu Lebih RIngan, Karena Facebook tidak banyak menampilkan Gambar/Konten pada halaman utamanya.

  • Perbandingan Line dan Yogrt

 

  1. Hampir sama dengan sosial media yang lain yogrt memiliki tampilan dari segi kenyamanan user
    memakai aplikasi ini yaitu memiliki tampilan yang sederhana sehingga membuatnya semakin ringan
    dan mudah dimengerti oleh semua pengguna yang memakai aplikasi ini tetapi dari segi user pemakainya
    masih kalah banding denga line yang telah banyak dan user yang memakai.
  2. Dari segi inovasi line lah yang sangat unggul karena dalam pembuatan emotikon atau sticker sangat terbuka  sehingga orang yang mahir dalam mengdesain dapat berkerjasama di line membuat stiker-stiker unik, dan terdapat juga  emotikon yang dapat bergerak, sehingga membuat pengguna dapatmengekpresikan dirinya lebih untuk berkomunikasi dengan lawan chatnya.

 

  • Perbandingan Instagram dan Youtube
  1. Instagram , ketika masuk pada halaman utama instagram yang akan anda jumpai pastinya hanya gambar dan video. Jelas saja, karena instagram memang media sosial yang hanya berfokus pada penyebaran informasi melalui gambar dan video. Meskipun begitu, namun anda juga bisa memberikan detail lebih lengkap pada caption foto atau video yang anda unggah.
  2. Biasanya melalui caption inilah para pengguna instagram akan membuat keterangan secara detail. Sedangkan Youtube tidak dapat mengunggah foto seperti Instagram , jika file yang dapat anda unggah di Youtube hanyalah file berupa video.Penggabungan suara dalam video yang diunggah pada Youtube jauh lebih baik dan jernih.
    Instagram Untuk pengunggahan video, anda tak diperkenankan untuk mengunggah video dengan durasi lebih dari 1 menit. Ya, batas maksimal vide di instagram yaitu hanya 1 menit atau 60 detik.sedangkan YouTube Video yang diunggah pada YouTube tidak memiliki batas waktu maksimal. Hal ini pula lah yang menyebabkan banyak film dengan durasi panjang yang diunggah di YouTube.
  3. Instagram Untuk versi terbaru, Instagram sudah dilengkapi fitur menarik seperti snapgram. Dimana anda bisa share berbagai hal melalui snapgram ini. Mulai dari kegiatan sehari-hari atau sekedar quote. Hanya saja snap yang anda buat akan secara otomatis hilang dalam jangka waktu 24 jam.Selain itu, anda juga bisa menikmati fitur tayangan live pada instagram. Ya, anda bisa melakukan siaran langsung yang dapat dilihat oleh pengguna instagram lainnya. Atau sebaliknya, dimana anda bisa menyaksikan siaran langsung dari pengguna akun lainnya.Sedangkan Youtobe Juga bisa live streaming lebih tepatnya namun tidak dibatasin waktu seperti story diinstagram jadi kalau mau dihapus pengguna harus mengapus secara manual sendiri, dan Untuk bisa menonton video di salah satu channel YouTube, anda tak harus memiliki channel YouTube terlebih dahulu. Sebab video yang sudah diunggah di YouTube dapat diakses dengan mudah melalui halaman atau aplikasi YouTube.

 

  • Perbandingan Ask.fm dan Path 
  1. Ask.fm terdapat tampilan yang banyak iklan dibandingkan dengan path yang tidak berisi iklan
  2. penggunaan askfm lebih mudah dan simple dibandingkan dengan path
  3. Tampilan yang digunakan askfm lebih menarik perhatian pengguna daripada path karena perpaduan warna yang digunakan pada tampilan askfm lbh serasi dan mencolok dibanding dgn path yg warnanya hanya monoton

 

 

Referensi/Sumber : 

https://www.merdeka.com/sehat/melihat-ke-5-warna-ini-bikin-mata-jadi-segar.html
http://duniageek.blogspot.co.id/2012/10/8-golden-rules.html
http://www.sinyal.co.id/2016/10/yogrt-mudahnya-mencari-teman-online/3/
http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/zNA8j7vK-pro-dan-kontra-logo-baru-instagram
https://id.vulcanpost.com/2016/05/13/logo-baru-instagram-minimalis/

http://tekno.liputan6.com/read/2684074/makin-mirip-snapchat-instagram-stories-kini-punya-fitur-stiker

http://www.indogamers.com/read/11/12/2012/6573/tampilan_baru_youtube__lebih_baik_atau_ribet_/?ref=mobile

ww.robbyharyanto.com/2016/02/pandangan-robby-mengenai-path.html

 

1 Comment

  1. Anonymous
    Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *