Macam-macam Kuliner Khas Sumbawa Nusa Tenggara Barat

Inilah santapan khas sumbawa yang berbahan dasar ikan yang segar. Ikannya boleh yang berbeda sesuai dengan kesukaan kalian. Tapi yang di sarankan adalah ikan bandeng dan juga ikan kakap. Mungkin ikan tersebut lebih gurih. Kuahnya yang kekuningan yang di padukan dengan merahnya cabai. Dan juga hijau segarnya daun kemangi. Pasti sangat pedas, segar dan juga wangi. Apalagi jika di santap panas-panas di warung yang banyak sekali di sumbawa.

kuliner-sumbawa

Sepat
Ini juga merupakan santapan ikan berkuah di sumbawa. Jadi ikannya ddi bakar lalu di santap bersama dengan nasi putih panas, sambal tomat dan juga irisan mentimun, biasanya ikan yang di gunakan adalah ikan kakap ataupun ikan baronang yang berukuran sedang. Kuah sepatnya yang nanti di celupkan ikan bakar adalah terong, mangga muda, daun aru, belimbing wuluh, tomat, kemiri, dan juga asam sumbawa.

Gecok
Kalau tadi adalah santapan yang berbahan dasar ikan, tapi kalau ini berbahan dasar daging dan juga jeroan sapi. Daging, hati, dan juga jeroan di goreng lalu di masukkan ke dalam tumisan bumbu yang khas yang memakai belimbing wuluh. Ini meupakan gorengan pakai serundeng, yang di bumbui tumisan segar asam. Pastinya sangat enak dan juga lezat.

Bubur Palopo
Di dalam bahasa sumbawa, bubur palopo ini artinya bubur kerbau. Bubur ini menggunakan susu yang segar dari kerbau sebagai pengganti santan. Tambahan yang lainnya adalah gula merah dan juga air rebusan terong kuning, jadi tidak pakai daging kerbau sama sekali. Jadi jangan khawatir bagi kalian yang tidak suka daging kerbau. Bubur ini sangat enak, gurih dan juga manis.

Manjareal
Ini adalah jajanan asli dari sumbawa yang berbahan dasar kacang tanah yang di beri bumbu, dan juga di bungkus dengan daun lontar. Aromanya yang harum dan juga unik. Sangat enak jika di nikmati sambil minum teh ataupun kopi yang panas.

Palumara
santapan ini mirip dengan masakan khas bugis yang berbahan dasar ikan, hidangan dari sumbawa ini menggunakan ikan tongkol, ikan cakalang, atau ikan kakap dan juga yang berkuah santan. Yang paling populer adalah palumara dari kepala ikan yang berukuran besar. Mungkin karena lemak dan juga tulang muda di bagian kepala ikan. Ini membuat kuahnya yang encer menjadi berlemak ataupun lengket. Rasanya yang asam segar karena ada tomat merah dan juga belimbing wuluh.

Uta Londe Puru
Ikan bandeng bakar yang berukuran besar yang di biarkan saja isinya, hanya di buang jerianya saja, lalu di bakar setelah di bumbui garam. Rasanya yang gurih dan juga manis, terutama jika ikannya segar dan juga baru di tangkap. Di hidangka bersama dengan sambal kecap dan juga potongan jeruk lemon.

Uta Janga Puru
santapan ini mirip dengan ayam taliwang, ayam yang besarnya sedang, tidak di potong tapi di buat bekakak. Setelah di bumbui, kemudian ayam di bakar, lalu di santap panas-panas dengan sambal bawang, dan juga jika suka rasa yang manis, bisa meminta pakai madu sebelum di panggang.

Uta Maju Puru
Inilah salah satu kuliner sumbawa yang bahan dasarnya daging rusa. Hanya dengan di bumbui garam, kemudian daging rusa di panggang di atas bara api setelah melewati proses pengeringan. Rasanya sangat gurih dan juga manis.

Demikian berbagai macam kuliner khas sumbawa yang bisa kalian cicipi kelezatannya, untuk manisannya kalian bisa juga mencoba permen susu kerbau yang berbahan dasar dari perahan susu kerbau asli kemudian diolah.

Ini Dia Makanan Sehat Yang Mesti Dikonsumsi Setiap Hari

Makanan sehat sering dianggap gak enak, padahal banyak jenis makanan sehat yang terasa lezat, namun seringkali terlupakan. Mengonsumsi makanan sehat memiliki banyak manfaat, termasuk melindungi diri dari ancaman penyakit kronis.

makanan-sehat

Konsumsi makanan sehat, gak harus membatasi satu atau beberapa jenis makanan saja. Mengonsumsi berbagai jenis makanan, justru dapat memberikan nutrisi berbeda-beda sehingga mampu melengkapi gizi yang dibutuhkan tubuh.

Beragam Pilihan Makanan Sehat
Makanan sehat umumnya mencakup berbagai nutrisi dalam jumlah yang memadai, termasuk vitamin dan mineral. Sayuran hijau menempati urutan pertama dalam jenis makanan sehat sebab kandungan nutrisi yang lengkap. Di antara jenis sayuran hijau, ada berbagai pilihan yang baik untuk dikonsumsi, seperti sawi hijau, brokoli, dan bayam dengan kandungan serat yang tinggi.

Selain sayur, buah juga sangat penting dikonsumsi sebab mengandung banyak vitamin. Dari sekian banyak buah, beberapa buah yang populer dan kaya akan nutrisi, di antaranya ialah:

  • Apel, sebab banyak mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan lain.
  • Jeruk, yang tinggi kandungan vitamin C.
  • Alpukat, yang kaya lemak sehat, kalium dan vitamin C.
  • Pisang, sebagai salah satu sumber kalium.
  • Buah-buahan berry, seperti blueberry dan strawberry. Selain rendah kalori, juga kaya akan antioksidan dan serat.

Mengonsumsi makanan sehat juga sebaiknya tetap seimbang dan beragam. Berikut kelompok makanan sehat utama lain yang harus kalian konsumsi, selain sayuran dan buah-buahan:

Daging dan telur
Daging merupakan salah satu makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber protein dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan daging lainnya. Sedangkan telur tergolong sebagai salah satu bahan makanan paling bergizi sebab selain tinggi protein, telur juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, hingga zat antioksidan.

Kacang-kacangan dan biji-bijian
Kelompok makanan ini merupakan jenis makanan sehat yang renyah dan sarat akan nutrisi, termasuk magnesium dan vitamin E.

Ikan dan makanan laut lainnya
Ragam makanan laut terutama ikan, ialah jenis makanan sehat yang kaya asam lemak omega-3 dan yodium. Penelitian menunjukkan, orang yang sering makan ikan laut cenderung lebih panjang umur dan memiliki risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.

Susu
Susu sangat tinggi vitamin, mineral, protein hewani berkualitas dan lemak sehat. Selain itu, susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. kalian juga bisa mengonsumsi susu dalam beragam bentuk produk olahan susu, seperti keju. Susu yang difermentasikan menjadi yoghurt, mengandung banyak bakteri baik untuk pencernaan.

Kenali Berbagai Jenis Makanan yang Perlu dijauhi
Selain perlu mengonsumsi makanan sehat, kalian juga harus mengenali makanan yang sebaiknya dijauhi sebab dapat memicu gangguan kesehatan.

Pertama, jauhi makanan dan minuman yang ditambahkan gula. Apabila sering dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat memicu terjadinya resistensi insulin di tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit serius, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Kemudian, jauhi makanan cepat saji atau junk food, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan keripik. Makanan jenis ini memiliki kalori tinggi, tetapi sedikit nilai nutrisinya. Selain itu, makanan cepat saji dapat mendorong makan berlebihan.

jauhi juga makanan atau minuman yang gak sehat lainnya, seperti permen, es krim, daging olahan, dan keju olahan. Namun, apabila kalian ingin mengonsumsinya, sebaiknya hanya dilakukan sesekali saja.

Mulailah mengonsumsi makanan sehat yang seimbang, demi menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kalian. Agar gak bosan, kalian bisa mencoba kreasi dan kombinasi berbagai jenis makanan sehat dalam variasi sajian yang menarik setiap harinya. Jangan lupa untuk melengkapi pola makan sehat kalian dengan pola hidup yang sehat pula, yakni dengan memperbanyak konsumsi air putih, istirahat yang cukup dan rutin olahraga. Jika perlu, kalian bisa berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kalian.

12 Tips Cantik Tanpa Make Up

Tips Cantik Tanpa Make Up ini sebenarnya sudah banyak beredar di internet. Namun diantara beberapa cara cantik alami tanpa make up tersebut kemungkinan masih ada yang kurang sehingga disini kami akan berusaha melengkapi agar pengetahuan anda mengenai tampil sederhana bisa lebih sempurna. Ada kalanya ketika anda merasa bosan dengan berbagai jenis perawatan kecantikan, maka sudah selayaknya jika anda juga mencoba tampil sederhana namun dengan penampilan yang tidak membuang keanggunan diri. Seperti apa Cara Cantik Tanpa Make Up yang sudah kami sediakan? Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak sama-sama rangkuman sederhana berikut ini!

tips-cantik

12 Tips Cantik Tanpa Make Up

Wanita pada dasarnya sudah mempunyai inner beauty yang tersimpan pada diri mereka. Namun kebanyakan mereka tidak sadar dan berpikiran bahwa tampil cantik hanyalah jika menggunakan kosmetik. Padahal pemikiran tersebut semuanya tidak benar. Karena cantik sesungguhnya ialah kepercayaan diri dan yang terpenting adalah menjaga kebersihan. Jika wajah dan kulit anda bersih, maka tidak perlu lagi anda menggunakan bahan bantuan untuk memperoleh penampilan menarik. Nah, oleh sebab itu anda harus banyak belajar dan memperbaiki hal terbaik bagi anda sendiri meskipun tanpa ketergantungan dengan perawatan salon atau kosmetik.

Anggapan tampil cantik tanpa make up harus anda tanamkan agar rasa percaya diri bisa lebih tinggi. Hal ini tidak hanya akan membuat anda memulai kesederhaan, namun juga bisa meminimalisir pengeluaran anda sehingga bisa diakumulasikan untuk kebutuhan lain. Sebab, tentunya anda sudah pasti tahu bahwa untuk saat ini harga dari produk kecantikan (kosmetik) sangatlah mahal. Nah, sebagai alternatif cara sederhana untuk tampil cantik ialah dengan mengindari penggunaan kosmetik.

Agar penampilan anda tetap terlihat cantik meskipun tidak menggunakan make up, mungkin beberapa tips berikut bisa sedikit membantu!

1. Istirahat Yang Cukup
Memiliki kulit yang cantik dan terbebas dari tanda penuaan merupakan suatu idaman bagi setiap kalangan wanita. Jika anda menginginnkan hal tersebut, maka langkah pertama ialah dengan memenuhi kebutuhan istirahat oleh tubuh. Dalam hal ini mencakup waktu tidur yang pada orang normal biasanya berkisar antara 7 hingga 8 jam dalam waktu 24 jam (sehari semalam). Dengan porsi tidur yang cukup, maka tubuh anda akan menjadi lebih fit, tidak pucat, terhindari dari stres, tubuh lebih segar dan juga bisa menghilangkan letih yang sudah anda lakukan seharian. Cukup tidur juga sangat mendukung untuk kesehatan kulit karena produksi kolagen yang dilakukan lebih stabil.

2. Menjaga Kebersihan Wajah
Cucilah wajah anda secara rutin agar debu atau kotoran yang menempal bisa dibersihkan. Dalam hal ini anda juga harus memperhatikan penggunaan sabun wajah yang sesuai. Usahakan memakai sabun halus yang memang dikhususkan untuk wajah. Hindari pemakaian sabun kasar (sabun badan) karena hanya akan merusak, menjadi pemicu kulit kering, dan usahakan juga jangan terlalu sering menggunakan sabun. Jika yang anda lakukan terlalu over (berlebihan), maka kulit akan kehilangan kelembapan serta membuat wajah anda lebih cepat keriput. Paling tidak anda bisa melakukan pembersihan wajah sebanyak 2x sehari serta kalau bisa menggunakan bantuan lain seperti penggunaan masker alami. (simak : Masker Alami Dari Bahan Dapur).

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Air merupakan mineral alami yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan asupan mineral akan membuat tubuh mengalami dehidrasi serta mengganggu proses metabolisme tubuh. Dalam hal ini air juga berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, memperlancar keluarnya keringat dan juga menjaga kesehatan organ dalam tubuh. Intinya jika kebutuhan air terpenuhi (paling tidak 8 gelas air sehari), maka kulit anda akan tetap lembab, halus, sehat dan terhindar dari yang namanya kulit kering ataupun mengelupas.

4. Hindari Penggunaan Lipstik
Mungkin pada sebagian wanita akan sangat tidak percaya diri jika tampil tanpa menggunakan lipstik pada bibir. Hal tersebut dikarenakan bibir hitam (gelap), atau juga karena memang sudah menjadi suatu kebutuhan yang mutlak dihindari. Padahal penggunaan lipstik secara terus-menerus akan membuat kulit pada bibir akan semakin gelap. Padahal, meskipun tanpa menggunakan lipstik, anda masih bisa tampil cantik dan menarik bagi lawan jenis anda. Dalam hal ini anda bisa melakukan perawatan alternatif pada bibir dengan menggunakan bahan alami agar kulit tidak kering, mengelupas ataupun terjadi perubahan warna. (silahkan baca : 11 Masker Bibir Alami)

5. Menjaga Kebersihan Gigi
Mungkin hal ini sangat sederhana, namun mempunyai gigi putih dan bersih akan membuat penampilan anda lebih menarik. Terlebih lagi gigi yang bersih (tidak ada sisa makanan yang menempel) akan menghilangkan bau mulut serta menambah rasa percaya diri ketika anda berpapasan atau sedang mengobrol dengan relasi. Gosoklah gigi secara teratur, maka tubuh anda akan sehat serta lebih cantik dengan cara sederhana.

6. Menjaga Asupan Makanan
Tidak semua jenis makanan baik untuk perawatan kulit. Tidak perlu mahal atau dari restoran berkelas. Yang perlu anda lakukan hanyalah memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan yang kesemuanya menggunakan bahan alami. Terpenting lagi anda harus memperhatikan kandungan nutrisi pada makanan yang anda konsumsi. Jika ditujukan untuk perawatan kulit (khususnya wajah), alternatif yang bisa anda makan ialah buah pepaya atau biji-bijian yang banyak mengandung vitamin E.

7. Lakukan Scrubbing Alami
Scrub atau pembersih wajah merupakan salah satu langkah agar wajah tetap terlihat cantik, bersih, dan terhindari dari adanya jerawat maupun komedo. Bahan scrub yang bisa anda gunakan ialah belimbing wuluh yang fungsinya menjaga kulit wajah tetap cerah dan cantik secara alami. Dalam hal ini kami juga sudah pernah membahas sebelumnya (silahkan cek : Manfaat Masker Belimbing Wuluh)

8. Lentikkan Bulu Mata
Bulu mata merupakan bagian wajah yang perlu anda perhatikan, meski dalam perawatannya teradang membutuhkan maskara (kosmetik pembantu), namun anda juga bisa melentikkan bulu mata dengan cara alami. Hal yang perlu anda lakukan hanyalah tempelkan jari dari bawah keatas (pada bulu mata) dan lakukan secara rutin setiap habis mandi.

9. Rapikan Alis
Bentuk alis pada setia orang mempunyai tingkat ketebalan yang berbeda. Terkadang bagi kalangan tertentu (wanita berduit) akan rela melakukan sulam alis untuk mendapat penampilan lebih sempurna. Sebenarnya hal ini bisa anda lakukan sendiri dengan mencukur sebagian (agar terlihat rapi) atau mencabut bagian-bagian yang menonjol (tidak mengindahkan).

10. Olahraga Secara Teratur
Perlu anda ketahui bahwa olahraga tidak hanya menyehatkan saja. Namun juga baik untuk merawat kulit agar tetap lembab serta mencegah penyumbatan pori karena keringat keluar lebih normal. Jika wajah anda sering berkeringat, maka tidak mustahil jika terlihat lebih merona, tidak pucat dan selalu berseri sepanjang hari.

11. Mengatur Gaya Rambut
Penampilan sempurna pastinya tidak luput dari tatanan rambut yang sesuai. Pada waktu tertentu anda harus pandai memilih gaya rambut yang lebih elegan, tidak banyak gaya namun tetap pantas, serta lakukan hal baru setiap harinya agar penampilan anda selalu berubah. Cara ini untuk mengatasi kebosanan serta membuat anda tampil cantik maksimal meskipun tanpa menggunakan make up. (lihat : Cara Alami Merawat Rambut)

12. Pilihlah Baju Dan Aksesoris Yang Sesuai
Penggunaan aksesoris tambahan akan menambah kesan elegan pada penampilan anda. Terutama anting atau juga pakaian yang sederhana. Tipsnya ialah gunakan aksesoris sesuai kebutuhan (jangan berlebihan), dan usahakan anda mengutamakan kesederhanaan agar penampilan anda tidak terlalu mencolok.

Masih banyak lagi tips-tips sederhana tampil cantik walau tanpa make up. Salah satunya ialah dengan selalu murah senyum (dengan senyum akan membuat lebih awet muda dan ceria) serta hal-hal sederhana lain yang mungkin diluar pemikiran anda. Nah, sekian untuk 12 Tips Cantik Tanpa Make Up, semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan! Untuk informasi kesehatan lainnya silakan langsung saja kunjungi website Ayo Sehat !!

Mau Ganti Spion Sendiri? Perhatikan Arah Putarannya ya!

Jangan remehkan fungsi spion di motor, kalau Anda seorang biker yang peduli terhadap keselamatan berkendara. Jadi jangan ganti perangkat spion standar bawaan pabrik, dengan perangkat yang kurang bisa mengakomodasi kebutuhan pengendara untuk melihat obyek di belakang.

modifikasi-motor-beat

Tapi kalau menggantinya dengan spion aksesori yang performanya bisa sama dengan bawaan pabrik, tentu itu bisa lebih mendongkrak penampilan. “Untuk ganti spion sendiri, tidak harus dilakukan di bengkel. Bisa dilakukan sendiri di rumah. Asal tahu bagaimana treatment-nya,” jelas A’im Sunarto alias Badung, mekanik Otomotif Service Station (OSS) di Kebon Jeruk, Jl. Panjang, Jakbar.

Treatment yang dimaksud Badung, bahwa tidak semua motor arah buka spionnya itu sama. Nah kalau sudah seperti ini, perlu lebih diperhatikan lagi cara copot spion.

Praktiknya seperti ini.

1. Spion motor standar bawaan pabrik, didesain untuk mengakomodasi peranti pendukung keselamatan berkendara. Meski tampilannya oke punya, namun tidak semua spion aftermarket fungsinya sebesar spion bawaan pabrik

2. Mau buka spion terutama yang posisinya di kanan, tidak semuanya mengarah ke kiri. Ada produk motor yang cara buka spion sebelah kanannya diputar ke kanan

3. Panjang ulir pada gagang spion, biasanyanya tidak sama dengan posisi hadap spion situ sendiri. Makanya di gagang spion biasanya ada baut ukuran 14 dan sudah pasti butuh kunci yang pas untuk urusan ini

4. Merasa ragu arah mana putaran spion saat hendak pasang yang baru? Coba tengok arah ulir baut yang ada di dudukan spion. Kalau ujungnya dari arah kiri maka putarannya mesti searah dengan jarum jam dan berlaku juga dengan sebaliknya

5. Biar arah hadap spion pas dengan fungsi, maka ada trik buat setingnya. Pastikan dulu arah hadap spion sudah sesuai, lalu kencangkan baut 14 yang ada pada gagang spion.

Demikian tips mengganti spion motor yang bisa kalian praktekan di rumah, untuk ide modifikasi motor kalian bisa mengunjungi blog x-mot. Diantaranya modifikasi motor beat fi.

Cara Paling Gampang Menjinakkan Burung Elang Yang Masih Liar

Burung Elang merupakan jenis burung predator yang memang sangat ganas. Elang juga dilengkapi dengan bagian paruh yang tajam serta kokoh.

Jadi burung elang ini mampu merobek daging dan juga memangsa hewan buruannya. Akan tetapi, apabila kita merawatnya mulai dari kecil, hewan ini bisa sangat jinak dan juga pastinya penurut.

elang-bondol

Sama seperti halnya burung hantu yang juga mempunyai kuku yang runcing dan juga tajam pada bagian kakinya.

Menjadi hewan predator atau burung pemakan daging, memelihara burung elang tentu saja begitu menantang serta memerlukan pengalaman yang benar-benar matang guna merawat hewan yang satu ini. Sebab populasi burung elang ini telah langka dan bisa jadi terancam kepunahan.

Burung Elang atau jenis burung peradator pada saat ini banyak sekali digemari para penggemar burung.

Meskipun para penggemar burung mesti merogoh kocek yang tak sedikit, namun karena hobi para penggemar burung ini tak akan segan-segan memeliharanya.

Bahkan dari sekedar hobi memelihara burung ini dan kemudian bisa menjadikan bisnis juga.

Cara Memelihara Burung Elang

Menyaksikan penampilan burung elang yang sudah dijinakkan oleh para penggemar burung elang merupakan sesuatu yang sangat menakjubkan.

Pada saat kalian sudah menbisakan burung elang yang baru atau masih sangat liar, maka cara pertama yaitu kalian mesti menkaliani burung itu dengan gelang yang bahan dasarnya dari kulit.

Tujuannya supaya burung Elang juga tak mudah hilang. Gelang itu sebaiknya berilah nama, entah itu nama burung maupun dengan nama kalian, sehingga jika burung lepas dan tertangkap orang lain akan mudah kita temukan atau dikembalikan lagi.

Tak hanya itu saja, Gelang burung elang tadi juga bisa berfungsi untuk mengikat kaki burung elang, pada saat burung akan dijinakkan.

Pembuatan Kkalianng Elang

Jika kalian ingin memelihara burung elang dan juga ingin menjnakkan burung elang, maka buatkanlah tangkringan atau tempat tinggal untuk burung elang ini.

Burung elang ini tak perlu dibuatkan kkalianng, hanya cukup kalian buatkan dia perch. Apabila ingin membuat tangkringanya yang khusus untuk burung elang bisa memakai pipa pvc yang bentuknya seperti hurup T.

Dan juga bisa dengan kaleng cat bekas yang di isinya semen padat, kemudian tancapkan pipa yang sudah bentuknya seperti hurup T pada kaleng kemudian masukan semen.

Perct atau tangkringan ini juga bisa kalian gunakan untuk semua jenis burung hantu dan juga Barn Owl.

Cara Menjinakkan Burung Elang

Untuk menjinakkan burung elang yang masih liar ini, kalian bisa melatihnya setiap hari dengan waktu kurang lebih selama 30 menit.

Pada saat latihan pertama kalian bisa melatihnya supaya burung mau berdiri dengan tenang pada tangan kalian.

Pada saat burung sudah mau berdiri dengan keadaan tenang pada tangan kalian berikan sebuah hadiah pada burung . Pada umumnya berupa makanan.

Dianjurkan dalam latihan ini kalian memakai sarung tangan dan juga menggunakan tali yang menghubungkan burung dengan sarung tangan yang kalian gunakan ini.

Dan tujuannya supaya pada waktu latihan tak terbang, maka akan terbang jauh kemudian tangan kalian tak akan terluka dari cengkraman burung predator peliharaan kalian.

Sesudah burung kalian sudah mau berdiri dengan tenang pada tangan kalian, cara menjinakkan burung elang selanjutnya ialah coba kalian mengusap ataupun membelai kepala burung elang kalian pada bagian belakang.

Tujuannya supaya burung predator bisa menurut pada kalian. Selanjutnya berikan lagi hadiah yang berupa makanan kecil supaya burung merasa senang.

Sesudah kalian berikan makanan itu coba ajaklah komunikasi dengan menyebut namanya. Lakukan sambil mengusap-usap bagian kepalanya.

Dan cara ini akan menjadikan burung menjadi nyaman dan juga tenang. Oleh sebab itu berikan hadiah berupa makanan lagi. Jika burung elang sudah bisa di ajak interkasi dengan kita coba kalian latih pada tempat yang terbuka.

Setelah itu lepas burung elang peliharaan kalian dan coba panggil namanya maka burung kalian akan mau kembali lagi pada kalian.

Pemberian Makanan

Menjinakkan burung elang mesti dengan diberikan makanan yang tepat. Cara pemberian makanan burung elang ini taklah sulit.

Berikanlah daging yang masih segar, misalnya seperti, daging tikus atau mencit. Bisa juga kalian berikan daging sapi segar dan daging ayam yang masih segar yang masih terbisa darah segarnya.

Dan untuk daging tikus mengandung sedikit sekali kandungan gizinya. Sehingga ada baiknya apabila pemberian daging tikus ini juga disertai dengan daging bebek, daging sapi, ataupun daging kelinci.

Pemberian makanan untuk menjinakkan burung elang cukup 3 kali dalam sehari. Yaitu pada saat pagi, siang, dan sore hari.

Akan tetapi kalian masih bisa memberikan makanan lagi pada burung elang kesayangan kalian pada saat malam hari dengan porsi secukupnya.

Daging Kelinci

kalian bisa memberikannya daging kelinci. Dan daging kelinci bagus untuk burung elang yang melakukan diet. Namun mesti hati hati dalam memilih daging kelinci.

Sebab ada sebagian kelinci yang membawa penyakit, misalnya saja penyakit hati, penyakit cacingan, membawa coccidia, serta tumorus besar atau infeksi.

Lebih baik sesudah memotong daging kelinci, dagingnya di simpan pada plastik bukan baki. Sebab apabila di plastik kita bisa menambahkan darahnya atau suplementnya.

Kemudian masukanlah pada pendingin di campur dengan es, apabila hendak di pakai kembali masukan plastik yang isinya daging kelinci dalam air hangat.

Tujuannya untuk menghilangkan es pada bagian dagingnnya. Untuk 1 ekor kelinci bisa untuk memberi makan burung elang peliharaan kalian sekitar 1 minggu lebih.

Daging Ikan

Biasanya burung elang yang ada di indonesia suka memakan ikan, namun ada juga burung tak bisa memakan ikan.

Apabila kalian mengetahui jenis jenis apa saja burung elang yang habitatnya bukan pemakan ikan, maka pemberian makan ikan bisa diselingi dengan vitamin B1.

Sebaiknya kalian jangan memberi makan ikan dengan terlalu sering. Sebab akan bisa menyebabkan kematian. Burung elang habitatnya tak memakan ikan pencernaannya juga berbeda dengan burung elang yang makan ikan.

Daging Burung Puyuh

Dalam menjinakkan burung elang, kalian juga bisa memberikan makanan berupa daging burung puyuh. Daging burung puyuh memiliki kandungan lemak rendah.

Namun apabila di konsumsi setiap hari dengan jangka panjang, maka bisa menimbulkan timbunan lemak. Pemberian daging burung puyuh pada burung elang peliharaan kalian ada baiknya pada waktu usia burung puyuh 6 – 8 minggu.

Sebab apabila dagingnya di campur dengan tulangnya maka bisa memberikan kalsium yang begitu tinggi untuk elang kalian. Tapi mesti di perhatikan pada waktu memotong daging beserta tulangnya.

Potong dengan ukuran kecil supaya tulangnya tak mengakibatkan luka serta inveksi berkepanjangan pada saluran pencernaan elang yang bisa menyebabkan kematian. Pada waktu memberi makan daging puyuh kaki dan sayapnya sebaiknya di buang.

Dengan pemberian makan dan melakukan berbagai cara menjinakkan burung elang bondol seperti diatas, burung elang kalian akan bisa jinak pada kalian.

Ijazah Tak Perlu Lagi di Legalisir

MEDAN – Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan akan memberlakukan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-DIKTI) di tahun 2017 ini. Hal tersebut diungkapkan Nasir pada pertemuan dengan para pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di wilayah Kopertis I Sumatera Utara, senin (9/1).

“LL-DIKTI akan diberlakukan di 2017. Saat ini sedang diadakan pembahasan final Peraturan Menristekdikti dengan Kemenpan & RB yang diantaranya berisi akan dilakukan pengelompokan tipe LL-DIKTI berdasarkan jumlah PTS dan wilayahnya, dan kewenangan pusat secara bertahap akan diberikan pada LL-DIKTI,” papar Nasir.

legalisir-ijazah

Menurut Nasir memang perubahan Kopertis menjadi LL-DIKTI untuk wilayah Kopertis I memang lebih mudah, dibandingkan Kopertis yang membawahi sekitar 6 provinsi dibawahnya.

Menanggapi kemajuan PTS di Kopertis Wilayah I, Nasir katakan bahwa kemajuan di wilayah I memang cukup maju, karena memang semenjak tahun 2016, peningkatan mutu PTS terus digenjot.

“Karena memang tugas Kopertis itu tidak hanya datang saat wisuda saja, tetapi melakukan pembinaan di wilayahnya. Pembinaan itu menyangkut peningkatan akreditasi program studi dan institusi,” tuturnya.

Nasir jelaskan bahwa pada tahun 2016, dari 23 Perguruan Tinggi yang berakreditasi A, 9 diantaranya merupakan PTS, artinya menurut Nasir, ini menjadi lecutan bagi PTS lain untuk berakreditasi lebih baik.

Publikasi ilmiah menurut Nasir di PTS harus ditingkatkan karena itu ikut membantu penelitian di Indonesia. Nasir juga menyampaikan rata-rata masalah di PTS terutama untuk politeknik atau akademi adalah keterbatasan dosen.

“Oleh karena itu silakan berkolaborasi dengan industri. Saya akan mensyaratkan kompetensi yang dimiliki oleh calon dosen dari industri itu. Kita punya KKNI, sehingga rasio antara dosen dan mahasiswa tidak ada masalah,” katanya.

PIN dan SIVIL

Terkait dengan permasalahan ijazah, selama ini Nasir jelaskan bahwa ijazah kebanyakan bermasalah, untuk itu Nasir akan mewajibkan setiap Perguruan Tinggi untuk mengikuti program Penomoran Ijazah Nasional (PIN).

“Jadi kedepan, tidak perlu lagi ada legalisir ijazah lulusan Perguruan Tinggi Indonesia. Misal industri ingin tahu lulusan yang akan diterimanya, hanya tinggal mengecek melalui Sistem Verifikasi Ijazah Online/Elektronik (SIVIL),” jelasnya. Untuk cek ijazah dikti silakan menuju halaman website ceknomorku.

Dengan demikian, lanjutnya, permasalahan-permasalahan ijazah palsu akan bisa dieliminir lebih awal. Industri menerima lulusan yang memang sesuai dan diinginkan.

“Apalagi yang jual beli ijazah, kalau ketahuan, langsung kami tutup. Dan kami serahkan kepada penegak hukum,” tegasnya. (DZI)

Sumber : https://ristekdikti.go.id/ijazah-tak-perlu-lagi-legalisir/

Cara Membuat Foto Meme Lucu dan Kocak di Smartphone Android

Meme adalah Foto atau gambar dengan tambahan text yang lucu, kocak, dan gokil sebagai bahan untuk hiburan di media sosial, seperti facebook, Instagram, Twitter, dll. Meme tidak selalu menghibur, terkadang meme sifatnya juga menyindir para pejabat, artis, atlet, dll.

Tujuan dari pembuatan Meme hanyalah sebagai hiburan semata, tidak ada unsur menghina atau mencela seseorang. Untuk membuat MEME, ada aturan yang harus anda taati, Tidak boleh menggunakan foto beraur sara (Pornografi) dan Tidak boleh menghina atau mencela orang lain. Ikuti aturan yang ada agar anda tidak terkena masalah yang besar.

meme-lucu

Sering kali kita setiap hari melihat Meme lucu dan kocak terpajang di media sosial. Banyaknya Meme yang lucu dan kocak membuat kita pengen membuatnya sendiri. Apalagi Meme yang rame sekarang ini “Meme Buat Mantan”.

Sebenarnya kita tidak perlu repot membuat MEME melalui aplikasi Photoshop ataupun Via Online, karena cara seperti itu terlalu ribet dan memakan banyak waktu. Cara mudahnya kita tinggal Memanfaatkan Aplikasi Cymera Untuk Membuat Meme Kocak di Android.

Membuat MEME Kocak Dengan Aplikasi Cymera

Cymera merupakan aplikasi edit foto terbaik untuk smartphone dan tablet android. Pada umumnya Cymera sering kali dijadikan alat untuk mempercantik foto selfie, menambahkan efek, mencerahkan foto, dan membuat kolase. Tapi sebenarnya Cymera juga bisa anda gunakan untuk membuat MEME. Bahkan tersedia 4 jenis opsi mengenai MEME. Text bisa anda taruh pada atas dan bawah, Tengah, dan bawah semuanya. Untuk Membuat MEME Dengan Aplikasi Cymera, silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini.

1. Langkah pertama, unduh dan pasang aplikasi Cymera melalui Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh : Download Cymera Via Google Play Store

2. Buka aplikasi tersebut, kemudian tap Galeri dan pilih Foto atau gambar yang ingin anda jadikan MEME. Tap ikon magic yang ada pada bagian bawah edit foto tersebut.

3. Selanjutnya masuk pada opsional “Dekorasi” dan pilih “Meme”. Buat kata – kata MEME sesuai keinginan anda. sebagai contohnya anda bisa lihat MEME yang saya buat dibawah ini.

4. Setelah selesai membuat MEME, anda bisa langsung terapkan dan simpan foto MEME tersebut pada galeri android anda.

5. Selesai.

Sekedar Share :

Itulah cara mudah dalam membuat MEME di smartphone dan tablet android. Sebagai tambahan saya akan share beberapa aplikasi lain yang juga bisa anda menfaatkan untuk membuat MEME. Berikut aplikasinya.

  • Meme Builder Adalah aplikasi yang pas untuk anda yang suka membuat MEME kocak dan lucu. Dengan Meme Builder anda bisa menghasilkan MEME dengan bentuk horizontal ataupun persegi sesuai keinginan anda. Aplikasi sangat ringan, simple, ukuran kecil, dan mudah untuk digunakan.
  • Meme Creator Adalah aplikasi edit foto meme yang memiliki banyak fitur menarik. Dengan aplikasi ini, anda bisa membuat MEME dengan bentuk yang bermacam – macam. Tersedia banyak pilihan font dan warna yang bisa anda gunakan secara gratis. Tapi sayangnya, aplikasi ini terdapat space iklan yang sedikit menggangu, tapi hal tersebut tidaklah masalah.
  • Meme Me merupakan aplikasi yang simple dan sederhana untuk membuat MEME. Aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil dan tidak memberatkan smartphone. Dengan aplikasi ini, adna bisa membuat MEME dengan font yang besar dan terlihat jelas.
  • GATM Meme Generator adalah aplikasi MEME generator terakhir yang bisa saya rekomendasikan. Aplikasi ini menyediakan banyak gambar dan foto yang bisa anda jadikan sebagai bahan untuk membuat text MEME. Tertarik mencoba, unduh gratis melalui Google Play Store.

Demikian ulasan singkat mengenai Tips Cara Membuat Meme Di Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin mencari gambar meme lucu dan gokil kalian bisa mengunjungi blog android oreo.

sumber : https://dianisa.com/cara-membuat-meme-lucu-dan-kocak-di/

Dampak Positif dan Negatif Bahasa Gaul

Bahasa Gaul muncul dan berkembang pesat sejak ada program SMS (short Message Servie) atau pesan singkat dari layanan operator yang menggunakan tarif per karakter sehingga pengguna menyingkat kata untuk menghemat biaya namun lambat laun bahasa gaul menjadi keseharian dan trend di masyarakat. Bahkan saat ini di beberapa pihak bahasa gaul menjadi alat komunikasi sehari – hari sehingga mengancam bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

bahasa-gaul-remaja

Dan mirisnya orang yang gak menggunakan bahasa gaul malah diejek, misalnya teman saya dari Jakarta karena sudah beberapa waktu tinggal di Jogja dia menjadi lebih sopan karena mengikuti lingkungan sekitarnya misalnya sekarang dia memanggil dengan kata kamu atau aku, tapi saat dia menelfon temannya di Jakarta dengan kata tersebut dia malah ditertawakan dan diejek habis – habisan. Bahasa gaul memiliki dampak positif dan negatif.

Positif :

  1. Sebagai sarana komunikasi yang menarik (dengan berkomunikasi menggunakan bahasa gaul maka akan terasa menarik, berbeda dengan bahasa indonesia yang baik dan benar yang terkesan kaku bila digunakan dengan teman sebaya )
  2. Remaja menjadi kreatif dalam inovasi bahasa (munculnya bahasa gaul gak lepas dari inovasi karena bahasa gaul sebagian mengadopsi dari bahasa Indonesia yang baik dan benar, misalnya serius? menjadi ciuss?)
  3. Penulisan lebih cepat (penulisan bahasa gaul memang lebih cepat dibandingkan bahaasa Indonesia yang sesuai dengan EYD karena banyak kata yang disingkat sedangkan bahasa Indonesia yang benar tida sembarang kata boleh disingkat)
  4. Sebagai identitas diri (sebagai identitas diri menunjukan bahwa pengguna bahasa gaul mengukuhkan diri sebagai kelopok social tertentu yaitu remaja dengan bahasa gaul maka seseorang akan merasa dirinya gaul atau mengikuti trend yang berkembang)
  5. Sebagai bukti perkembangan zaman (dari waktu ke waktu perkembangan bahasa mengalami perubahan mulai dari ejaan lama ke ejaan yang disempurnakan hinggga saat ini muncul bahasa gaul sebagai ciri perkembangan zaman)

Negatif :

  1. Kesulitan berbahasa Indonesia dengan benar (Dengan seringnya menggunakan bahasa gaul untuk berkomunikasi maka remaja akan semakin sulit menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar karena sudah menjadi keseharian)
  2. Eksistensi bahasa Indonesia terancam terpinggirkan (kenapa terancam terpinggirkan karena remaja lebih sering menggunakan bahasa gaul untuk berkomunikasi dan menggunakan bahasa Indonesia yang benar hanya pada forum resmi saja)
  3. Perilaku gak sopan (Dari segi norma susila bahasa gaul mempunyai dampak pada perilaku yang gak baik contohnya bila digunakan pada orang yang lebih tua akan gak sopan karena keluar dari tatanan norma dan sopan santun)
  4. Dampak perekonomian (Dari segi ekonomi dengan seringnya berbahasa gaul akan mempengaruhi perilaku remaja untuk lebih konsumtif misalnya membeli barang – barang baru untuk mengikuti trend sehingga terjadilah pemborosan).

Demikian artikel tentang dampak buruk bahasa gaul bagi remaja, kunjungi website 100katakata.blogspot.com untuk mendapatkan rangkuman bahasa gaul dan artinya seperti arti gws, otw, btw, baper, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. terima kasih.

Cara Gampang Memperbaiki Masalah Charging Pada Handphone

Di antara kita pastinya gak sedikit yang pernah mengalami masalah ketika mencharge handphone. Salah satu cara yang paling banyak ditempuh untuk mengatasinya ialah membeli charger baru.

Padahal jika mengatahui tips triknya, kita bisa memperbaikinya masalah charging dengan gampang tanpa perlu membeli perangkat charger baru.

bersihkan-port-microusb

Masalah-masalah yang terjadi ketika melakukan charging cukup beragam, dari mulai mengisi terlalu cepat, terlalu lambat, atau bahkan gak bisa mengisi daya sama sekali. Penyebabnya juga tentu bermacam-macam, dan dapat diperbaiki secara langsung ataupun dengan membeli perangkat charger yang baru.

Namun sebelum kalian memutuskan untuk membelinya, ada baiknya kalian mencoba terlebih dahulu tips trik di bawah ini. Apa sajakah itu? Berikut Carisinyal akan mengulasnya untuk kalian.

Bersihkan Port microUSB

Cara paling gampang dan biasanya juga sukses mengatasi masalah charging ialah dengan membersihkan port microUSB yang terdapat di kepala charger ataupun di handphone. Hal ini sangat penting berbagai kotoran di tempat tersebut dapat menghalangi aliran listrik yang masuk.

Oleh karena itu, bersihkanlah kedua port tersebut dari berbagai macam kotoran dan debu supaya aliran listrik bisa berjalan dengan normal. Dan untuk pencegahan, janganlah menaruh handphone ataupun charger di tempat yang kotor untuk menghindari masuknya kotoran ke port microUSB tersebut.

Selain membersihkan kotoran, periksa juga keadaan port tersebut apakah ada lempengannya yang bengkok atau gak pada posisi yang tepat. Hal ini sangat mungkin terjadi apabila kita sudah terlalu sering mencolokkan dan mencabut charger dari port microUSB tersebut.

Untuk memperbaikinya, kalian dapat menggunakan tusuk gigi atau jarum peniti yang tumpul. Disarankan juga bagi kalian untuk mematikan handphone serta mencabut baterai terlebih dahulu sebelum melakukannya supaya gak terjadi hal yang gak diinginkan.

Periksa Kabel

Komponen paling rapuh dari sebuah charger tentu saja ialah kabelnya, bukan adaptor yang menempel ke colokan listrik. Oleh karena itu, jika tips di atas belum memecahkan permasalahan kalian, bisa jadi kabel charger kalianlah yang mengalami masalah. Hal ini bisa terjadi karena terlalu seringnya kabel digulung, tertekuk, dan lainnya.

Jika charger kalian terpisah antara kabel USBdan adaptornya, maka cobalah terlebih dahulu menggunakan kabel USB yang lain untuk memastikan bahwa adaptornya masih berjalan normal. Dengan begitu, kalian hanya cukup mengganti kabelnya saja tanpa perlu mengganti adaptornya.

Lakukanlah berbagai kombinasi percobaan antara adaptor dan kabel supaya kalian benar-benar yakin komponen mana yang mengalami kerusakan. Namun jika adaptor dan kabel yang kalian miliki gak terpisah, maka otomatis kalian harus membeli satu perangkat charger baru.

Periksa Kualitas Charger

Jika kalian menggunakan charger asli mungkin cara-cara di atas sudah cukup untuk mendiagnosa keadaan charger. Namun jika kalian memiliki charger KW atau bukan asli dari produsennnya, maka hal tersebut juga layak untuk diperhatikan.

Setiap handphone dan charger memiliki daya yang berbeda-beda dalam mengalirkan listrik. Jika charger yang kalian miliki dayanya lebih rendah daripada charger aslinya, maka sudah pasti proses charging akan berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu sebelum membeli sebuah charger baru, perhatikanlah daya yang dapat disalurkan charger tersebut dan pastikan jumlahnya sama dengan charger yang asli. Hal ini juga berlaku jika kalian berencana untuk membeli power bank.

Mengganti Baterai

Selain masalah pada charger, penyebab lain yang biasanya mengakibatkan proses charging gak berjalan normal ialah baterai yang rusak. Olrh karena itu perhatikanlah kondisi fisik baterai dengan baik, apakah terdapat tonjolan, komponen yang bengkok, cover yang terbuka, dan hal-hal yang gak lumrah lainnya.

Jika ciri-ciri tersebut terdapat di baterai tersebut, maka kalian harus membeli baterai baru untuk menggantinya. Pastikan kalian membeli baterai ori atau baterai dari pihak ketiga yang sudah terpercaya untuk menghindari hal yang gak diinginkan di kemudian hari.

Satu hal yang perlu diingat, baterai dari handphone ataupun tablet biasanya mampu bekerja secara normal selama 2 tahun. Setelah itu biasanya baterai tersebut mulai mengalami penurunan kapasitas. Oleh karena itu jika sebelum waktu dua tahun sudah terjadi masalah, maka kemungkinan besar baterai tersebut mengalami kerusakan.

Demikian tips tentang cara memperbaiki masalah charging pada smartphone android, dapatkan artikel menarik lainnya seperti download tema android, tips n trik android lainnya di blog arttechtutorial.blogspot.com.

5 Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria

Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria – Apakah kalian mengetahui apa saja perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria? Jika membahas mengenai bakteri, hampir semua bakteri ukurannya bisa dilihat melalui mikroskop. Sebagian besar bakteri memang memiliki ukuran dan bentuk yang sama.

5 Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria

Namun dengan adanya Archaebacteria dan Eubacteria ini kalian akan lebih mudah membagi kelompok bakteri. Keduanya merupakan bakteri yang sama-sama bisa dilihat melalui mikroskop. Ahli mikrobiologi telah membagi bakteri yang ada menjadi 2 kelompok, yaitu Archaebacteria dan Eubacteria. Keduanya memiliki perbedaan yang bisa membuatnya tampak berbeda.

Bagi kalian yang penasaran apa saja perbedaan dari kedua bakteri Archaebacteria dan Eubacteria ini, kalian bisa menyimak ulasan berikut ini. Berikut ialah beberapa cara membedakan Archaebacteria dan Eubacteria yang bisa kalian ketahui:

1. Dinding sel
Jika dilihat dari dinding sel, Archaebacteria gak mengandung atau tersusun dari peptidoglikan sedangkan Eubacteria mengandung atau tersusun dari peptidoglikan. Jadi bagi kalian yang ingin menentukan apakah itu bakteri Archaebacteria atau Eubacteria, lihat susunan dinding selnya terlebih dahulu.

2. Lipid membran
Dilihat dari lipid membrannya, hidrokarbon yang ada pada Eubacteria gak bercabang. Sedangkan hidrokarbon yang ada pada Archaebacteria sebagian bercabang. Selain dinding sel, kalian juga bisa melihat jenis kelompok bakteri yang mana dari lipid membran.

3. RNA polimerase
Archaebacteria terdiri dari beberapa jenis sedangkan Eubacteria hanya terdiri dari satu jenis saja. Jadi sudah bisa dipastikan bahwa bakteri yang memiliki RNA polimerase satu jenis ialah ee dan yang lebih dari satu ialah Archaebacteria.

4. Intron
Intron merupakan bagian dari gen yang gak untuk pengkodean. Untuk Eubacteria sendiri gak memiliki intron sedangkan Archaebacteria memiliki intron pada beberapa gen.

5. Respons
Bakteri juga memiliki respons terhadap antibiotik streptomisin dan juga kloramfenikol. Untuk bakteri yang pertumbuhannya gak terhambat maka bakteri tersebut merupakan Archaebacteria. Sedangkan bakteri yang memiliki pertumbuhan terhambat maka itu merupakan bakteri Eubacteria.

Archaebacteria sendiri ialah kelompok bakteri yang mampu menghasilkan gas metan, mikroskopik dan lain sebagainya. Secara biokimia, Archaebacteria memiliki perbedaan dengan Eubacteria yang sangat menonjol. Perbedaan tersebut telah dibagikan sebelumnya, pastikan untuk membacanya dengan seksama. Jika kalian merasa bingung dalam menentukan kelompok bakteri maka sesuaikan dengan ulasan mengenai perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria tersebut.

Archaebacteria merupakan bakteri yang dianggap sebagai nenek moyang bakteri yang ada saat ini. Sedangkan Eubacteria sendiri merupakan bakteri yang bersifat prokaroit. Jika kalian melihat perbedaan dari Archaebacteria dan Eubacteria tersebut, kalian akan lebih mudah membagi kelompok bakteri yang sedang kalian amati. Walaupun merupakan suatu hal yang memiliki ukuran sangat kecil, bakteri tetap bisa dilihat dengan jelas menggunakan mikroskop. Bakteri juga bisa dibagi menjadi 2 jenis yaitu Archaebacteria dan Eubacteria, untuk membaginya lihatlah perbedaan dari kedua kelompok bakteri Archaebacteria dan Eubacteria. Sekian dan semoga ulasan mengenai perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria bisa bermanfaat.