idn-times-medical-school-65dc4c205ec7a6e0247590f9ae0e33d8

Biaya Kuliah Kedokteran Mahal? Berikut Cara Mencari Dananya

Saat ini banyak masyarakat mulai sadar akan pentingnya pendidikan untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Namun sayangnya, seiring dengan bertambahnya tahun, biaya pendidikan juga semakin mahal. Bagi yang memiliki ekonomi yang berkecukupan, masalah biaya mungkin tidak akan menjadi soal. Namun berbeda kasus bagi mereka dengan ekonomi terbatas, kesulitan biaya bisa memupuskan harapan untuk meraih cita-cita yang ingin diwujudkan. Seperti jika Anda memutuskan untuk kuliah di jurusan kedokteran misalnya. Sudah terbayang bukan bagaimana mahalnya biaya kuliah kedokteran baik di dalam maupun luar negeri. Tak ayal beberapa orang yang merasa kurang mampu, akhirnya memupuskan harapan mereka untuk meraihnya.

Padahal jika mau berpikir dengan cerdas, banyak sekali jalan untuk mendapatkan dana untuk kuliah jurusan kedokteran di universitas dalam maupun luar negeri impian Anda. Nah, tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh dananya, yaitu:

  • Mencari beasiswa

HPSP Scholarship: Health Professions Scholarship Program
HPSP Scholarship: Health Professions Scholarship Program

Untuk Anda yang berprestasi dalam bidang akademik, permasalahan biaya kuliah kedokteran yang mahal bisa Anda carikan solusi dengan mengikuti berbagai program beasiswa yang disediakan oleh banyak universitas di dalam maupun luar negeri, ataupun dari berbagai lembaga instansi tertentu, baik milik swasta maupun pemerintah. Seperti dari salah satu universitas kedokteran terbaik di dunia, yaitu University of Tokyo juga memberikan beasiswa kuliah kedokteran kepada calon mahasiswa berprestasi dari seluruh dunia. Dari dalam negeri pun juga ada beberapa perguruan tinggi yang menyediakan beasiswa untuk mereka yang ingin mengambil jurusan kedokteran, seperti dari Universitas Gajah Mada dan Universitas Padjajaran.

  • Tabungan pendidikan dan asuransi

ilustrasi tabungan pendidikan
Ilustrasi tabungan pendidikan

Tabungan pendidikan merupakan salah satu layanan produk perbankan dengan ketentuan jumlah dan bunga yang telah ditetapkan. Untuk merencanakan tabungan pendidikan harus dilakukan dari jauh-jauh hari. Biasanya jenis tabungan ini berjangka, mulai dari jangka untuk 2 tahun hingga 10 tahun tergantung dari pilihan nasabah. Durasi ini nantinya bisa diperpanjang sesuai dengan persetujuan nasabah. Sama seperti tabungan pendidikan, asuransi pendidikan juga memiliki sistem yang sama. Nasabah diharuskan untuk menabung dalam jumlah dana tertentu. Perbedaannya untuk produk keuangan asuransi berupa unit link. Nilainya bisa mengalami penurunan maupun kenaikan tergantung dari nilai pasar saham. Karena sifatnya untuk mencegah dari resiko tinggi, maka keuntungan yang didapatkan juga sangat banyak. Dana bisa cair dalam jangka waktu yang telah ditentukan dan nilainya cukup besar.

  • Dana pendidikan dari universitas

Untuk mengetahui adanya dana pendidikan dari universitas, cari informasi sebanyak-banyaknya beberapa universitas yang menyediakan dana tersebut sebelum mendaftar. Fasilitas ini akan sangat membantu bagi Anda dengan kondisi keuangan kurang mampu. Dana pendidikan yang diberikan ini umumnya bersifat ikatan dinas. Dimana jika Anda memperoleh bantuan dana pendidikan, Anda nantinya akan dapat langsung bekerja di tempat yang sudah mensponsori tersebut.

  • Belajar sambil bekerja

Cara lainnya untuk mendapatkan dana untuk biaya kuliah kedokteran luar negeri khususnya melalui konsultan seperti IDP lainnya adalah dengan belajar sambil bekerja. Saat ini banyak perusahaan yang membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan kerja magang. Gaji yang diberikan mungkin memang tidak sebesar karyawan tetap, namun bisa sangat membantu untuk membayar biaya kuliah. Selain itu, di universitas-universitas biasanya juga membutuhkan tenaga pengajar (asisten dosen), penjaga perpustakaan, ataupun pekerjaan freelance lainnya. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini di sela-sela kegiatan luang belajar Anda untuk mendapatkan uang.