5a70b4c123e39_converse_chuck_taylor_all_star_70

Cara Terbaik Merawat Sepatu Kanvas Converse

Siapa yang tidak punya sepatu Converse? Sepatu Converse adalah sepatu yang memiliki desain klasik, dan disukai oleh hampir semua orang. Walaupun banyak jenis sneakers yang dijual di pasaran, tetapi sepatu Converse akan selalu ada dan menjadi bagian dari perjalanan hidup orang-orang. Merek sepatu ini adalah sebuah perusahaan sepatu ternama yang dirintis oleh Marquis Mills Converse pada tahun 1908.

Baca Juga: Inilah Fakta dan Alasan Mengapa Sepatu Vans Pernah Begitu Populer di Indonesia

Kebanyakan dari sepatu Converse memakai bahan kanvas untuk produksi sepatu mereka, walaupun tidak semua berbahan dasar kanvas, tetapi Converse memiliki kesan dalam pikiran kita sebagai sebuah sepatu kanvas yang dimiliki hampir semua orang. Sepatu berbahan kanvas memiliki kelebihan diantaranya nyaman dan ringan saat digunakan, varian warna yang beragam, dan perawatannya cukup mudah.

Sebagai sepatu kesayangan, Anda tentu tak ingin sepatu Converse Indonesia yang Anda miliki tampak tak terawat, terutama dari sisi kebersihannya. Untuk itu, coba tips merawat sepatu kanvas Converse berikut ini, yuk!

  • Sikat Terlebih Dahulu

Saat akan mencuci sepatu Converse Anda yang mulai kotor, jangan terburu-buru membaluri sepatu Anda dengan sabun atau detergen. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menghapus kerak-kerak noda yang hinggap di seluruh permukaan sepatu kesayanganmu tersebut. Caranya mudah, cukup dengan menyikatnya dengan sikat berbahan lembut. Sikat berbahan lembut diperlukan supaya permukaan sepatu kesayanganmu tidak jadi berbulu karena terkelupas. Jika Anda bingung menentukan sikat halus seperti yang apa yang cocok untuk mencuci sepatu kanvas Anda, sikat gigi bekas bisa menjadi salah satu pilihan yang paling mudah. Tidak perlu takut menggosok permukaan sepatu hingga bagian sol dengan kuat supaya kerak noda yang sudah mengering dapat tercabut.

  • Gunakan Sabun Deterjen

Setelah memastikan seluruh permukaan sepatu bebas dari kerak noda, Anda dapat melangkah ke tahap selanjutnya, yaitu membersihkannya dengan sabun. Anda bisa menggunakan deterjen jika memang sepatu Anda sudah benar-benar kotor. Menggunakan deterjen akan membuat sisa noda lebih cepat hilang. Pastikan sabun deterjen yang Anda gunakan memang bukan deterjen yang keras, atau yang akan merusak serat kanvas sepatu Anda. Ada pendapat jika sepatu Anda tidak terlalu kotor, sebaiknya gunakan sabun cuci piring dahulu ketimbang langsung memutuskan untuk memakai deterjen. Karena sabun cuci piring dianggap lebih ringan terhadap bahan, sehingga membuat warna sepatu Converse Anda tidak cepat luntur.

  • Bersihkan Dalam Ember Berisi Sabun

Cara terbaik melumuri sepatu dengan sabun, baik dengan deterjen maupun sabun cuci piring adalah dengan merendamnya di ember berisi air campuran sabun-sabun tersebut. Siapkan satu ember berisi sekitar 3 sampai 5 liter air. Campurkan air tersebut dengan sekitar 10 ml sabun pilihan Anda. Setelah itu, kamu tinggal merendamnya sejenak, lalu sikat dengan sikat halus yang tadi sudah dipakai dalam proses penyikatan di awal.

  • Sikat Memutar

Adapun cara selanjutnya adalah hati-hati dengan cara menyikatnya. Kunci membersihkan sepatu yang aman ialah menyikatnya dengan gerakan memutar. Gerakan memutar lebih efektif karena menimbulkan gaya yang lebih besar. Jadi, sisa-sisa noda dapat terangkat secara menyeluruh. Gerakan memutar juga lebih aman karena mencegah tercerabutnya bagian-bagian kulit sepatu Converse Indonesia Anda terlihat jelek.

  • Bilas Sepatu Dengan Air Hangat

Setelah memastikan semua noda sudah terangkat dan sepatu telah disikat dengan benar, saatnya Anda membilas sisa-sisa sabun di sepatu Converse kanvas Anda. Ada saran mudah supaya warna sepatumu tampak lebih cerah pada akhirnya, yaitu membilas sepatu kanvas dengan air hangat. Terakhir, pastikan seluruh busa sabun terangkat sebelum memutuskan untuk menjemurnya.

 

Seperti itulah 5 tips merawat sepatu Converse dengan bahan kanvas Anda. Dijamin dengan cara tersebut, sepatu Converse Anda dapat bertahan lebih lama walau sering dipakai. Sedikit fun fact tentang sepatu Converse, kira-kira 50% dari penduduknya bahkan memiliki sepasang sepatu Converse.

Sepatu Converse memang salah satu sepatu yang dapat dikategorikan sebagai sepatu yang wajib dimiliki. Selain karena nyaman, sepatu Converse memang terbukti tak pernah terkikis zaman, kapanpun dan dimanapun. Tak hanya model klasiknya, sepatu Converse Indonesia pun sangat mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai jenis outfit dengan berbagai pilihan warna yang pasti membuat setiap orang, terutama pencintanya tidak cukup hanya membeli satu warna saja.