vans-old-skool-59481b3b67df8

Inilah Fakta dan Alasan Mengapa Sepatu Vans Pernah Begitu Populer di Indonesia

Manusia memang membutuhkan adanya beberapa perlengkapan yang dapat menutupi aurat mereka dan juga melindungi mereka dari terkena luka atau pun menghilangkan rasa malu mereka. Mereka membutuhkan pakaian untuk menutupi tubuh mereka dan juga memerlukan alas kaki untuk menutup bagian kaki mereka agar dapat berjalan dan beraktivitas tanpa adanya gangguan dan juga memperkecil resiko akan terjadinya luka mau pun kecelakaan pada kaki Anda. Alas kaki pastinya dibutuhkan oleh semua orang yang hidup, baik itu anak kecil, remaja, dewasa muda, orang tua, bahkan lansia juga membutuhkan alat tersebut.

Jika zaman dulu mereka memakai bahan jerami sebagai alas kaki, sekarang ini karena perkembangan zaman dan juga teknologi, alas kaki sudah dibuat oleh berbagai perusahaan dan juga memiliki beberapa jenis alas kaki. Salah satu pembuat alas kaki yang terkenal di dunia serta yang juga pernah populer di Indonesia adalah sepatu yang dikeluarkan oleh Vans. Biasanya, produk yang mereka keluarkan berupa sepatu saja yang memiliki banyak model dan juga kegunaannya.

Lihat Juga Koleksi 2019 terbaru dari Luxury Brand :

Merk tersebut sudah ada dan didirikan dari tahun 1966 oleh dua orang yang bersaudara, Paul dan James Van Doren, serta Serge D’Elia dan Gordon Lee di Amerika Serikat. Sepatu ini tadinya hanya dibuat dan diperuntukkan bagi para pemain skateboard saja, namun makin lama sepatu jenis ini dipakai oleh masyarakat biasa yang tidak menggeluti bidang olahraga tersebut. Sebelum menjadi besar, perusahaan ini sempat melakukan berbagai cara dan juga inovasi dalam produk-produk yang mereka ciptakan. Akhirnya mereka berhasil menciptakan sepatu yang memiliki kesan spoty, old skool, dan lain sebagainya. Memang jenis sepatu ini lebih sering digunakan oleh para remaja dan dewasa muda di Indonesia. Sebelum sukses, ada beberapa fakta menarik tentang merk ini. Berikut ini adalah beberapa faktanya:

Nama Merk
Pada zaman dulu ketika pertama kali sepatu jenis ini diciptakan, nama dari sepatu tersebut bukanlah seperti sekarang. Pada awalnya, nama asli brand atau merk ini adalah Van Doren. Namun, karena pada tahun 1976 mereka mengalami kemunduran dan memaksanya untuk bangkrut, maka pada tahun 1988 James Van Doren terpaksa menjual perusahaan tersebut kepada perusahaan milik McCowen De Leeuw. Akhirnya setelah berganti pemilik, merk dari sepatu ini pun diubah menjadi merk dengan nama yang sekarang ini sudah kita kenal dan ketahui. Namun dengan adanya pergantian kepemilikan dan juga pergantian nama merk, sepatu ini sukses meraih keuntungan besar pada awal tahun 2000an yang kebanyakan dari negara di dunia ini pasti memiliki sepatu keluaran dari perusahaan tersebut.

Sponsor Acara Musik
Zaman dulu, brand dari sepatu ini memang belum banyak dikenal oleh khalayak luas pada negara Amerika tersebut. Untuk bisa menaikkan nama mereka dan membuat merk mereka jadi dikenal oleh masyarakat Amerika, maka perusahaan tersebut sering menjadi sponsor dari berbagai acara musik yang digelar pada beberapa daerah di Amerika. Kebanyakan yang mereka sponsori adalah acara musik dan juga acara skate sejak tahun 1996. Nyatanya, cara tersebut sangat jitu dan berhasil membuat nama merk Vans tersebut dikenal oleh khalayak luas bahkan hingga mendunia. Cara promosi dari merk ini pun dinilai sangat baik dan juga memiliki tingkat kesuksesan yang sangat tinggi.

Untuk Angkatan Udara AS dan Departemen Pertahanan
Pada abad 19an, sepatu ini tidak begitu dikenal oleh masyarakat Amerika, terutama pada awal-awal pendiriannya. Namun, pada tahun 1970an, merk ini diajak untuk bekerjasama dengan angkatan udara dari AS serta departemen pertahanan negara tersebut. Perusahaan ini diminta untuk membuatkan sepatu khusus yang dapat dipakai oleh para anggota lembaga tersebut yang tentunya membuat mereka menjadi lebih nyaman ketika memakainya. Untuk itu, perusahaan ini membuat suatu sepatu yang tidak biasa, yakni menggunakan lapisan wol kanvas pada sepatunya serta dilengkapi dengan penggunaan karet pada sekeliling bagian bawah dari sepatu tersebut. Sepatu ini diciptakan dengan desain yang khas dari merk ini, namun semua bagiannya dicat dengan warna hitam, hingga ke bagian karet-karetnya pun juga berwarna hitam,

Itulah beberapa fakta yang cukup menarik dari merk sepatu yang pernah menjadi populer di Indonesia. Selain di Indonesia, sepatu ini juga sangat disukai oleh anak-anak muda dari berbagai negara di dunia. Terutama, bagi mereka yang ingin terlihat tampil keren dan mengikuti perkembangan zaman dalam dunia berpakaian atau fashion pastinya memiliki sepatu jenis ini. Selain itu, ada pula beberapa faktor yang membuat merk ini begitu diminati oleh masyarakat luas dari berbagai negara yang berbeda. Berikut ini adalah alasan-alasannya:

1. Satu-Satunya Produsen Sepatu Olahraga Extreme

Yang menjadi alasan pertama mengapa sepatu keluaran merk ini begitu diminati oleh masyarakat terutama para anak muda di dunia adalah karena merk ini mengeluarkan satu-satunya jenis sepatu yang cocok untuk digunakan dalam melakukan olahraga extreme. Terutama, pada tahun 1970an pastinya tidak ada sepatu yang khusus dibuat untuk melakukan olahraga tersebut, namun berbeda dengan merk ini. Jenis sepatu yang dikeluarkan dapat dipakai untuk melakukan olahraga seperti breakdance, surfing, skateboard, BMX, dan lain sebagainya. Tidak heran jika sepatu keluaran merk ini selalu diserbu oleh pecinta olahraga tersebut.

2. Model yang Khas

Daya tarik selanjutnya yang berhasil membuat sepatu ini populer dan banyak dikenakan oleh remaja dan dewasa muda di dunia adalah karena memiliki desain dan juga model yang sangat khas. Tidak ada merk lain yang menggunakan model seperti sepatu ini. Meski ada banyak sekali produk yang mirip dengan beberapa jenis sepatu yang dikeluarkan, seperti Era, sk8 Hi, Authentic, Slip-On, dan lain-lain yang bermunculan beberapa tahun belakangan ketika sepatu keluarannya sudah menjadi terkenal dan banyak dipakai hingga mendunia. Namun, Vans selalu saja mampu menciptakan model yang tidak kalah unik serta menarik dengan merk saingannya dan selalu membuat sepatu yang tidak ketinggalan zaman dan juga sering menjadi sumber inspirasi bagi beberapa merk yang bergerak dalam bidang yang sama.

3. Dipakai Orang Terkenal

Hal selanjutnya yang mampu membuat sepatu ini menjadi sangat populer karena merk ini pernah dan juga sering digunakan oleh orang-orang terkenal di dunia. Seperti misalnya, sering dipakai oleh orang terkenal dalam dunia olahraga skateboard, dipakai oleh artis terkenal, musisi atau pun band yang mendunia, dan lain sebagainya. Kebanyakan dari mereka menyukai sepatu tersebut meski ada yang memang disponsori oleh merk tersebut, namun ada juga yang tidak disponsori namun mereka mengaku sangat nyaman ketika memakai sepatu tersebut dan menyukai produk yang dikeluarkan. Dengan menggunakannya, sudah pasti para pemakainya akan merasa lebih nyaman ketika beraktivitas, meski aktivitas yang dilakukan terbilang extreme, namun pastinya Anda masih merasakan kenyamanan yang sangat maksimal.