credits: englishforall.id

Mengulas Cara Mendapatkan IELTS Score Tinggi untuk Kuliah di Luar Negeri

Pertukaran pelajar di seluruh dunia kini menjadi ajang terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar ke luar negeri untuk memperdalam pendidikan dan keahlian yang ingin dimiliki. Bagi siswa dan mahasiswa Indonesia, kesempatan belajar terbuka lebar bukan hanya ke perguruan tinggi dalam negeri saja namun juga hingga ke perguruan di seluruh dunia. Baik melalui beasiswa yang diberikan oleh pemerintah dan swasta dari dalam negeri namun juga dari luar negeri. Baik untuk mereka yang berprestasi ataupun untuk mereka yang ingin mendapatkan pengalaman lebih dari mahasiswa di sini. Namun untuk dapat kuliah di negara asing, tentu saja ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi dimana salah satunya adalah penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang dibuktikan dengan IELTS score yang memadai.

Baca Juga Artikel Terkait IELTS Score Lainnya :

persiapan sebelum tes ielts
Sebelum melakukan test IELTS, barang-barang yang wajib banget kamu bawa adalah ID Card, Pensil dan Penghapus. Credits : ICAN Education Consultant

Dahulu kita mengenal test TOEFL untuk melihat seberapa kenal kita dengan bahasa asing sebagai bahasa Internasional tersebut. Namun kini, setiap calon siswa memiliki pilihan untuk mengikuti test TOEFL atau test IELTS. Sebenarnya kedua test tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu mengukur seberapa besar kemampuan Anda untuk memahami dan mempraktekkan Bahasa Inggris. Namun masing-masing universitas di dunia memiliki aturan masing-masing dimana ada yang meminta score untuk test TOEFL dan yang lain ada yang meminta untuk test IELTS atau dapat diberikan salah satu diantara keduanya dengan standar ukur yang telah ditentukan. Saat ini, hasil test IELTS atau biasa disebut IELTS Score menjadi semakin banyak digunakan dan sudah diterima oleh hampir semua Universitas dan Institusi Pendidikan di negara berbahasa Inggris.

IELTS Score dinilai dengan angka 0 hingga 9 dimana IELTS memiliki 4 sesi dengan nilai akhir adalah nilai rata-rata dari semua nilai yang telah diujikan. Sebagian besar universitas di luar negeri memberikan nilai minimal test IELTS bagi calon mahasiswa barunya adalah sekitar 6.0 – 7.0. Namun, setiap Universitas atau Institusi Pendidikan memiliki standar yang berbeda-beda mengenai nilai IELTS yang diperlukan sebagai syarat masuk untuk siswa internasional. Jika Anda berminat kuliah di luar negeri, pastikan Anda mengetahui persyaratan minimum IELTS Score yang diperlukan sebelum Anda mengambil Test.

 IDP IELTS
Sebagai salah satu lembaga pendidikan internasional, IDP IELTS Indonesia menyelenggarakan tes IELTS tertulis dan berbasis komputer.

Angka tersebut sepertinya biasa saja dan mudah dicapai, namun tak begitu halnya jika Anda harus menguasai bahasa asing termasuk pengucapan, penulisan dan praktek secara langsung di depan penguji berbahasa Inggris. Apalagi proses test IELTS dilakukan secara langsung didepan penguji yang dapat membuat seseorang menjadi grogi atau gugup sehingga dapat mempengaruhi jawabannya. Untuk mendapatkan skore tinggi sesuai dengan target, Anda bisa melakukan beberapa hal ini untuk mempersiapkan diri:

Belajar soal-soal

Saat ini ada banyak kumpulan soal IELTS yang bisa Anda beli dalam bentuk buku ataupun download dari internet. Dengan belajar contoh soal Anda dapat mengerti bagaimana jenis pertanyaan yang sering digunakan penguji.

Belajar praktek

Jangan cuma belajar teori saja namun juga belajar praktek dengan cara menggunakan bahasa Inggris sehari-hari. Dengan latihan berbicara sesuai lafaz yang benar berarti Anda sudah mempersiapkan diri untuk sesi reading dan speaking.

Mencari guru

Jika perlu cari guru yang lebih mahir bahasa Inggris. Guru bukan selalu mereka yang memiliki profesi guru namun juga bisa teman atau kolega yang lebih mahir menggunakan Bahasa Inggris secara aktif. Minta ia untuk mengajari Anda beberapa lafaz atau ucapan yang sulit dan minta ia mendengarkan dan mengoreksi bacaan dan kalimat Anda.

Latihan

Karena untuk mendapatkan IELTS Score Anda harus berhadapan langsung dengan penilai atau penguji maka lakukan latihan untuk berbicara dan berkomunikasi langsung dengan seseorang menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini ditujukan untuk menghilangkan rasa grogi sekaligus melatih kemampuan membaca dan bicara Anda memakai bahasa Inggris.