pelajar_indonesia_di_luar_negeri-amsterdam-750x422

Simak Ulasan Lengkap Tentang Beasiswa Luar Negeri untuk Anda Pelajar RI

Universitas dengan kredibilitas yang memang sudah tidak diragukan lagi secara global, kerap kali menjadi incaran para calon mahasiswa di seluruh dunia, tidak terlepas para pelajar di Republik ini. Program study yang memang lebih lengkap dan detail, sistem pembelajaran serta fasilitas yang dimiliki oleh kampus tersebut, merupakan daya tarik utama bagi para mahasiswa di dunia untuk dapat menimba ilmu di universitas tersebut. Kendala utama yang memang dimiliki oleh para calon mahasiswa yang ingin menimba ilmu di sebuah universitas dengan tingkat kredibilitas internasional adalah tingginya pembiayaan finansial didalamnya. Selain itu biaya hidup di negeri orang pun akan menjadi kendala lainnya. Permasalahan utama inilah yang kemudian banyak menyebabkan mahasiswa di Indonesia berburu berbagai program beasiswa luar negeri.

Program beasiswa yang akan diberikan oleh para calon mahasiswa universitas dengan tingkat kredibilitas internasional ini, biasanya tidak hanya terkait dengan pembiayaan kegiatan perkuliahan saja, namun penyediaan fasilitas akomodasi serta pembiayaan hidup selama menimba ilmu akan diperoleh para calon mahasiswa. Alasan tersebutlah yang menjadi dasar banyak mahasiswa di Indonesia berebut untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Di Indonesia sendiri, beasiswa ini biasanya banyak diberikan oleh berbagai sponsorship ataupun lembaga non universitas untuk menghasilkan tenaga kerja unggulan, yang dapat mereka recruit kembali, sehingga sangatlah wajar jika informasi program ini seringkali diketahui oleh pihak-pihak dalam yang terkait dalam lembaga tersebut terlebih dahulu.

Apa Saja Kegiatan Pelajar Indonesia di Luar Negeri?
Apa Saja Kegiatan Pelajar Indonesia di Luar Negeri?

Namun demikian biasanya banyak dari lembaga ataupun pihak sponsorship yang mengumumkan beasiswa bagi para calon mahasiswa baru ataupun fresh graduated berprestasi, yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, melalui situs resmi mereka. Program beasiswa luar negeri tersebut, biasanya tidak diberikan secara cuma-cuma, namun tentunya berbagai persyaratan haruslah diberikan oleh para calon mahasiswa pengakses program tersebut. Berikut ini beberapa persyaratan, yang mungkin wajib dimiliki oleh para calon mahasiswa, diantaranya adalah :

  • Prestasi baik akademik maupun non akademik, yang memang memperlihatkan kemampuan mereka pada satu bidang tertentu, yang memang dibutuhkan oleh pihak lembaga ataupun sponsorship yang memberikan beasiswa.
  • Kemampuan calon mahasiswa dalam penguasaan bahasa Internasional dan bahasa asing lainnya, yang merupakan bahasa utama di mana universitas tempat tujuan mereka menimba ilmu nantinya berada. Penguasaan bahasa ini, biasanya harus dibuktikan dengan sertifikat khusus dengan nilai tertentu di dalamnya.
  • Essay ataupun proposal yang berisi tentang rencana study dari para calon mahasiswa, dimana easy ni tentunya harus berkaitan dengan program study yang akan diambil oleh para calon mahasiswa.

Selain persyaratan tersebut diatas, berbagai dokumen penting terkait data diri para calon penerima beasiswa pun harus dipersiapkan dengan baik. Persiapan dokumen terkait data diri serta keterangan-keterangan lainnya ini, sebaiknya disusun secara rapi dan sesuai dengan prosedur yang diminta oleh pihak pemberi beasiswa. Penyusunan secara detail ini, akan dapat memberikan nilai plus tersendiri bagi para calon mahasiswa pengakses beasiswa.

Aishah Prastowo
Aishah Prastowo, Mahasiswa Indonesia asal Yogyakarta yang Kuliah di University of Oxford

Untuk dapat memperoleh informasi mengenai beasiswa luar negeri tersebut, sebaiknya para calon mahasiswa berperan aktif dalam berbagai komunitas beasiswa yang kini dapat Anda temukan dengan mudah. Dalam komunitas ini, selain informasi mengenai beasiswa itu sendiri sharing pengalaman dari para mahasiswa yang telah mendapatkan beasiswa terlebih dahulu akan menjadi guru yang berharga bagi Anda. Secara aktif pula akseslah situs resmi dari berbagai lembaga ataupun sponsorship yang memang biasa memberikan beasiswa untuk study ke luar negeri.