7 Psikotes yang Digunakan untuk Tes Kerja

7 Psikotes yang Digunakan untuk Tes Kerja! Sebelum seseorang melamar pekerjaan tentu akan melewati berbagai tes, salah satunya tes psikologi ini. Hampir semua perusahaan melakukan tes ini dalam proses perekrutan mereka untuk mengetahui kemampuan, karakter, dan kepribadian para pelamar kerja. Selain itu, setiap perusahaan juga melakukan tes ini dengan cara yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis tes yang sering dilakukan.

 psikotes

psikotes

Tes IQ

Psikotes yang pertama ini terdiri dari pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan angka dan bahasa. Tes IQ diberikan dengan tujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menggunakan ejaan, angka, tata bahasa, serta kemampuan dalam berkomunikasi.

Tes Wartegg

Nama tes yang satu ini memang terdengar aneh, namun sebenarnya dinamakan wartegg test karena penemunya bernama Ehrig Wartegg yang merupakan seorang psikolog yang berasal dari Jerman. Dalam psikotes ini Anda akan menemukan 8 kotak dengan pola berbeda dan mengandung pola-pola lain pula.

Pola-pola yang terdapat dalam kotak tersebut memiliki arti yang berbeda-beda, misalnya titik kecil menggambarkan kelincahan atau pusat dari sesuatu, garis lurus berjejeran merupakan keinginan untuk memperbaiki diri, garis tegak luruk menggambarkan ketepatanmu dalam memecahkan masalah, dan masih banyak lagi. Untuk mengerjakan psikotes ini lebih baik dikerjakan secara berurutan atau jangan terlalu berantakan.

Personality Test

Di personality test Anda akan diminta untuk menggambar manusia atau pohon. Psikotes yang ini bertujuan untuk menunjukkan seperti apa kepribadian dan cara seseorang bekerja. Hasil dari tes ini dapat menentukan kemampuan seseorang dalam beradaptasi, bekerja dengan tim, dan bekerja individu.

Selain itu, karena ini merupakan tes kepribadian maka sebaiknya Anda mengerjakan tes ini dengan jujur dan apa adanya. Jangan sampai Anda mengerjakannya dengan menjadi orang lain, karena itu akan sangat berpengaruh di hasil akhir. Psikotes adalah tes pribadi untuk mengetahui karakter dan kepribadian seseorang, jangan sampai Anda yang mengerjakan tesnya tapi hasil yang keluar justru kepribadian orang lain ditambah lagi itu merugikan Anda di proses lamaran kerja.

Tes Koran

Psikotes selanjutnya adalah tes koran atau biasa dikenal dengan nama tes pauli. Di tes ini Anda dituntut untuk menjumlahkan setiap dua angka (dari 1-9) dalam suatu kolom mulai dari yang sebelah kiri sampai ke ujung kolom sebelah kanan dengan waktu tertentu untuk setiap dua angkanya. Yang diukur untuk hasil akhir tes ini adalah penjumlahan angka yang tepat dan konsisten pada setiap kolomnya.

Tes Analog Verbal

Berbeda dengan tes-tes sebelumnya, tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan logika seseorang terhadap sebuah permasalahan dengan mempertimbangkan sebab-akibat dari permasalahan tersebut. Psikotes analog verbal biasanya terdiri dari kata-kata sinonim, antonim, juga analog suatu kata.

Tes Logika Aritmatika

Psikotes ini diberikan untuk mengukur kemampuan analisis dan pemahaman seseorang mengenai pola dan kecenderungan sesuatu. Selanjutnya Anda akan diminta melakukan prediksi dan mengisi kelanjutan pola yang diberikan, bisa dengan mengurutkan maupun mengelompokkan.

Tes EEPS

Edwards Personal Preference Schedule atau EPPS juga merupakan jenis psikotes yang mampu menunjukkan kepribadian Anda. Anda akan diminta untuk memilih salah satu dari dua opsi yang paling ssuai dengan diri Anda. Sama halnya dengan tes-tes yang lain, di tes ini Anda juga diharuskan menjawab semuanya dengan jujur. Apabila ada satu saja pertanyaan yang Anda jawab dengan tidak jujur, maka semua yang Anda kerjakan tidak akan sinkron dan itu akan merugikan diri Anda sendiri.

Langkah awal yang perlu Anda lakukan sebelum mengikuti psikotes adalah mengetahui dan memahami seperti apa sih tes ini. Nah, sekarang setelah Anda memahaminya, Anda hanya perlu menyiapkan fisik dan mental Anda. Terakhir, Anda tentu akan benar-benar siap mengikuti tes ini untuk melamar pekerjaan yang Anda impikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *