Penyebab dan Cara Mengatasi Telapak Kaki Terasa Panas

Banyak yang tidak tahu menyebabkan telapak kaki terasa panas , padahal jika dibiarkan berlarut-larut maka akan menyebabkan hal yang lebih serius. Untuk mengatasi dan memulihkan telapak kaki yang dibutuhkan dibutuhkan diagnosa untuk mencari penyebabnya. Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang memperbaikinya telapak kaki panas, di ganti karena terlalu lama berdiri dengan menggunakan sepatu hak tinggi.

Hal ini sering dilakukan oleh wanita pekerja  yang mengharuskan mereka beraktifitas menggunakan sepatu hak tinggi. Akibat dari pemakaian hak tinggi maka seluruh berat badan akan berpindah ke depan, hanya bertumpu pada tulang jemari kaki saja. Penggunaan sepatu yang kekecilan juga bisa mengakibatkan kaki seseorang panas, seseorang akan terkena plantar fasciitis yaitu kondisi peradangan jaringan plantar fascia yang menyerang bagian kaki bawah. Orang yang mengalami cedera atau keseleo juga memungkan telapak kaki panas dan sakit.

Hal ini terjadi karena urat yang mengikat tulang mengalami peregangan, peregangan bahkan bisa mengalami robek atau terpelintir. Keseeleo ini bisa saja terjadi akibat dari olahraga yang berlebihan dan tidak hati-hati. Bunion atau pembesaran tulang atau jaringan yang ada disekitar sendi pangkal jempol kaki juga bisa mengakibatkan rasa sakit dan panas pada telapak kaki. Penyebab lainnya yang bisa terjadi adalah kapalan, hammertoe, kuku tumbuh ke dalam, marton’s neuroma, metatarsalgia atau peradangan yang menyaitkan, asam urat dan tendinitis.

Jika sudah mengetahui penyebab dari telapak anda terasa panas maka segera mengatasi dengan berbagai cara. Untuk mengetahui penyebabnya anda harus pergi ke dokter ahli, jika penyebabnya tidak berbahaya maka anda bisa merawat dan mengatasi dengan hal-hal mudah dibawah ini.

Namun jika penyebabnya berbahaya maka anda harus mendapatkan perawatan dari pihak dokter atau rumah sakit. Berikut ini adalah cara mengatasi panas yang terjadi pada telapak kaki yang ringan :

  • Kompres dengan menggunakan air yang dingin

Anda bisa menggunakan air dingin untuk mengompres kaki yang panas, sediakan baskom besar dan berilah air secukupnya. Kemudian letakkan es tunggu hingga mencair. Silahkan masukkan kaki anda kedalam rendaman es selama 20 menit. Lakukan hal ini tiga hingga empat kali Dalam satu hari.

  • Lakukan peregangan

Hal lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan peregangan. Anda bisa melakukan beberapa jenis peregangan. Pertama lakukan big toe stretch, yaitu ambil posisi duduk tegak di atas kursi, kaki menapak di lantai lalu angkat kaki kanan dan letakkan di kaki satunya. Regangkan jari kaki anda menggunakan tangan anda satu persatu. Anda juga bisa menggunakan tennis ball roll, yaitu menggelindingkan bola tenis di bawah kaki untuk mengurangi rasa sakit pada kaki yang menyebabkan kaki panas.

  • Berbaring dan angkat kaki

Cara lainnya yang bisa dicoba adalah berbaring aau duduk, angkat satu kaki ke atas lakukan beberapa kali. Bisa juga dengan menggunakan kompres dingin pada kaki dan istirahatkan kaki dari aktifitas yang berat.

  • Pilih sepatu yang pas dan nyaman sesuai dengan ukuran anda

Penggunaan kaki yang tidak sesuai dengan ukurannya bisa juga mengakibatkan sakit dan panas pada kaki. Sehingga pastikan memilih tas kaki yang cocok dengan ukuran anda. Ukuran sepatu yang cocok bisa dilihat dari tumit sepatu tidak akan bergeser kebawah atau ke atas saat berjalan. Ada jarak 1 cm antara ujung kaki dengan ujung sepatu, tidak sempit, mudah digerakkan dan memiliki sol tebal. Dalam memilih bantalan juga harus diperhatikan, dengan memilih bantalan yang sesuai maka akan mendukung lengkungan telapak kaki anda.

  • Berjalan dengan menggunakan alas kaki

Cara mengatasi panas yang terjadi ditelapak kaki bisa juga dengan cara menghindari luka atau trauma. Pastikan juga berjalan dengan menggunakan alas kaki.

  • Hindari rokok

Rokok memiliki hal negative yang akan dialami olleh siapa saja yang menghirupnya. Bagi anda yang mengalami panas pada telapak kaki sebaiknya hindari rokok. Hiduplah dengan pola hidup yang baik. jangan lupa juga untuk memotong kuku jika dibutuhkan, dan gunakan kaos kaki yang tebal.

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi panas yang ada di telapak kaki adalah dengan mengkonsumsi Neurobion. Yang mana kaki panas bisa saja terjadi akibat dari neuuropati perifer, neuropati diabetikum dan bisajuga disebabkan oleh infeksi jaringan. Dengan mengkonsumsi Neurobion maka panas yang ada di kaki anda akan berangsur-angsur sembuh.

Obat ini adalah obat yang mengandung suplemen vitamin neurotropik yang mengandung vitamin B kompleks dengan sosis yang tinggi. Obat ini sangat berguna untuk metabolisme tubuh dan mengatasi sistem saraf perifer dan pusat. Dengan menggunakan neurobion maka panas dan sakit pada kaki akan teratasi dengan baik. Dapatkan Neurobion sesuai dengan aturan pakai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *